Pidato yang Singkat Tetapi Memberikan Inspirasi (Catatan dari Pelantikan Presiden Barack Obama 21 Januari 2013) Septo Indarto (Team Double S)

22 Jan

Pidato yang Singkat Tetapi Memberikan Inspirasi

(Catatan dari Pelantikan Presiden Barack Obama 21 Januari 2013)

Septo Indarto (Team Double S)

 

Masa jabatan kedua yang siap dijalankan untuk masa empat tahun ke depan. Tantangan baru telah muncul baik ditingkat domestik maupun tingkat internasional. Presiden Obama memberikan sebuah harapan baru ditengah kesulitan ekonomi, dia menjadi presiden Amerika pertama yang berkulit hitam dan terpilih kembali untuk masa jabatan kedua. Ini adalah sejarah dan akan di catat dalam sejarah dunia dan sejarah Amerika. Tetapi yang lebih penting masa jabatan kedua adalah mampu menciptakan banyak solusi yang harus mampu menyelesaikan masalah-masalah yang belum terselesaikan dimasa jabatan pertama.

Presiden Obama juga harus terus merangkul pihak-pihak yang berseberangan dengan dirinya, khususnya dalam masalah kebijakan dibidang politik dan dibidang ekonomi. Ini bukan perkara mudah, Amerika hampir saja jatuh dalam krisis ekonomi baru jika tidak ada kompromi antara Partai Demokrat dan Partai Republik mengenai masalah anggaran pemerintah. Pemerintahan Obama masih mengalami defisit disisi lain harus mengeluarkan biaya besar dalam program asuransi nasional yaitu Obama Care untuk melindungi keluarga yang tidak mampu dan kelas menengah yang tidak mampu membayar biaya perawatan. Obama Care perlu mendapat penghargaan dari masyarakat Amerika sendiri, tetapi disisi lain rakyat Amerika juga membutuhkan pekerjaan untuk membiayai kehidupan mereka, diharapkan dimasa jabatan kedua banyak sekali lapangan kerja yang tercipta untuk mengurangi angka pengangguran dan juga membangkitkan perekonomian Amerika.

Presiden Obama menciptakan perubahan dalam mengatasi masalah keamanan internasional, dimana Amerika akan menciptakan persekutuan dengan Negara-negara lain dan bukan perang berkepanjangan. Persekutuan jauh lebih kuat dibandingkan dengan bekerja sendirian.  Perang dalam jangka panjang sangat merugikan untuk Amerika juga, bukan hanya banyak tentara Amerika yang tewas dimedan perang tetapi mempengaruhi beban anggaran pemerintah untuk biaya operasional perang dan dalam jangka panjang akan menganggu perekonomian Amerika. Itu telah terbukti, ketika era pemerintahan presiden Bill Clinton mewarisi ekonomi Amerika yang sangat kuat dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi kemudian di era pemerintahan presiden George Walker Bush digunakan untuk biaya perang di Irak dan Afghanistan dan hasilnya sangat fatal, perekonomian Amerika mengalami krisis ekonomi yang sangat parah, sehingga banyak bank-bank yang harus ditutup dan yang paling terkena dampak buruk adalah kelas menengah.

Masa jabatan kedua harus difokuskan untuk bagaimana saatnya Amerika harus segera bangkit dibidang ekonomi dan dibidang teknologi. Universitas-universitas di Amerika masih unggul dalam riset untuk ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi perusahaan-perusahaan teknologi Amerika mulai kalah persaingan dengan perusahaan-perusahaan teknologi dari Asia Timur dari China dan Korea Selatan, dalam beberapa hal untuk pengembangan teknologi masa depan, perusahaan-perusahaan teknologi Korea Selatan jauh lebih unggul jika harus berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan teknologi diseluruh dunia. Ini bukan pekerjaan yang mudah untuk terus mendorong keunggulan riset, karena riset membutuhkan dana yang tidak kecil dan juga upaya promosi marketing sehingga hasil riset bisa menjadi sebuah produk yang dapat dijual dan mempunyai nilai lebih.

Presiden Obama harus fokus dan berhati-hati dalam menjalankan kebijakan-kebijakannya di era kedua masa jabatan pemerintahannya untuk empat tahun ke depan. Amerika tetap menjadi fokus utama dan tetap menjadi pusat kekuatan global, tetapi Negara-negara lain juga akan terus mengejar apa yang telah Amerika lakukan, China dan Korea Selatan sudah mulai terlihat dan dalam beberapa hal telah menunjukkan keunggulan di dalam persaingan global. Oleh karena itu aliansi dengan benua Asia adalah pilihan yang realistis dalam bidang ekonomi dan teknologi. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: