Sektor Manufaktur adalah Andalan Untuk Ekspor Septo Indarto (Team Double S)

16 Jan

Sektor Manufaktur adalah Andalan Untuk Ekspor

Septo Indarto (Team Double S)

 

Indonesia sudah dikenal mempunyai sumber daya alam yang luar biasa melimpah dan ini merupakan hal yang bagus untuk mendukung pertumbuhan ekonomi saat ini dan juga dimasa yang akan datang. Indonesia harus terus berfokus untuk membangun sector industri yang akan menjadi kekuatan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan didukung oleh kemampuan sektor manufaktur dan juga permintaan domestik yang tinggi, karena Indonesia mempunyai pasar yang luar biasa besar dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa dengan pendapatan diatas $ 1000 dan telah menjadi penopang untuk kebangkitan ekonomi. Masyarakat Indonesia telah dikenal sebagai masyarakat yang gemar berbelanja. Kecepatan pertumbuhan investasi disektor manufaktur harus terus didukung oleh pemerintah Indonesia, ini merupakan sebuah peluang emas yang tidak boleh dilewatkan, karena pertumbuhan investasi diharapkan sektor manufaktur terus berkembang dan tumbuh karena adanya modal baru yang diterima dan modernisasi peralatan untuk membeli alat-alat yang baru yang berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Pemerintah juga harus terus berdialog dengan serikat kerja, untuk bisa dan mampu berkompromi dengan para pekerja, ini dilakukan untuk saling bekerja sama untuk membangun sektor manufaktur. Upah buruh tetap harus layak tetapi birokrasi juga harus diperbaiki dan efisien, karena ini akan menggerakan ekonomi. Jika upah buruh tidak layak dan juga birokrasi tidak efisien maka yang terjadi adalah kegagalan untuk menggerakan roda perekonomian, buruh akan terus demo sementara produktivitas kerja akan terhenti, birokrasi lambat bekerja maka yang terjadi adalah ekonomi biaya tinggi. Sudah saatnya pemerintah dan pihak swasta berdialog dan bersinergi untuk mencari sebuah solusi bagaimana caranya untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar dunia. Ini mutlak harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja ekspor, melatih tenaga terdidik secara berkala, mencari pasar baru untuk dapat menjual produk-produk Indonesia di pasaran dunia.

Berkembangnya sektor manufaktur dapat membantu pemerintah untuk membuka banyak lapangan kerja baru, dimana setiap tahun tenaga didik dihasilkan baik dari lembaga pendidikan dan universitas. Ini merupakan sebuah peluang dan kesempatan bagi pemerintah untuk memanfaatkan produktivitas mereka dalam bekerja untuk menghasilkan sebuah karya dan akan berdampak langsung kepada pertumbuhan ekonomi. Tenaga terdidik Indonesia banyak yang berusia muda, mereka mempunyai motivasi besar untuk bekerja dan berkarya. Ini tidak boleh di sia-siakan oleh pemerintah dan swasta.

Pengembangan sektor manufaktur juga memerlukan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tujuannya adalah supaya tidak terjadi tumpang tindih peraturan yang akan membuat kacau sektor manufaktur. Tetapi hal yang harus diperhatikan adalah bahwa pemerintah daerah juga harus memperhatikan kesiapan infrastruktur yang baik. Infrastruktur yang baik akan menciptakan iklim bisnis yang baik dan sektor manufaktur memerlukan hal itu. Proses perizinan yang diberikan juga harus dipermudah, birokrasi harus lebih professional, karena ini menyangkut perencanaan jangka panjang dan tidak boleh dibuat seenaknya atau asal-asalan yang menghasilkan kebijakan asal jadi karena uang masuk, tetapi kualitas infrastruktur sama sekali tidak mendukung untuk mengembangkan sektor manufaktur dan ini akan menyebabkan ekonomi biaya tinggi, sehingga produk yang dihasilkan akan menjadi mahal.

Sektor swasta juga mempunyai peran yang penting dalam membangun daerah, pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat bekerjasama untuk menciptakan koordinasi bersama, mengenai pembangunan sektor manufaktur di daerah, ini adalah langkah yang penting dan mendesak, sehingga daerah juga mampu untuk membangun dan meningkatkan kualitas hidup masayarakatnya. Pembagunan balai latihan kerja yang bekerja sama dengan pihak swasta dapat menjadi sebuah sinergi yang baik untuk menghasilkan tenaga kerja yang terdidik untuk daerah, sehingga ada investasi pendidikan untuk membangun kualitas sumber daya manusia.

Pertumbuhan sektor manufaktur akan membuat keuntungan besar bagi Negara Indonesia:

  1. Penyediaan lapangan kerja bagi generasi muda yang usianya masih produktif.
  2. Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas karena didukung oleh industri.
  3. Banyaknya investasi lokal dan luar negeri yang akan masuk ke Indonesia, sehingga akan menciptakan pertumbuhan sektor manufaktur.  

Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas yang didukung oleh sektor manufaktur akan menciptakan pondasi ekonomi yang kuat, sehingga akan mempermudah bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan dimasa yang akan datang. Pertumbuhan sektor manufaktur adalah pertumbuhan yang berkualitas, stabil dan akan terlihat dalam jangka panjang hasilnya. Sektor manufaktur juga akan membuat posisi Indonesia akan semakin kuat dalam perdagangan internasioanal. Oleh karena itu perencanaan jangka panjang, inovasi untuk riset, dan penambhan tenaga kerja terdidik adalah hal utama untuk menciptakan daya saing untuk jangka panjang.  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: