Marketer yang Handal Apakah Dilahirkan atau Diciptakan? Oleh Septo Indarto (Team Double S)

15 Jan

Marketer yang Handal Apakah Dilahirkan atau Diciptakan?
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Judul tersebut hampir sama dengan pembahasan teori Leadership ”Apakah seorang pemimpin yang hebat dilahirkan atau diciptakan oleh lingkungannya? Ini sama saja sebuah pertanyaan lama tetapi sampai saat ini ahli-ahli psikologi, manajemen, dan leadership masih terus mencari jawabannya sampai saat ini. Sebuah studi yang dilakukan oleh Steve Martin (29 Agustus 2011) di Harvard Business Review menyimpulkan bahwa 70% seorang Marketer yang sukses memang telah mempunyai bakat sejak lahir dan 30% Marketer yang sukses mereka belajar sendiri tanpa baat alam sejak lahir. Tetapi hal itu bisa dirubah dalam cara pandang. Walupun seseorang tidak mempunyai bakat sejak lahir dia tetap bisa mempelajari ilmu marketing dari sumber bacaan yang berasal dari buku, majalah, dan internet, tetapi mereka membutuhkan waktu dan siap untuk gagal untuk meraih sukses.
Seorang Marketer juga harus mampu mempergunakan bahasa sebaik mungkin setika sedang memberikan penjelasan kepada konsumen. Hal yang terpenting adalah konsumen merasa nyaman mendengarkan penjelasan Anda. Seorang Marketer sudah dipersiapkan oleh perusahaan untuk mendapatkan pelatihan mengenai produk-produk yang akan dijual tetapi yang harus diperhatikan adalah menjelaskan sebuah produk dalam sebuah percakapan yang menarik dan tidak membosankan dan itu harus diperhatikan oleh seorang Marketer sebagai sebuah kemampuan untuk berkomunikasi. Kuncinya adalah Anda harus sering berlatih setiap saat dan berhasil menemukan topik yang menarik untuk memulai sebuah percakapan sambil berpromosi produk-produk yang Anda akan jual. Kemampuan berbahasa yang baik adalah hal yang sangat vital sebagai sebuah cara Anda dapat berkomunikasi yang baik.
Contoh sederhana adalah jika kita bertemu dengan seorang dokter untuk memeriksa kesehatan kita. Dokter akan menjelaskan dengan bahasa yang mudah dan dimengerti mengenai kondisi kesehatan Anda. Anda sebagai seorang pasien tentunya ingin mengetahui tentang kesehatan diri And, percakapan akan berjalan dengan menarik sehingga Anda merasa puas dengan penjelasan dokter yang telah memeriksa kesehatan Anda. Itulah yang disebut Marketing yaitu kemampuan untuk menjelaskan informasi secara tepat, jelas, dan menarik. Bahasa yang sulit dapat dijelaskan dengan cara yang mudah. Kuncinya Anda harus terus banyak membaca untuk menambah kosa kata yang baru.
Anda harus berani bertemu dengan banyak orang dan berinteraksi dengan mereka dan dapat belajar mengenai wawasan baru dari orang lain dan itu akan menambah pengalaman Anda sebagi seorang Marketer. Bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda adalah pengalaman yang kaya bagi diri Anda karena Anda akan mengenal berbagai maca orang dan secara langsung Anda belajar psikologis mereka. Dan itu akan membantu Anda menyiapkan strategi yang tepat mengenai kemampuan Anda berpromosi.
Pengalaman adalah guru yang baik dan akan membuat Anda semakin pintar dan cerdas. Karena Anda akan mengalami proses gagal dan sukses, itu akan membuat Anda terus mengevaluasi pekerjaan Anda dan Anda akan terus belajar untuk menyiapkan strategi penjualan yang lebih baik. Seorang Marketer wajib mempelajari mengenai masa lalu dan terus belajar dari kesalahan yang telah dibuat di masa lalu. Pengalaman akan memberikan sebuah kekuatan bagi diri Anda, supaya Anda lebih siap menghadapi masa depan.
Nicole Kidman dan Julia Roberts adalah Marketer yang baik bagi diri mereka. Mereka mempunyai kemampuan berkomunikasi dan berakting di setiap judul film yang mereka mainkan Seorang pemain film adalah seorang Marketer. Film yang bagus akan ditonton oleh penonton dalam jumlah besar karena mempunyai cerita yang menarik dan kemampuan akting para pemain film yang bagus. Setiap cerita film mengharuskan para pemain film memerankan peran mereka sebagus mungkin. Kemampuan akting adalah hal yang mutlak karena itu akan menaikkan citra branding mereka sebagai pemain film. Kemapuan beradatapsi untuk setiap peran dalam memainkan sebuah peran dalam film adalah kuncinya. Ini bukanlah pekerjaan yang mudah karena membutuhkan sebuah motivasi yang tinggi dan belajar secara terus-menerus. Kualitas sebuah film ditentukan oleh isi cerita dan kemampuan akting dari para pemain film.
Intinya adalah seorang Marketer harus mampu menghadapi berbagai macam situasi ketika sedang mempromosikan produk-produk kepada calon pembeli. Jika seorang Marketer hanya mengetahui mengenai siklus penjualan maka dia akan gagal. Siklus penjualan adalah gambaran mengenai seberapa banyak produk yang laku terjual di pasar. Kemampuan berkomunikasi yang baik, mampu beradatapsi, dan melihat permintaan pasar adalah kunci untuk menjual.
Marketer yang handal apakah dilahirkan atau diciptakan, jawabannya: Apapun profesi Anda, Anda adalah Marketer bagi diri Anda. Sedangkan kompetensi adalah nilai jual. Kemampuan menjual diri Anda sebagai seorang profesional sama artinya kemampuan menjual sebuah produk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: