Konsumen di Era Digital Septo Indarto (Team Double S)

15 Jan

Konsumen di Era Digital

Septo Indarto (Team Double S)

 

Konsumen di era digital adalah konsumen yang cerdas, mereka adalah orang-orang yang gila teknologi, apapun mengenai bahan informasi akan mereka baca, analisa dan melakukan investigasi mengenai kebenaran isi informasi tersebut. Mereka mempunyai banyak jaringan di dunia internet, mereka mempunyai banyak kelompok di forum-forum internet, mereka bekerja tanpa dibayar oleh sebuah perusahaan, tetapi mereka mempunyai satu tujuan: mereka ingin menikmati hidup yang berkualitas dan dapat bermanfaat bagi kualitas hidup mereka.

Jika mereka merasa puas menggunakan sebuah produk maka mereka akan menulisnya di dalam sebuah forum diskusi, social media, atau blog tentang kelebihan produk tersebut. Sehingga jutaan orang akan membacanya dan tentunya ini merupakan sebuah kegiatan marketing yang objektif, tetapi jika mereka tidak puas dan merasa kecewa mengenai produk yang mereka gunakan, maka mereka akan mengatakan kepada jutaan orang dan dapat menjatuhkan sebuah branding dalam waktu singkat.

Saat ini perusahaan harus peduli mengenai kebutuhan konsumen, perusahaan tidak bisa hanya menganjurkan saja melalui berbagai macam iklan dan kegiatan promosi untuk mau membeli sebuah produk yang dijual. Konsumen sekarang adalah konsumen yang pintar, mereka seperti sebuah komunitas raksasa yang mempunyai jaringan informasi yang luas tanpa pernah kita sadari dan kita perhitungkan. Mereka lebih peka melihat semua aspek dari sebuah produk, mereka hanya bertanya apa produk yang mereka gunakan sesuai dengan harapan mereka atau tidak. Mereka dapat berkonsultasi dengan teman-teman mereka di forum-forum internet, mereka seperti seorang juri yang tidak dibayar, tetapi tulisan mereka mengenai sebuah produk dapat membuat bisnis sebuah perusahaan mendapatkan keuntungan besar dan juga kerugian besar. Perusahaan saat ini tidak bisa lagi menyetir keinginan perusahaan, karena konsumen yang telah menjadi seorang raja yang dapat menentukan layaknya sebuah produk dapat dibeli atau tidak.

Internet telah memberikan media yang lebih luas dengan beragam informasi jadi hal ini yang membuat konsumen menjadi lebih pintar dalam menentukan pilihan yang layak bagi diri mereka sendiri dalam membeli dan menggunakan sebuah produk.

Pakar periklanan yang luar biasa, David Ogilvy mengatakan: Jangan pernah meremehkan konsumen. Konsumen itu diibaratkan sebagai istri Anda. Dia yang mengetahui tentang diri Anda, Anda harus mau mendengarkan nasihat-nasihat yang membangun dari istri Anda, untuk kehidupan Anda yang lebih baik dari sebelumnya.

Konsumen di era digital menginginkan sebuah kejujuran dari perusahaan-perusahaan. Mereka bertanya kepada Anda:

  1. Kenapa Anda menjual produk itu ke pasar.
  2. Apa produk Anda berkualitas.
  3. Harga jualnya layak atau terlalu mahal.
  4. Apa produk tersebut telah mendapat sertifikasi Going Green sehingga tidak merusak lingkungan.
  5. Apa saya perlu memiliki produk tersebut.
  6. Apa produk tersebut masih saya butuhkan dalam jangka waktu 3 sampai 5 tahun mendatang.

Konsumen di era digital adalah seperti pengawas kepada kinerja perusahaan, mereka tidak terlihat tetapi setiap perusahaan akan mendapat dampaknya jika tidak berkerja dengan benar sesuai dengan etika dalam dunia bisnis, para konsumen menginginkan perusahaan jujur dalam operasional dan kegiatan bisnis mereka, sehingga tidak mengecewakan para konsumen. Mereka dapat melihat kelemahan-kelemahan yang tidak disadari oleh perusahaan karena mereka mempunyai data dalam jumlah besar, mereka adalah pengawas sejati tanpa dibayar oleh pemerintah dan pihak swasta, tetapi analisa dan tulisan mereka mempunyai pengaruh yang besar kepada semua orang.

Ketika sebuah perusahaan mulai menjual produk mereka ke pasaran, maka mereka akan membuat iklan yang menarik perhatian dan konsumen diharapkan mau membeli produk tersebut. Langkah yang akan diambil oleh konsumen adalah mereka akan mengawasi kegiatan Anda, mereka akan membeli produk tersebut, kemudian menganalisa secara mendetail terhadap produk yang mereka jual, mereka akan melakukan investigasi tanpa Anda ketahui, mereka akan melakukan tes produk, mereka akan membuat sebuah tulisan mengenai produk Anda secara obyektif dan mengirimnya ke berbagai forum di internet.

Konsumen menginginkan produk-produk yang mempunyai nilai bagi diri mereka, perusahaan harus mampu memberikan jawaban jika mereka bertanya, jawaban yang jujur adalah sebuah keharusan karena konsumen menginginkan standar yang tinggi dalam etika bisnis, bukan kebohongan publik. Kebohongan publik hanya akan menciptakan masalah sosial dan memakan biaya yang besar bagi perusahaan untuk menyelesaikannya.

Konsumen mempunyai standar untuk membeli sebuah produk yang Anda akan jual seperti: Nilai produk, kualitas produk, kinerja operasional perusahaan, pelayanan konsumen, cara memproduksi produk tersebut, mempunyai standar mutu yang ketat, dan bagaimana perusahaan mendistribusikan produk tersebut kepada pengecer toko atau pasar.

Oleh karena itu ciptakan nilai dan etika kerja yang benar di perusahaan Anda, ciptakan kejujuran dalam setiap diri para karyawan. Kejujuran adalah sebuah hal yang tidak ternilai harganya bagi semua karyawan, kebohongan hanya akan membawa banyak bencana bagi semua orang. Standar etika bisnis yang baik adalah melakukan pekerjaan dengan benar sesuai dengan aturan dan dibangun atas rasa kepercayaan dan kejujuran, tanpa itu semua hanya menciptakan banyak masalah bagi semua perusahaan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: