Membaca Sambil Minum Kopi Septo Indarto (Team Double S)

23 Des

Membaca Sambil Minum Kopi
Septo Indarto (Team Double S)

Bagaimana rasanya Anda membaca buku favorit Anda sambil menyeruput minuman kopi favorit Anda, rasanya pasti menyenangkan. Saat ini kita bisa membaca buku sambil santai, membuat pikiran lebih rileks sambil tetap membaca buku untuk menambah wawasan. Cara seperti ini sangat praktis, perpustakaan saat ini tidak identik lagi dengan tempat yang membosankan, yang terdiri hanya meja, kursi, dan rak-rak buku yang memuat banyak buku. Perpustakaan harus dibuat dengan lebih menyenangkan bisa menciptakan suasana yang lebih santai tetapi tidak membosankan membuat orang ingin datang dengan tujuan untuk santai dan membaca buku.
Suasana yang santai dan hangat dapat menjadi sebuah tempat untuk bersosialisasi satu sama lain, tentunya seperti berdiskusi mengenai buku-buku yang sedang di baca, berdiskusi mengenai ilmu pengetahuan harus lebih dibuat menjadi sebuah pembicaraan yang menyenangkan, tidak membosankan, sehingga setiap orang merasa fun (senang) untuk selalu belajar mengenai ilmu pengetahuan. Mindset orang harus dirubah bahwa ilmu pengetahuan bukan sesuatu yang rumit tetapi sesuatu yang kita butuhkan tetapi dengan cara yang menyenangkan.
Perpustakaan di era modern harus berubah konsepnya, tata ruang dan pencahayaan harus diperhatikan, ruangan harus dibagi menjadi ruang untuk membaca dan ruangan untuk berdiskusi, hal ini penting, ketika orang sedang membaca mereka mendapatkan suasana yang hening, tetapi ketika mereka sedang berdiskusi mereka mendapatkan suasana yang santai, bisa sambil makan makanan ringan, minum kopi, mendengarkan musik dengan volume suara yang pelan, perpustakaan bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk bergaul, selain mall dan restoran.
Beberapa kota besar dunia termasuk Jakarta juga telah menawarkan konsep seperti itu, bahkan beberapa perpustakaan menyediakan ruang restoran walaupun ukurannya tidak besar tetapi di tata dengan desain yang menarik, sehingga para pengunjung perpustakaan kalau lapar tidak perlu ke luar dari area perpustakaan hanya untuk mencari makan, khususnya makan siang dan makan malam, mereka bisa meninggalkan ruang perpustakaan menuju restoran di area yang sama dan dapat memesan makanan dengan harga yang terjangkau.
Perpustakaan bukan hanya menjadi tempat untuk membaca tetapi juga harus menjadi tempat untuk menciptakan ide-ide yang kreatif, oleh karena itu tata ruang yang menarik harus dibuat supaya tidak membosankan, ini penting sekali, orang akan semakin betah untuk membaca dan datang berulang kali. Ada satu hal yang harus kita perhatikan bahwa masyarakat modern adalah masyarakat yang membutuhkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas dirinya dalam pekerjaan dan juga sosialita (bergaul dengan orang lain dalam kelompoknya atau diluar kelompoknya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: