Orkestra Simfoni dan Pariwisata Septo Indarto (Team Double S)

22 Des

Orkestra Simfoni dan Pariwisata

Septo Indarto (Team Double S)

 

Orkestra simfoni memberikan sebuah pengaruh dalam sebuah perjalanan sejarah sebuah bangsa, hal itu bisa dilihat dari karya-karya musik yang dibuat dan dimainkan. Indonesia adalah Negara yang mempunyai tradisi musik orkestra simfoni  sejak era sebelum kemerdekaan, ini adalah sebuah kekayaan budaya yang perlu untuk terus dipelihara dan dikembangkan. Pertunjukan musik orkestra merupakan pertunjukan hiburan dan budaya bagi masyarakat luas untuk mengenal sejarahnya.

Indonesia memiliki banyak musisi yang berbakat dalam dunia musik orkestra seperti almarhum Elfas, Addie MS dan juga Avip Priatna dan musisi lainnya. Kualitas musik orkestra sangat bagus dan telah diakui oleh Negara-negara lain. Indonesia adalah Negara dengan tradisi sebi yang tinggi, karya-karya musik untuk orkestra Indonesia dari era masa lalu dan hingga saat ini harus terus dimainkan karena memuat nilai historis yang luar biasa.

Lagu-lagu legenda Indonesia seperti Juwita Malam, Bengawan Solo, Aryati, Sepasang Mata Bola. Itu adalah lagu-lagu dari masa lalu yang indah dan menceritakan perjalanan sejarah musik Indonesia, jika dimainkan dalam sebuah orkestra, lagu-lagu itu terdengar sangat indah dan syahdu.  Indonesia memiliki musisi hebat sejak dulu dan lagu-lagu yang mempesona, ini adalah kekayaan budaya yang kita miliki.

Jakarta sebagai sebuah kota sejarah yang mempunyai kekayaan budaya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menghidupkan kembali pergelaran musik orkestra di Indonesia. Musik Orkestra menceritakan banyak kekayaan makna yang dapat kita resapi dan kita nikmati. Musik-musik modern Indonesia akan terlihat berbeda jika dimainkan oleh musik orkestra, seperti musik dan lagu dari kahitna, noah, baby romeo, ungu, slank, wali band dll.

Orkes Simfoni Jakarta adalah salah satu grup musik orkestra tertua di Indonesia, bermula ketika banyaknya orang Belanda yang datang ke Nusantara, mereka membutuhkan sebuah hiburan maka dibentuklah Orkes Simfoni Jakarta untuk memainkan karya-karya musik klasik yang dapat dijadikan hiburan di kota Batavia. Bermarkas di RRI (Radio Republik Indonesia) kelompok ini selalu mengadakan pertunjukan rutin untuk menghibur orang-orang Belanda di Batavia.

Ini menandakan bahwa Indonesia adalah Negara yang mempunyai tradisi musik orkestra simfoni sudah sejak lama, saat ini kita perlu menghidupkan kembali pertunjukan-pertunjukan tersebut sebagai hiburan warga Jakarta dan juga program promosi pariwisata di Jakarta, menghidupkan kembali musik orkestra yang sudah ada sejak lalu berarti kita menghidupkan kembali sejarah kota Jakarta, bahwa menikmati sejarah juga bisa melalui media pertunjukan musik, kota Jakarta memiliki semua kekayaan sejarah itu.

Dalam sejarah perjalanan musik orkestra simfoni, Jakarta mempunyai kedudukan yang setara dengan Wina, London, Roma, Paris, Berlin, New York. Ini yang harus kita ketahui, karena kita sudah mempunyai tradisi perkembangan musik orkestra sejak lama.

Musik-musik daerah dari seluruh Indonesia bisa dimainkan dengan musik orkestra, Indonesia mepunyai lagu-lagu daerah yang mempunyai kualitas bagus, ini adalah sebuah tantangan bagi kita semua untuk mempromosikan kekayaan budaya kita untuk diri kita dan juga promosi ke luar negeri. Lagu-lagu daerah Indonesia juga wajib mempunyai kedudukan yang sama dan terhormat dengan lagu-lagu daerah dari Negara lain, semoga orkestra simfoni di Indonesia dapat mewujudkan hal itu dalam musik orkestra yang luar biasa untuk dimainkan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: