Hewlett dan Packard adalah Sebuah Simbol Inovasi Septo Indarto (Team Double S)

20 Des

Hewlett dan Packard adalah Sebuah Simbol Inovasi
Septo Indarto (Team Double S)

Kemitraan ini dimulai ketika mereka bertemu di Stanford University ketika bersama-sama menjadi mahasiswa, mirip dengan kisah Sergey Brain dan Larry Page ketika ingin menciptakan mesin pencari Google, kisah yang sama di Stanford University. Packard dikenal sebagi orang yang mempunyai temperamen tinggi, dia seoarng atlet dengan tinggi 195 cm berasal dari kota yang tandus bernama kota Pueblo, Colorado. Sedangkan Hewlett orang yang mempunyai bakat teknik yang tersembunyi, keduanya cepat merasakan pengalaman dan gairah yang sama dalam berkemah, memancing dan mampu mengubah teori teknik yang inovatif menjadi sebuah terobosan baru dalam sebuah karya produk.
Nama Hewlett-Packard Co., dimulai ketika kedua mereka beraturuh dengan sebuah koin mengenai nama siapa yang lebih dulu didepan, mereka melempar koin dan ternyata Hewlett namanya keluar. Ketika perusahaan telah berhasil mereka bangun perusahaan ini berhasil menciptakan banyak produk seperti pengembangan radar, komputer dan alat digital lainnya. Mereka berdua mempunyai keyakinan teknologi dapat menciptakan kemakmuran hidup bagi pemakainya.
Inovasi terbesar mereka adalah inovasi dibidang managemen, mereka berdua mempunyai impian besar dalam garasi mereka yaitu akan merekrut para orang-orang yang berotak encer di bidang teknologi yang mempunyai visi yang sama untuk mengembangkan inovasi tanpa batas, mereka juga menciptakan gaya managemen ala HP yaitu mereka tidak menggunakan hirarki yang kaku dan lebih percaya pada sistem desentralisasi yang egaliter, intinya adalah kejeniusan para karyawan yang hebat adalah asset besar dan penting bagi perusahaan untuk berkembang.
Ide yang menarik dan luar biasa gila terjadi pada tahun 1941, kedua orang itu membuat sebuah kebijakan yaitu mereka akan memberikan bonus kepada semua karyawan jika produktivitas perusahaan meningkat. HP memberikan jalan sebagai pelopor pembagian laba perusahaan dan pada tahun 1957 ketika HP masuk bursa saham, mereka memberikan semua saham kepada karyawan. Mereka juga perusahaan yang efisien dan menjadi pelopor untuk bantuan uang sekolah, waktu yang fleksibel dan pembagian kerja bagi karyawannya.
Mereka adalah seorang innovator yang mempuyai impian besar dalam pekerjaan mereka, mereka mendorong karyawan untuk bekerja di dalam ruang kubus terbuka untuk memunculkan ide-ide baru yang bisa menjadi sebuah produk dan kemudian dipasarkan. Packard dikenal sebagai orang teladan dan mempunyai integritas hebat kepada perusahaan dia tidak segan memecat manajer yang melanggar etika dan terbang jauh ke cabang untuk melakukan hal itu.
Keduanya juga orang yang mempunyai pandangan yang realistis bahwa keduanya juga tidak ragu untuk menutup suatu usaha jika tidak dapat memperoleh laba yang telah ditargetkan, karena ini akan menjadi sebuah beban perusahaan dimasa mendatang dan akan menyebabkan banyak kerugian. HP berhasil tumbuh sekitar 10% tanpa mengalami kerugian selama 50 tahun. Target tetap dibuat tetapi jika tidak yakin kita harus mengatakan lebih baik dibatalkan karena ini akan menyebabkan pemborosan yang merugikan perusahaan.
Keduanya mengharapkan sebelum meninggal dunia, bahwa karyawan bukan hanya bekerja tetapi juga melibatkan diri untuk misi-misi sosial. Karyawan juga berhak diberikan bonus jika prestasi kerja perusahaan meningkat, karena ini juga merupakan prestasi karyawan dalam mengabdi kepada perusahaan. Ini adalah pandangan yang menciptakan pandangan kepada korporat Amerika di era modern, bahwa karyawan juga mempunyai hak untuk memperoleh bonus sebagai sebuah nilai dari kerja keras mereka.
Orang akan terkenang ada plakat kenangan dan penuh makna sejarah diluar dua rumah tua yang rusak di Addison Street, Palo Alto, yang memberi petunjuk dari sebuah tulisan bahwa garasi ini hanya memuat satu mobil di belakang, rumah ini yang menjadi pelopor mendirikan perusahaan teknologi yang mengubah cara orang bekerja dan menjadikan Silicon Valley menjadi pusat teknologi dunia, HP adalah produk yang telah mendunia dan setiap orang mengenal produk HP yang mereka gunakan untuk office user ataupun home user.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: