Kesempatan Kedua Bagi Shinzo Abe Septo Indarto (Team Double S)

17 Des

Kesempatan Kedua Bagi Shinzo Abe

Septo Indarto (Team Double S)

 

Sejak media massa cetak dan online memberikan perhatian dan berita-berita seputar pemulihan umum di Jepang, kandidat kuat yang dapat memenangkannya adalah mantan perdana menteri Shinzo Abe, LDP (Liberal Democratic Party) yang sudah berkuasa lebih dari 50 tahun mendapatkan dukungan tingggi dari rakyat Jepang untuk berkuasa kembali dan berhasil meraih 275-310 kursi dari total 480 kursi di parlemen kemarin (16 Desember 2012).

Jepang harus bangkit lagi selama tiga tahun perekonomian Jepang mengalami kemandekan (stagnasi), daya saing Jepang terus menerus turun, Jepang mengalami deflasi (barang-barang harganya turun, tetapi dalam jangka panjang akan mengancam perekonomian Jepang sendiri), ancaman konflik dengan Korea Utara dan perang dingin dengan China, menyebabkan rakyat Jepang harus bangkit segera dari keterpurukan. Politik luar negeri Jepang juga harus segera diperbaiki, saat ini kebijakan luar negeri Jepang berjalan tanpa arah yang jelas dan membuat citra Jepang tidak disegani kembali.  

Perdana Menteri Yoshiko Noda dari DPJ (Partai Demokrat Jepang) dinilai gagal oleh masyarakat Jepang, terlalu lemah gaya kepemimpinannya, terutama ancaman dari Korea Utara, karena sewaktu-waktu tanpa di duga Korea Utara dapat menyerang Jepang. Masa tiga tahun Jepang mengalami masa-masa sulit di bidang politik dan bidang ekonomi, kelemahan kepemimpinan adalah faktor utama yang menyebabkan Jepang goyah, daya saing industri juga melemah diseluruh dunia, hanya sektor otomotif yang masih memberikan harapan besar untuk bersaing di pasar dunia.

Shinzo Abe adalah nasionalis Jepang dan mempunyai pandangan yang keras jika itu berkaitan dengan diganggunya kedaulatan Jepang, Shinzo Abe berani melawan Beijing, jika Beijing secara terus-menerus mengirim kapal-kapal patrol atau kapal nelayan ke wilayah Pulau Senkaku (Jepang) atau Diaoyu (China), bahkan Shinzo Abe mengatakan akan mengirim angkatan laut Jepang untuk mengusirnya, sementara Beijing akan mengirim kapal perangnya jika terjadi insiden bersenjata. Jepang di bawah Shinzo Abe menilai China dan Korea Utara bukanlah sahabat yang baik untuk Jepang saat ini.

Jepang harus menyiapkan kekuatan militer yang tangguh untuk menghadapi ancaman-ancaman dari luar, sementara itu rakyat Jepang menginginkan pasukan bela diri Jepang di beri ruang yang lebih luas dalam mempertahankan Negara dan tidak terlalu tergantung kepada perlindungan Amerika, Jepang harus mengubah kembali (amandemen) konstitusi setelah Perang Dunia II untuk mempertahankan diri, Amerika tidak akan mampu melindungi Jepang secara keseluruhan jika perang Asia Timur pecah, karena kekuatan di semua Negara merata dan menakutkan.

Tapi tugas yang ada sudah menanti bagi Shinzo Abe adalah bagaimana menyelesaikan krisis ekonomi yang sudah berlangsung cukup lama, Jepang saat ini seperti sudah kehilangan daya dobraknya tidak seperti di era tahun 1980-an, ketika itu semua Negara di dunia sangat menghormati Jepang. Shinzo Abe mengatakan: Ini saatnya mengakhiri kebingungan dan tiga tahun tanpa kemajuan. Shinzo Abe harus segera memperbaiki kebijakan moneter, kebijakan fiskal, mengakhiri deflasi yang sudah cukup lama, menumbuhkan perekonomian untuk memacu konsumsi dan pertumbuhan industri.  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: