Memimpin Dalam Dunia Bisnis Septo Indarto (Team Double S)

15 Des

Memimpin Dalam Dunia Bisnis

Septo Indarto (Team Double S)

 

Pada masa sekarang ini untuk memimpin dalam dunia bisnis tidak hanya dibutuhkan modal semangat saja, orang seringkali mengatakan hanya dengan modal semangat dan yakin kita bisa menjadi sukses, pernyataan itu memang betul, tetapi dunia sudah berubah, dibutuhkan saat ini adalah orang-orang yang mampu menciptakan strategi yang tepat dalam berbisnis dan melihat peluang-peluang dimasa depan. Jika Anda hanya bermodal semangat saja Anda bisa sukses tetapi hanya untuk jangka waktu sebentar, karena ini tidak jaminan tanpa adanya ketajaman intelektual Anda.

Saat ini dalam dunia bisnis banyak sekali indikatornya, bukan hanya semangat modal yang berapi-api untuk menjadi sukses, kita juga harus melihat pembangunan infrastruktur, peluang pasar, peraturan perundangan, kemampuan beradatapsi dengan lingkungan kerja yang terus berubah, kemampuan mempelajari teknologi baru, transparasi budaya kerja, memahami budaya global, apakah pasar mau menerima produk kita dalam jangka waktu selama tiga tahun, apakah kita mempunyai team work yang solid bisa menciptakan ide-ide baru dalam tekanan yang luar biasa.

Dalam mempertahankan pasar, saya melihat perusahaan-perusahaan Asia Timur lebih jeli dibandingkan kawasan lainnya, mereka mengadakan survey global yang disesuaikan dengan pasar setempat, karena hal ini penting untuk memperluas pasar, tingkat konsumsi dan tingkat intelektual antar Negara itu berbeda, itu yang harus diperhatikan, ini adalah kemampuan untuk membaca apa yang diinginkan konsumen, contoh perusahaan Toyota menciptakan mobil-mobil mewah berdasarkan keinginan konsumen di Negara bersangkutan, mobil mewah Toyota Lexus di Jepang di buat oleh Toyota Jepang, sedangkan mobil mewah Toyota Lexus di Amerika Utara dibuat oleh Toyota Amerika, karena spesifikasi produk yang dibutuhkan berbeda.

Perilaku konsumen Starbucks di Amerika ketika sedang minum kopi lebih banyak membicarakan mengenai bisnis, politik, dan kompetisi basket MBA, sedangkan di Inggris mereka lebih menyukai keadaan cuaca, bisnis, politik, pertarungan liga primer Inggris, gossip-gosip humor keluarga kerajaan Inggris dan para politisi. Orang Inggris mampu berbicara dengan santai selama dua jam, sedangkan orang Amerika berbicara selama satu jam dengan poin-poin yang penting. Oleh karena itu café starbucks bisa memberikan pelayanan yang berbeda di Inggris dan di Amerika.

Di Inggris kenapa Samsung mensponsori klub Chelsea, Samsung melihat sepak bola adalah media yang tepat untuk memperkenalkan produk-produk mereka kepada masyarakat Inggris, hampir semua produk iklan Samsung berkaitan dengan klub Chelsea, pendekatan melalui bidang olah raga dapat dilihat sebagai sebuah kesempatan untuk memperkenalkan produk oleh Samsung, apalagi masyarakat Inggris memang suka olah raga sepak bola. Ini adalah peluang dan strategi marketing untuk meraih konsumen dan menawarkan teknologi yang sesuai.

Keluarga kerajaan Inggris adalah para superstar bagi media, apapun yang berkaitan dengan keluarga kerajaan Inggris selalu diburu, seperti perkawinan anggota keluarga kerajaan selalu disiarkan ke seluruh dunia, selain untuk menaikan ranting juga disisi lain untuk menjaring wisatawan ke Inggris, bahwa ada pesan yang kuat Inggris adalah Negara dengan tradisi sejarah yang panjang tetapi Negara ini melihat masa depan untuk menunjukkan identitas nasionalnya. Monarki Inggris setelah persatuan nasional di bawah Duke of Normandy telah berusia selama 1000 tahun, saat ini selain monarki Jepang, monarki Inggris adalah yang tertua di dunia.

Kenapa perusahaan-perusahaan Asia Timur lebih cepat berkembang? Orang Asia Timur itu mempunyai watak perang artinya menyukai ekspansi, ini sudah dilukiskan oleh Sun Tzu, mereka mempersiapkan bisnis seperti mempersiapkan kekuatan militer, pembangunan SDM sama hal nya dengan pembentukan prajurit yang tangguh, latihan militer disamakan dengan peningkatan skill, melihat peta daerah kekuasaan disamakan menciptakan inovasi baru, melihat peta yang belum dijamah disamakan untuk memperluas pasar, melihat kapasitas kekuatan lawan disamakan dengan mempersiapkan perlawanan untuk kompetisi, mendirikan benteng di daerah koloni disamakan dengan membangun pabrik baru sebagai investasi diluar negeri.

Bagi orang Asia Timur memperluas kekuasaan adalah menciptakan sebuah harga diri. Pertempuran produk-produk Asia Timur sudah terjadi diseluruh dunia, di Amerika, Samsung terus mendominasi produk-produk inovasi baru mengalahkan Sony sampai babak belur, membuat karyawan di Apple harus tidur begadang untuk menyiapkan produk-produk baru, LG terus mendominasi untuk peralatan rumah tangga untuk terus menggeser General Electrics dari singgasana kekuasaan, Kodak harus bangkrut karena kalah bersaing dengan Sony, Canon, Samsung dan Nikon.

Kekuatan Samurai Jepang Toyota bersaing ketat dengan Hyundai yang memperoleh energi Gingseng dalam memdominasi pasar Amerika, sementara Detroit harus dibantu oleh pemerintah Obama dari ancaman pailit. Mobil-mobil Korea Selatan mulai mendapatkan tempat di pasar dunia, tetapi China juga memproduksi mobil dengan kualitas yang terus ditingkatkan dalam waktu dekat akan membuka ekspor ke Negara-negara maju. Bagi orang Asia Timur memenangkan persaingan disemua lini adalah harga diri dan mereka siap bertempur disemua tempat diseluruh dunia satu sama lain.

Nokia di era tahun 1990-an dan diawal tahun 2000-an pernah dijuluki sebagai ponsel sejuta umat, ketika teknologi telekomunikasi berubah harus terlempar dari pasaran, saat ini Nokia dengan produk Nokia Lumia OS-Windows harus bersaing ketat dengan Samsung, LG, Lenovo, HTC, Acer, Asus, BenQ semua itu berasal dari Asia Timur, Nokia hanya diberi pasar dalam jumlah kecil, sementara Samsung, LG, Lenovo, HTC bersaing satu sama lain memperkenalkan produk-produk baru mereka demi persaingan, untung yang besar, ekspansi pasar dan harga diri.

Blackberry yang mulai jaya di tahun 2006 di pasar dunia, hanya bertahan kurang dari lima tahun, ketika Android menjadi basis teknologi baru, perusahaan-perusahaan Samsung, LG, Lenovo, HTC mempersempit penjualan produk mereka dengan teknologi yang lebih canggih dan inovasi yang berkelanjutan. Blackberry kemudian lambat dalam menciptakan inovasi baru, sementara para pesaingnya terus menawarkan produk-produk baru dengan teknologi yang terus disempurnakan.

Dalam sistem OS computer Linux juga terus menciptakan inovasi-inovasi baru, OS Android dibangun dari sistem Linux, tahun 2004, para dokter di Capital Cardiology Associates yang berjumlah tujuh kantor di New York dan Massachusetts  berani menguprade komputer mereka dengan sistem OS Linux seharaga $400.000 dan mereka membanggakan diri bahwa mereka berhasil memakai peranti medis paling canggih dan paling baru untuk perawatan, disisi lain mereka berhasil menjadi pelopor penggunaan teknologi baru yaitu komputer, mereka melihat penggunaan teknologi baru akan memberikan manfaat baru terhadap kinerja dan pelayanan kepada pasien sebagai konsumen.  

Pelayanan yang baik juga dibantu oleh penggunaan teknologi yang baru untuk menciptakan sebuah efisiensi, Dr. Augustin DeLago, mempercayai bahwa investasi itu akan membawa hasil yang baik dalam jangka panjang yaitu untuk meningkatkan data keamanan dari catatan pasien dan juga kemudahan dalam managemen, Khususnya managemen kedokteran. Perusahaan ini adalah perusahaan kecil tapi disisi lain perusahaan ini menjadi yang terdepan dalam penggunaan teknologi. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: