Android Memang Lebih Unggul Septo Indarto (Team Double S)

15 Des

Android Memang Lebih Unggul

Septo Indarto (Team Double S)

 

Android sudah memenangkan persaingan dalam dunia teknologi, Apple dan Blackberry sudah dinyatakan kalah perang dalam inovasi teknologi dan juga penjualan, Android yang bersifat terbuka menarik banyak developer software untuk mengembangkan kemampuan teknologinya, sementara disisi lain pengembangan inovasi hardware untuk OS Android terus dilakukan.

Lembaga riset pasar IDC bulan November 2012 melaporkan bahwa pada kuartal ketiga, perangkat Android telah berhasil menguasai 75 persen pasar dunia, jauh di atas iOS Apple yang berada di urutan kedua dengan 14,9 persen.

Google melakukan apa yang telah dilakukan oleh Microsoft, Google menggandeng banyak vendor teknologi software dan teknologi hardware untuk perangkat Android, para vendor teknologi dipersilahkan untuk bebas mengembangkan kemampuan inovasi tetapi dengan tetap menggunakan Android sebagai OS baik di ponsel maupun di PC tablet.

Vendor teknologi yang menjadi mitra Google adalah perusahaan raksasa, yaitu Samsung, LG, HTC, Acer, Asus, Sony, Toshiba, Fujitsu, Motorola dll. Mereka dipersilahkan mengembangkan branding mereka sendiri, diberikan kebebasan untuk mengembangkan teknologi yang lebih baik. Ini tidak dimiliki oleh Apple dan Blackberry, mereka bermain sendiri. Sementara setelah kematian Steve Jobs, inovasi Apple berjalan agak lambat, Blackberry hanya mengembangkan teknologi BBM, sementara konsumen menginginkan perubahan dalam memakai gadget, Android berhasil menjawab semua keinginan konsumen.  

Saya adalah penggemar komputer grafis Apple sejak dulu, tetapi sejak Samsung berhasil mengembangkan teknologi komputer sendiri, saya menjadi penggemar Samsung. Samsung memiliki kemampuan inovasi luar biasa, menurut saya Lap Top Samsung salah satu Lap Top terbaik yang di ada di pasaran selain Lenovo, Fujitsu, Asus dll. Ketika Samsung diberikan kebebasan mengembangkan inovasi dalam ponsel dan PC Tablet, Samsung adalah perusahaan paling siap untuk menjadi yang terdepan disemua lini, karena manufaktur Samsung paling lengkap dalam pembuatan produk teknologi.

Sebelum ada sangketa mengenai hak cipta di pengadilan, produk-produk komponen Apple dibuat oleh Samsung, ini adalah fakta, Apple memberikan yang terbaik, Samsung memberikan inovasi. Samsung juga berhasil mengembangkan tablet PC dari keluarga Galaxy sebagai sebuah pengembangan inovasi jangka panjang dari OS Android, hal ini tidak disadari oleh perusahaan Apple, bahwa Samsung mempunyai kemampuan pengembangan yang lebih baik dari segi teknologi dan terus melaju.

Di sisi lain, Samsung juga mengembangkan  teknologi pengembangan software untuk branding mereka sendiri baik untuk komputer, PC Tablet dan Ponsel. Jadi Samsung bekerja secara mandiri. Jadi ini memudahkan mereka untuk melihat pasar dari semua aspek, ini tidak disadari oleh Apple dalam jangka panjang, Apple sangat bergantung dengan ide-ide Steve Jobs. Steve Jobs adalah orang yang kaya dengan ide, tetapi untuk mewujudkan idenya, dia dalam mengembangkan Apple memerlukan perusahaan partner, antara lain Samsung untuk mensuplai komponen tingkat kualitas tinggi.

Baru setelah produk Android laris di pasaran, dimana Samsung Galaxy menjadi ikon di dunia, manajemen Apple menyadari kekuatan Samsung yang lebih gila dan hebat. Samsung telah menjadi kekuatan yang hebat disemua lini teknologi, perusahaan pesaing pun bingung dalam segmen apa harus siap menghadapi Samsung. Samsung memiliki unit TV, Komputer, mesin cuci, kulkas, AC dll. Samsung juga mengembangkan pengembangan teknologi kontruksi bangunan super canggih, kita bisa lihat di daerah Gangnam di Seoul, di Dubai dan kota-kota besar lain di dunia.

Dalam teknologi Microprocessor, Samsung terus meningkatkan kemampuannya, ini juga membuat Intel waspada, AMD juga terus mengintip kemampuan Samsung. Di masa depan, duet Google-Samsung bisa menggantikan duet Windows-Intel untuk sistem komputer, sementara untuk ponsel and PC tablet, duet Google-Samsung sudah sangat kokoh, tapi Samsung akan terus melaju mereka sudah menyiapkan teknologi-teknologi masa depan dan ingin menentukan perkembangan teknologi masa depan.  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: