Harga Pangan Semakin Naik Septo Indarto (Team Double S)

13 Des

Harga Pangan Semakin Naik

Septo Indarto (Team Double S)

 

Satu hal yang perlu dicermati ke depan adalah harga pangan akan semakin naik, sebenarnya dunia sudah tahap dalam krisis pangan, bencana alam dan perubahan iklim menyebabkan banyak hasil pertanian yang rusak sebelum masa panen, ditambah serangan hama yang sangat ganas yang membuat prihatin para petani, kegagalan panen adalah kegagalan ekonomi dan itu bisa berdampak luas kepada kegiatan ekonomi masyarakat.  

Sering kali kita tidak menyadari bahaya dari kegagalan panen yang menyebabkan harga pangan meningkat karena terbatasnya persediaan suplai makanan. Kita lebih prihatin dengan kenaikan harga bahan bakar minyak, hal yang harus diperhatikan adalah: semua orang yang hidup memerlukan makanan, makanan yang sehat dan harga yang terjangkau, jika harga makanan menjadi mahal maka makanan tidak laku dan hanya dari kalangan kelas atas saja yang mampu membeli makanan. Tetapi itu akan menjadi beban anggaran bagi Negara. Ini yang harus diperhatikan.

Jumlah penduduk dunia yang semakin bertambah tetapi lahan pertanian semakin menyusut, itu menyebabkan ketimpangan yang harus diperhatikan, teknologi pertanian memang semakin maju, tetapi sampai dalam jumlah kapasitas berapa mampu menyediakan semua kebutuhan pangan bagi semua orang, tentu akan nada batas limit yang tidak bisa di tambah lagi.

Pada tahun 2045 jumlah penduduk dunia diperkirakan akan berjumlah sebesar Sembilan miliar orang, ini sebuah angka yang besar, sementara itu lahan untuk pertanian akan semakin menyusut dan yang akan menjadi fokus adalah lahan untuk dijadikan perumahan dan apartemen, karena orang memerlukan tempat tinggal, jika saat ini tidak ada kebijakan yang mampu meningkatkan produktivitas jumlah lahan untuk peningkatan pangan, maka setiap Negara di dunia akan terjadi kekacauan politik dan menciptakan revolusi sosial dan kekerasan.  

Revolusi Perancis 1789 pada awalnya meletusnya karena rakyat Perancis merasa lapar, mereka memerlukan roti dalam jumlah cukup untuk bertahan hidup, apalagi jika musim dingin telah tiba, maka persediaan roti yang dibutuhkan bisa dua kali lipat lebih banyak. Karena Negara tidak mampu menyediakan roti dalam jumlah yang cukup karena terlalu banyak korupsi, rakyat mulai bergolak. Perancis pada abad 18 mempunyai hutang dalam jumlah besar, sementara rakyatnya kelaparan, kehidupan dinasti De Bourbon tidak bisa mengerti keadaan kehidupan rakyat, mereka selalu berpesta dansa setiap saat, rakyat dengan susah payah bertahan hidup.

Suara rakyat yang menggema di seluruh Perancis hanya satu: Kami butuh roti, kami ingin makan roti, dengan roti kami mampu bertahan hidup. Tetapi karena keuangan Negara Perancis sudah defisit, maka mustahil bagi pihak pemerintah kerajaan menyediakan roti untuk kebutuhan rakyat, ditambah pengaruh Inggris semakin besar dalam perdagangan, Inggris semakin jaya dan Perancis semakin sulit dalam bersaing dengan Inggris, Inggris memiliki banyak koloni baru dan suplai pertanian berlimpah ini menambah bangkrutnya ekonomi Perancis.

Melihat peristiwa yang terjadi dari kacamata sejarah Revolusi Perancis 1789, kita tidak boleh menganggap enteng masalah krisis pangan, krisis pangan jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan Negara dalam keadaan chaos, konflik sosial dan akan menyebar ke seluruh masalah yang lain. Krisis pangan harus disikapi dan dipandang sebagai sebuah kegagalan dari kebijakan ekonomi, karena semua orang hidup membutuhkan makanan. Makanan disediakan oleh alam, kita harus mengelolanya dengan baik, tanpa itu semua akan menjadi bencana besar bagi kehidupan manusia. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: