Membangun Industri dan Membangun Branding Global Septo Indarto (Team Double S)

12 Des

Membangun Industri dan Membangun Branding Global
Septo Indarto (Team Double S)

Membangun industri yang mempunyai nilai tambah saat ini dilakukan oleh setiap Negara, membangun industri bukan hanya sebagai sebuah gengsi untuk mendapatkan kemampuan, membangun industri berarti menciptakan lapangan kerja-memberikan nilai tambah-menggerakan perekonomian-merekrut orang orang yang ahli sesuai kompetensinya-mencari pasar untuk menjual produk-menghasilkan devisa bagi Negara.
Negara berbasis industri adalah Negara yang telah menyiapkan kemampuan sumber daya manusia disegala bidang. Pemerintahnya sudah sadar bahwa budaya wirausaha akan menjadi sebuah ujung tombak perekonomian di masa mendatang, telah sipa menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan, payung hukum yang jelas bagi kemudahan berusaha. Industri adalah bidang dimana semua kemampuan dikerahkan dalam proses produksi dalam skala besar menggunakan mesin-mesin pendukung untuk menciptakan dan memproduksi barang dalam jumlah besar.
Kemajuan industri disebuah Negara harus berkembang dan lebih efisien dari waktu ke waktu, modal yang didapatkan dari kegiatan penjualan harus diinvestasikan untuk membeli peralatan atau mesin-mesin baru untuk jangka panjang. Negara harus menyediakan balai latihan kerja yang memadai yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pasar. Mendidik para pekerja supaya ahli dibidangnya. Menciptakan tenaga kerja yang handal dan professional berarti investasi jangka panjang. Tenaga kerja adalah asset yang besar bagi mobilisasi industri yang menciptakan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi.
Industri besar adalah industri yang mampu memberikan nilai tambah bagi produktivitas sebuah Negara dan menciptakan sebuah branding global di dunia internasional. Perusahaan Toyota, Nissan, Hyundai, Boeing, AirBus adalah salah satu contohnya. Mereka menciptakan jaringan industri dalam skala global, karena komponen-komponen di produksi melibatkan banyak tenaga kerja dari berbagai Negara di dunia dan berhasil menciptakan branding global yang mengangkat negaranya dikenal di dunia internasional.
Jika kita berbicara mengenai AirBus berarti itu adalah industri pesawat terbang dari Perancis. Boeing berarti industri pesawat terbang dari Amerika. Toyota dan Nissan berarti pabrik mobil yang berasal dari Jepang. Hyundai berarti pabrik mobil yang berasal dari Korea Selatan. Kemampuan menciptakan industri dalam skala global berarti mempunyai kemampuan menciptakan branding global di dunia internasional.
Persiapan membangun sebuah industri bagi Negara tidak perlu memerlukan waktu yang lama seperti dimasa lampau, kecepatan transfer ilmu pengetahuan memakai teknologi IT sangat membantu pemerintah dan swasta, yang diperlukan adalah kematangan perencanaan dan siap mengimplementasikan, akses kredit yang disediakan oleh lembaga keuangan untuk proses industri dan membuka pasar ekspor harus siap segalanya.
Industri harus dibangun dengan benar-benar fokus, bagaimana menciptakan produk-produk dengan kualitas terbaik, harga harus disesuaikan dengan keadaan pasar- lebih murah sedikit jika kualitasnya sama dengan produk-produk lain-lebih mahal sedikit jika kualitas produknya lebih bagus dari produk-produk lain. Pembangunan industri juga harus dibuat perencenaan yang matang untuk jangka panjang, seperti fokus pada tahun pertama, fokus pada tahun kelima, fokus pada tahun kesepuluh, jadi intinya mempunyai perencanaan yang terencana.
Setiap Negara saat ini harus mempunyai industri yang bisa dibanggakan di dunia internasional karena ini menyangkut kemampuan harga diri Negara, kemampuan menciptakan teknologi terbaru, kemampuan berdiplomasi ekonomi, kemampuan menciptakan tenaga kerja dalam skala global. Industri yang kuat dan dikenal di dunia internasional adalah harga diri sebuah bangsa, seluruh orang di setiap Negara akan menilainya, ini adalah bentuk mempromosikan Negara ke dunia luar, oleh karena itu tekad, kemampuan menguasai teknologi, mampu menciptakan branding skala global tidak bisa ditunda-tunda lagi karena menyangkut harga diri dan nasionalisme sebuah Negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: