Melihat APEC Sebagai Sebuah Kesempatan Besar Septo Indarto (Team Double S)

12 Des

Melihat APEC Sebagai Sebuah Kesempatan Besar

Septo Indarto (Team Double S)

 

Bagi para pengusaha Indonesia melihat APEC sebagai sebuah kesempatan besar untuk menembus pasar anggota Negara-negara APEC sangat besar. APEC memiliki potensi perekonomian paling besar saat ini, volume perdagangan APEC akan terus meningkat dari tahun ke tahun, pasar China, pasar Amerika, pasar Kanada, Pasar Brasil, Pasar Jepang, Pasar Korea Selatan menyimpan potensi besar untuk dijajaki oleh para pengusaha Indonesia dalam memasarkan produk-produk segmentasi ekspor, seperti produk pertanian dan produk tekstil, Indonesia mempunyai kelebihan dan daya saing besar.

APEC adalah blok ekonomi paling dinamis saat ini, tidak terlalu terpengaruh krisis ekonomi global, pasar Amerika masih dalam tahap pemulihan, pasar China tetap berjalan normal walaupun ekonomi China melambat pertumbuhannya, tapi China masih mampu tumbuh diatas 7% per tahun, ini adalah sebuah kesempatan besar yang tidak boleh diabaikan oleh para pengusaha Indonesia, Negara-negara APEC adalah Negara-negara kaya yang didukung oleh ekonomi industri. Konsumsi masyarakatnya terhadap produk-produk yang bisa dijual sangat tinggi.

Saat ini terjadi booming infrastruktur di Negara-negara anggota APEC, Indonesia dapat mengirimkan para konsultan ekonomi dan para arsiteknya ke Negara-negara APEC, menjual jasa dan profesionalitas, mencari pasar baru, sekaligus membawa pengalaman internasional. Kita bisa mengirimkan para arsitek Indonesia ke Vietnam, Korea Selatan, Brasil dan mengembangkan karya-karya mereka dalam pembangunan infrastruktur. Ini kesempatan besar menaikkan citra Indonesia dalam keahliannya di bidang arsitek.

APEC memiliki kekuatan besar saat ini, bahkan potensi perdagangan dan potensi pengembangan industri jauh lebih besar daripada zona Euro, semua raksasa ekonomi ada di APEC, yaitu China, Amerika, Kanada, Korea Selatan, Australia, Singapura, Brasil, Jepang. Ini merupakan sebuah kesempatan besar mencari celah pasar yang mempunyai potensi besar, pemerintah Indonesia harus mendorong para pengusaha lebih aktif mencari pasar-pasar baru dengan produk-produk yang mempunyai daya saing di APEC.

Pemerintah Indonesia juga harus memperhatikan kualitas Sumber Daya Manusia dalam mengantisipasi pasar tenaga kerja APEC, ini adalah sebuah peluang yang besar untuk mengirim para professional Indonesia untuk menjadi tenaga-tenaga professional terlatih, penguasaan bahasa Inggris adalah hal yang mutlak, keahlian akan semakin dibutuhkan oleh setiap Negara, membajak dari Negara-negara lain yang dianggap mempunyai kualitas sumber daya manusia yang unggul tidak bisa dihindari. Ini adalah sebuah kesempatan untuk menunjukkan bahwa sumber daya manusia Indonesia, siap memenuhi pasar tenaga kerja di Asia-Pasifik.

APEC akan terus tumbuh, Negara-negara anggotanya akan terus pada peningkatan daya saing-memerlukan suplai energi untuk menjalankan sektor pembangunan-memerlukan suplai makanan untuk menjamin ketersediaan pangan. Negara-negara anggota APEC akan terus mengejar target pertumbuhan ekonomi yang paling tinggi dan melihat setiap celah pasar adalah sebuah kesempatan untuk meningkatkan produktivitas dari para pelaku usaha.

APEC akan menjadi sebuah blok perdagangan terbesar dan menjadi mitra bagi pembangunan Negara-negara anggotanya, diperlukan untuk memahami dampak positif dan dampak negative dari sebuah perdagangan bebas, tetapi jika kita siap dengan kemampuan kita, dengan kualitas kita, dengan perencanaan-perencanaan yang kita buat untuk masa depan kita kearah yang lebih baik, perdagangan bebas adalah sebuah kesempatan besar untuk menunjukkan bahwa diri kita sebagai bangsa Indonesia mempunyai keunggulan dan daya saing di tingkat Asia-Pasifik. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: