Harta Warisan Kodak Septo Indarto (Team Double S)

11 Des

Harta Warisan Kodak
Septo Indarto (Team Double S)

Kodak adalah sebuah perusahaan besar, tetapi sayang pada abad ke 21 atau yang dikenal sebagi abad revolusi ide, perusahaan ini kalah bersaing untuk mempertahankan pasar mereka. Saya termasuk orang yang sangat sedih dengan bankrutnya Kodak, karena ketika umur 6 tahun saya pernah diberi kamera poket Kodak oleh oom saya di kota Bandung dan itu awal perkenalan dengan dunia fotografi. Tapi Kodak member harta waris kepada dunia, yaitu hak paten yang luar biasa banyak senilai US$ 500 juta, angka yang luar biasa.
Sejarah fotografi dunia didukung oleh inovasi Kodak, lebih dari satu abad perusahaan ini memberikan dunia dengan penuh warna, peristiwa-peristiwa penting di seluruh dunia diabadikan oleh para fotografer dunia dengan kamera Kodak, di Indonesia tahun 1970-an terkenal fotografer lepas yang menjual film di tempat wisata dengan sebutan Mat Kodak. Kodak adalah sebuah sejarah dan perjalanan inovasi, perusahaan ini telah menciptakan inovasi besar dalam ekonomi dunia.
Ekonomi Amerika sedang dalam tahap pemulihan, sayang sekali pemerintahan Barack Obama tidak bisa menyelamatkan perusahaan Kodak dari kebangkrutan seperti dia menyelamatkan Detroit untuk menyelamatkan para pekerja dari pengangguran. Kodak adalah kebanggaan dunia, walaupun perusahaan itu berasal dari Amerika, tetapi produk-produk Kodak ketika masa jaya seperti minuman Coca-Cola dibutuhkan oleh semua orang untuk mengambil gambar foto sesuai keinginannya.
Sejak Perang Dunia Pertama sampai tahun 2000-an, hampir semua peristiwa penting di dunia memakai film Kodak dan alat cetak printer poket Kodak untuk kamera digital, apapun kamera Anda seperti Canon, Fuji, Olympus, Kodak, Konica dll, hasil terbaik adalah mencetak foto Anda dalam film kertas Kodak.
Kebangkrutan Kodak dalam industri fotografi membuat semua orang diseluruh dunia menangis, bukan hanya warga Amerika, Kodak di masa jayanya telah memberikan sentuhan fotografi dan teknologi pendukungnya yang dapat memperkaya makna kehidupan dari sebuah gambar yang diabadikan oleh fotografer maupun non fotografer. Banyak kenangan yang dibuat memakai produk-produk Kodak untuk dijadikan sebagai alat koleksi dari sebuah media foto gambar yang diproduksi Kodak.
Apple dan Google dikabarkan telah bekerja sama menyiapkan dana sebesar US$ 500 juta untuk membeli hak paten Kodak, ini adalah kabar gembira, karena inovasi Kodak akan tetap digunakan dalam dunia fotografi walaupun nantinya perusahaan pembeli hak paten yang akan memproduksinya, dunia fotografi akan terus berkembang dengan penemuan-penemuan inovasi dari Kodak. Karena Kodak adalah perintis jalan bagi dunia fotografi diseluruh dunia.
Kebangkrutan Kodak dikarenakan perusahaan ini awalnya kurang gesit untuk bergerak di dalam dunia fotografi digital, perusahaan ini mendapatkan pukulan telak dari Sony dengan kamera Cybershot, kemudian Canon sangat agresif memasarkan model-model baru kamera digital, Nikon mampu meningkatkan standar ketajaman gambar untuk sebuah gambar dalam teknologi gambar digital. Kodak juga perusahaan yang mengembangkan teknologi kamera digital pada tahap perkembangan teknologi kamera digital. Tetapi kurang gesit dalam promosi produk kamera digital.
Pemain baru seperti Samsung yang masuk ke dalam industri foto digital. Membuat persaingan semakin tajam, Samsung lebih fokus dalam mengembangkan teknologi foto digital dengan inovasi yang terus disempurnakan dan menawarkan pilihan model yang lebih variasi, ini yang membuat Kodak lebih tertekan lagi, langkah Kodak dalam memproduksi industri pendukung dunia fotografi juga dilakukan Samsung dengan mengembangkan teknologinya, khususnya printer-printer Samsung dengan teknologi yang lebih maju dan mudah digunakan.
Kodak saat ini adalah sebuah branding yang menjadi sebuah kenangan indah, tetapi selama satu abad jutaan hasil gambar dari aktivitas fotografi di cetak diatas film kertas Kodak, Kodak telah memberikan inspirasi kepada kita dengan memahami dunia dengan pandangan yang lebih luas termasuk lingkungan disekeliling kita. Oleh karena itu perusahaan Kodak tetap menjadi sebuah inspirasi bagi semua orang dan membangun sebuah industri yang mampu mendukung industri-industri lainnya selain industri fotografi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: