Dunia yang Lebih Luas dan Tanpa Batas Septo Indarto (Team Double S)

29 Nov

Dunia yang Lebih Luas dan Tanpa Batas
Septo Indarto (Team Double S)

Sejak jaman dahulu manusia gemar melakukan eksplorasi perjalanan untuk mempelajari banyak hal khususnya mengenai dunia ilmu pengetahuan untuk memahami makna kehidupan, manusia selalu berpikir dunia yang lebih luas dan tanpa batas, oleh karena itu perjalanan melalui darat dan laut banyak dilakukan oleh para petualangan untuk melihat cakrawala baru yang berbeda tujuannya memperkaya pengetahuan dirinya. Ekplorasi sudah banyak dilakukan, dan catatan-catatan sejarah adalah bukti konkrit dari perjalanan itu. Kempuan umat manusia terus berkembang dan sesuai dengan perjalanan waktu, jawaban yang berasal dari pertanyaan satu persatu bisa di jawab dengan adanya penelitian yang dianalisa untuk menemukan jawaban yang tepat.
Dunia informasi adalah yang memegang peranan bagi kemajuan umat manusia. Teknologi komunikasi yang tadinya sangat sederhana, yaitu berupa surat saat ini sudah menjadi sangat modern berubah bentuk menjadi teknologi digital. Teknologi digital mengubah budaya manusia dalam berkomunikasi, mencari informasi dan melihat dunia tanpa batas. Ilmu pengetahuan telah mendorong hal itu semua terhadap lompatan-lompatan yang baru untuk melihat sebuah peradaban yang baru.
Revolusi komunikasi dimulai pada tanggal 4 Oktober 1957, ketika Uni Sovyet berhasil meluncurkan pesawat Sputnik ke luar angkasa, Uni Sovyet membawa umat manusia bahwa teknologi baru telah diciptakan untuk mentransfer informasi dari luar angkasa. Kemampuan para insinyur Uni Sovyet telah memaksa para politisi di Amerika untuk berpikir lebih keras, bagaimana menciptakan teknologi baru untuk mengimbangi kemampuan Uni Sovyet dalam bidang antariksa. Hal yang dicatat adalah bahwa satelit telah membawa keunggulan para ilmuwan Uni Sovyet dalam bidang pembuatan roket.
Kanselir Jerman, Konrad Adenauer mengatakan menghubungkan kejadian tersebut dengan keadaan geografis Eropa, lima ratus enam puluh mil adalah jarak antara Bonn dan Wina.
Teknologi satelit adalah era baru pencapaian umat manusia di bidang ilmu pengetahuan, satelit saat ini telah mengikat dunia sebagai sarana transfer informasi yang dibangun atas dasar dari suatu infrastruktur elektronik yang dapat mentransfer berita, informasi teks, multimedia dalam kecepatan cahaya. Satelit tidak hanya membawa transmisi internet, telivisi, radio, dan telepon saja, tetapi juga membawa banyak perubahan kepada umat manusia dalam mencari informasi. Satelit telah digunakan sebagai penyeimbangan kekuatan informasi dalam kecepatan sangat tinggi.
Saat ini semua Negara di dunia bermain dan berperan dalam sebuah model global informasi yang telah menghapus batas-batas Negara. Aliran informasi sangat mudah untuk diterima, smartphone adalah alat yang saat ini digunakan untuk menerima dan mengirim informasi dalam jumlah tidak terhitung melalui jaringan internet. Tetapi TV dan radio juga masih banyak digunakan oleh setiap orang karena sifatnya yang praktis. Internet telah menciptakan arena global informasi dengan biaya yang lebih terjangkau dimana saat ini setiap orang dapat menjadi pelaku pembuat dan penyebar informasi melalui web site dan jaringan sosial media.
Informasi saat ini menggerakan seluruh orang di dunia untuk melihat dan menjadi pelakunya, Contohnya Revolusi Arab Spring yang dimulai dari Tunisia sampai Mesir menggunakan facebook dan twitter sebagai media komunikasi tanpa komando yang menyebabkan perubahan kondisi politik dengan ditandai oleh perubahan rejim pemerintahan. Penggunaan jaringan sosial media oleh generasi muda yang akrab dengan teknologi menciptakan banyak peristiwa di berbagai bidang. Mulai suksesnya Barack Obama kampanye melalui jaringan sosial media sampai acara rapat Pemprov DKI bisa dilihat di Youtube.
Penciptaan-penciptaan teknologi software terbaru untuk computer, PC Tabet, Smartphone juga telah mencapai kemajuan yang belum pernah dibayangkan, bahwa teknologi digital telah membawa perubahan besar bagi penduduk bumi. Sosial Media juga menjadi alat praktis sebagai penyampaian transparansi informasi, hal ini telah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta yang telah menarik perhatian besar dunia, bahkan telivisi Al Jazeera meliput kejadian ini, karena telah dilihat lebih dari satu juta orang, sebuah angka yang luar biasa.
Saat ini senjata utama yang sedang terjadi adalah kemampuan mengumpulkan berbagai macam informasi. Informasi telah menjadi sumber modal yang sangat besar, karena dengan informasi yang didapat, semua pengambilan keputusan akan lebih mudah, itu terjadi di semua bidang. Jika dulu lambang kekayaan adalah emas, saat ini lambang kekayaan diukur dari banyaknya informasi yang diperoleh kemudian menyusun strategi yang tepat untuk menciptakan sasaran yang lebih besar.
Tetapi semua itu juga terdapat banyak ancaman yaitu virus komputer, virus komputer telah berkembang begitu cepat dan pesat. Secara sederhana virus komputer adalah kode-kode atau barisan kode yang dibuat untuk mengacaukan sebuah sistem Komputer. Ketika jutaan orang terhubung dengan jaringan internet, virus-virus ini disebarkan dan menghancurkan banyak komputer, salah satu hal yang mendapat perhatian serius adalah bagaimana melindungi komputer kita dengan menggunakan anti virus yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
Virus komputer telah menjadi ancaman serius bagi peradaban manusia modern, hal ini tidak bisa dianggap persoalan ringan dan sepele, bahkan mungkin jutaan data di dalam komputer kita, tanpa kita sadari telah terinfeksi virus komputer, sehingga data hilang atau menjadi rusak (korup). Data adalah kekayaaan kita dalam bentuk media informasi dan sangat penting sifatnya untuk membantu kelancaran pekerjaan kita saat ini dan di masa mendatang. Serangan virus komputer dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Selain menghancurkan data virus komputer dapat dijadikan alat untuk mencuri data pengguna komputer. Para pengguna komputer juga harus memiliki pengetahuan mengenai virus-virus komputer dan bagaimana cara menanganinya melalui anti virus yang selalu di up date setiap saat.
Kekuatan informasi dalam jaringan internet telah mendominasi kehidupan kita semua, saat ini setiap orang dengan mudah mengakses informasi melalui berbagai macam gadget, informasi dalam genggaman kita. Informasi tersedia dalam hitungan detik dan booming, kita bisa memilih berbagai macam informasi yang kita terima, baik itu berita atau isu untuk mencari popularitas. Informasi ada yang berdampak positif dan ada yang berdampak negatif, tetapi semua berpulang kepada kita untuk memilihnya, karena mendapatkan informasi adalah hak setiap orang.
Tetapi ancaman kepada semua pemilik gadget yang terkoneksi ke jaringan internet adalah masalah yang serius. Masalah keamanan data akan meningkat dari tahun ke tahun, perusahaan-perusahaan keamanan data, seperti Norton, McAffe, Avira, Avast, Panda dll akan terus menciptakan program-program pengembangan proteksi data dalam melindungi dari setiap ancaman virus dan spyware. Ini masalah serius dan tidak main-main. Setiap Negara dan setiap orang yang terkoneksi dengan jaringan internet tidak akan pernah lepas dari ancaman keamanan data.
Data telah menjadi sesuatu yang primer dan dibutuhkan oleh semua piha, data berisi informasi yang sangat berharga, di dapat dari survei, riset, ataupun multimedia. Keamanan proteksi yang berlapis-lapis ternyata bisa ditembus juga, jaringan internet kecepatan tinggi telah menyebabkan seorang Black Hacker yang menyerang banyak jaringan internet server dengan kemampuan kecepatan yang luar biasa dan berhasil membobol banyak server. Kejahatan keamanan data tergolong kejahatan yang sangat serius, setiap Negara harus membentuk polisi unit cyber untuk menanganinya.
Perkembangan teknologi mikroprosesor, pengembangan motherboard, teknologi pendukung computer lainnya telah menyebabkan revolusi teknologi komputer luar biasa cepat. Umat manusia hidup dalam sebuah Quantum Leap (Loncatan Kedepan). Menikmati multimedia dengan kecepatan tinggi, komputer dan gadget menjadi alat ekspresi semua orang. Manusia di Amerika, Manusia di Eropa, Manusia di Afrika, Manusia di Asia, dan Manusia yang berprofesi sebagai ilmuwan di Antartika terhubung satu sama lain melalui komputer dan gadget.
Tetapi perkembangan ancaman virus dan sejenisnya juga akan semakin canggih dan ganas, berapa banyak komputer pribadi dan server komputer jaringan raksasa dibuat hancur dan mati hanya sebuah serangan virus dan sejenisnya dengan cara kerja model baru yang belum dikenal oleh program keamanan data. Kita hidup dalam kemudahan dan ancaman, ini adalah kondisi yang kita hadapi setiap saat. Virus computer telah menjadi sesuatu hal yang menakutkan karena telah banyak menghancurkan produktivitas umat manusia.
Persoalan keamanan data telah membuat panik setiap Negara, karena tidak ada satu pun komputer dan gadget yang aman dari serangan virus dan sejenisnya. Yang lebih gila saat ini banyak virus yang bekerja seperti robot dapat memberikan perintah diri untuk menggandakan data dan mengirim kepada pengirimnya mengenai data-data yang akan dirusak. Virus komputer selalu bekerja dengan model-model baru dalam hitungan detik, ini yang saat ini menjadi perhatian serius perusahaan data keamanan dan badan intelejen di setiap Negara, bahwa kejahatan black hacker sangat berbahaya.
Bahasa-bahasa pemograman pengembangan virus juga akan semakin banyak dan akan terus dimodifikasi oleh black hacker, tujuannya supaya tidak terlacak, saat ini banyak sekali bahasa pemograman yang harus dipelajari dan sistem komputer juga mempunyai beberapa sistem operasi, yaitu Windows, iOS, Linux dan program-program yang kurang terkenal, tetapi tidak ada yang tahan (resistance) terhadap serangan virus dan sejenisnya, karena setiap program selalu mempunyai titik kelemahan dan para Black Hacker dengan mudah mengetahuinya.
Cara terbaik kita harus mengupdate selalu dari server resmi sistem operasi mengenai program keamanan, walaupun sifatnya hanya untuk sementara waktu, tetapi hal ini cara terbaik untuk meningkatkan sistem keamanan komputer dan gadget kita dari serangan virus dan sejenisnya. Kita tidak boleh lupa untuk mengupdate. Jika kita lupa maka akibatnya akan sangat fatal, minimal setiap hari kita terus mengupdate anti virus, itu adalah langkah yang sederhana dan praktis untuk melindungi komputer kita dari kejahatan di dunia cyber.
Saat ini kejahatan dunia cyber telah menjadi persoalan yang sangat serius di dunia internasional, kerugian ekonomi sangat besar, setiap orang perlu mengetahui mengenai cara atau antisipasi untuk menangkal serangan tersebut dengan informasi yang sederhana tetapi mempunyai dampak yang besar. Perlindungan data adalah hal yang mutlak tanpa itu kerja kita akan semakin sia-sia, kejahatan dunia cyber bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kejahatan ini tidak terlihat tetapi dirasakan oleh semua orang, karena pelaku kejahatan ini bisa bebas beroperasi dari mana saja dan hanya membawa Lap Top yang mempunyai akses internet.
Hal yang paling harus diperhatikan adalah semua pihak dapat diserang oleh Black Hacker seperti: Organisasi Pemerintah dan Swasta, Individu, Rumah Sakit, Pangkalan Militer dll. Perlu diadakan UU yang mengatur untuk mengatasi kejahatan cyber, tetapi hal yang terpenting adalah pengembangan inovasi teknologi software bagi pengembangan keamanan. Itu yang paling mendesak. Diperlukan riset untuk menciptakan infrastruktur keamanan data yang melindungi warga Negara setiap Negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: