Mundurnya Paul Ottelini Sebagai CEO Intel Septo Indarto (Team Double S)

28 Nov

Mundurnya Paul Ottelini Sebagai CEO Intel
Septo Indarto (Team Double S)

Mundurnya Paul Otteleni sebagai CEO Intel telah menggemparkan dunia bisnis teknologi, dia Otteleni mengatakan bahwa dia mundur dari Intel karena sudah saatnya menyerahkan Intel ke era kepemimpinan baru. Dia adalah orang yang mempunyai pengaruh besar di samping Andy Grove, dia juga sebagai ahli strategi teknologi dan ahli strategi bisnis terbaik yang dimiliki Intel, karena berhasil meyakinkan Apple untuk menggunakan prosesor Intel pada perangkat Mac Apple.
Intel adalah perusahaan teknologi yang berawal dari sebuah perusahaan kecil dan berkembang menjadi perusahaan raksasa. Kemampuan menguasai pasar PC dan Lap Top selama dua puluh tahun adalah sebuah prestasi hebat, tetapi dunia teknologi adalah dunia yang dinamis, Intel kalah dalam teknologi samrtphone dan PC Tablet, bergerak sangat lambat merespon arah baru tren teknologi, Samsung dan Qualcomm lebih Berjaya dalam smartphone dan PC Tablet, tetapi Intel berhasil mengembangkan inovasi ultrabook sebagai generasi terbaru computer mobile, lebih tipis, lebih hemat energi, lebih bergaya dan lebih enteng dibawa ke mana saja.
Dalam dunia teknologi tidak ada kata istirahat. Orang-orang kreatif dengan visi luar biasa untuk menciptakan teknologi yang mampu mengubah dunia akan lahir setiap saat. Intel perlu meredesign kembali strategi bisnis perusahaan dengan mengembangkan teknologi baru. Saingan Intel saat ini bukan hanya AMD, tetapi ada Samsung yang sangat mematikan. Samsung adalah perusahaan dengan prestasi luar biasa yang membuat para kompetitornya sempoyongan untuk bersaing. Apple pun banyak tidak bisa berkutik menghadapi dominasi inovasi Samsung. LG pun akan melakukan langkah yang sama, pengembangan inovasi teknologi hardware akan terus dikembangkan.
Dalam dunia teknologi, kekuatan branding ditentukan oleh inovasi teknologi yang dikembangkan dan di terima oleh pasar. Intel dibawah Otellini berhasil meningkatkan pendapatan USD 54 miliar pada tahun 2011. Intel terus maju tapi pesaingnya juga melangkah dengan hal yang sama. Intel harus belajar dari kegagalan Apple yang saat ini agak terlambat mengembangkan inovasi baru setelah kepergian Steve Jobs. Tim Cook harus masih berjuang keras untuk mengamankan branding Apple.
Pertempuran berdarah-darah di Silicon Valley akan terus berkembang dan tidak akan pernah selesai, para insinyur teknologi harus terus mengembangkan teknologi masa depan, dengan biaya yang terjangkau dan disukai oleh konsumen. Intel memang veteran dari Silicon Valley, tetapi Silicon Valley menjadi sebuah tempat bertempur yang paling gila di muka bumi, setiap perusahaan teknologi diseluruh dunia bertempur di Silicon Valley untuk mendapatkan pengaruh, prestis, dan kekuasaan dalam mengatur pasar teknologi. Pemain itu bukan hanya berasal dari Amerika tetapi dari seluruh dunia saat ini.
Intel saat ini membutuhkan seorang visioner baru yang melihat ke arah mana dunia teknologi berkembang, mereka bisa belajar dari Google yang mampu meramalkan ke mana dunia teknologi berkembang. Google saat ini terus mengembangkan banyak inovasi software dan hardware, terus berupaya untuk menjadi pemain tangguh di dalam dunia teknologi dan pasar teknologi, setelah membeli Motorola dan membuat PC tablet Nexus, Google berupaya keras menjadi pioneer bagi pengembang inovasi. Google pun banyak membeli hak paten dari perusahaan-perusahaan teknologi untuk bisa survive dan menciptakan pasar yang lebih besar.
Dimasa mendatang perusahaan-perusahaan China dan India juga akan memproduksi mikroprosesor dengan harga yang lebih terjangkau dan kualitas teknologi yang hampir sama. Intel tidak bisa menganggap remeh hal ini, karena kemampuan kedua negera tersebut dalam bidang teknologi sudah sangat maju. Intel juga harus melihat teknologi hardware yang dikembangkan oleh Samsung. Samsung dikenal sebagai perusahaan yang luar biasa dalam menciptakan inovasi. Di dunia Samsung dan Apple adalah dua branding yang paling dikenal di dunia, karena kedua perusahaan ini berhasil menciptakan banyak perubahan dalam dunia teknologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: