Strategi Lenovo Memperluas Jaringan Pasar Smartphone Septo Indarto (Team Double S)

27 Nov

Strategi Lenovo Memperluas Jaringan Pasar Smartphone
Septo Indarto (Team Double S)

Selama ini Lenovo lebih banyak bermain di pasar PC dan Notebook, tetapi melihat perkembangan pasar smartphone yang semakin bagus, Lenovo pun saat ini ikut meramaikan pasar yang sudah diisi oleh merek-merek terkenal seperti Samsung, Nokia, Blackberry, HTC, Apple. Lenovo Mobile melihat bahwa pasar smartphone akan terus tumbuh dan perusahaan ini serius untuk mempersiapkannya. Lenovo adalah nama besar yang mewarisi kejayaan IBM di masa lampau, walau saat ini Lenovo adalah merek dari negeri China, mengenai kualitas sudah tidak diragukan lagi.
Tahun 2012 menurut riset yang dilakukan oleh Gartner, Lenovo dalam industri computer telah menggeser posisi Hawlett-Packard (HP) sebagai perusahaan nomer satu di dunia. Lenovo berhasil meningkatkan pasar mereka dalam industri teknologi yang berkembang sangat cepat sekali. Kemudian Lenovo masuk ke dalam pasar Smartphone, di China sebagai Negara asal Lenovo, unit bisnis telepon seluler Lenovo sudah kuat, Lenovo akan memperluas pasar dengan melihat Negara-negara yang mempunyai potensi tinggi akan permintaan smartphone yang terus tumbuh. Smartphone adalah pasar baru yang akan di garap dengan serius, teknologi smartphone tidak jauh berbeda dengan teknologi computer, hanya yang membedakan ukurannya saja. Smartphone membutuhkan komponen yang lebih kecil dari komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah PC.
Target pasar Lenovo mulai target Low End sampai High End, Ideaphone A60+ difokuskan untuk pengguna telepon yang akan pindah ke smartphone, Ideaphone S560 difokuskan bagi konsumen yang suka mendengarkan musik dan sudah dilengkapi teknologi Dolby Digital Plus, S880 difokuskan kepada konsumen yang menyukai multimedia, P700i difokuskan bagi konsumen yang berprofesi sebagai business man.
Menurut Vice President Business Global and Worldwide Business Development JD Howard, Lenovo dalam kualitas smartphone mempunyai kualitas yang sama dengan merek-merek global lainnya, tetapi harga yang ditawarkan 50% lebih murah dibandingkan kompetitor. Tiga hal mengenai kenapa Lenovo sukses, yaitu produk yang bagus karena kualitas, distribusi menyeluruh, posisi branding yang kuat. Lenovo mewarisi kualitas teknologi IBM di masa lalu. Ini adalah sebuah tantangan dan peluang. Ketika orang melihat merek Lenovo dalam mindset mereka adalah kualitas barang yang bagus.
Selama ini konsumen lebih mengenal Lenovo sebagai sebuah produsen PC, tetapi sesuai perkembangan bisnis yang terus berkembang pesat dan adanya celah dalam pasar, maka Lenovo juga ikut memproduksi Smartphone yang angka permintaannya terus tumbuh dari tahun ke tahun. Saat ini banyak orang yang menggunakan Smartphone untuk berkomunikasi dan juga mengakses data, Lenovo melihat peluang itu walaupun harus bersaing keras dengan para Kompetitor, tetapi celah pasar yang bisa di target masih cukup besar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: