Mengenal Secara Singkat Mengenai Ben Bernanke Gurbenur Bank Sentral Amerika Serikat Septo Indarto (Team Double S)

26 Nov

Mengenal Secara Singkat Mengenai Ben Bernanke
Gurbenur Bank Sentral Amerika Serikat
Septo Indarto (Team Double S)

Kepribadiannya dikenal sebagai orang yang tenang, cukup pendiam, mempunyai analisa tajam, dalam sejarah ekonomi modern Amerika, dia adalah tokoh yang sangat berpengaruh besar menyelamatkan perekonomian Amerika dari kehancuran akibat kesalahan managemen ekonomi. Secara perlahan tapi pasti, perekonomian Amerika mengarah kepada arah yang benar, industri Amerika secara perlahan mulai bangkit dan belanja untuk kebutuhan sehari-hari mulai meningkat, ekonomi Amerika masih membutuhkan waktu yang cukup lama menuju arah normal, tapi Ben Bernanke, seorang gurbenur Bank Sentral Amerika adalah tokoh yang memegang peranan penting untuk menyelamatkan perekonomian Amerika.
Ben Bernanke lahir pada tanggal 13 Desember 1953 di Augusta, Georgia, dia adalah anak tipikal yang suka bekerja keras, di sekolah umum Dillon dia sudah terlihat sebagai seorang anak yang berbakat besar dan memiliki minat yang besar untuk mempelajari angka dan mata uang.
Suatu kali kami pulang dan ia sedang bermain dengan beberapa uang Penny bersama teman-temannya (sebagai anak yang baru berumur tiga tahun), dia sudah dapat menambah dan mengurangi. Anda bisa bertanya kepada dirinya: Apa yang terjadi kalau saya punya Sembilan Penny lalu saya mengurangi tiga Penny? Dia akan langsung menjawab pertanyaan Anda.
Di sekolah menengah bakat Ben muda semakin terlihat, dia orang yang pintar dan mampu memahami bacaan dan belajar kalkulus, Harold Friedman mengajarinya untuk bermain catur, dia juga belajar bermain Saksofon dan hebat seperti Alan Greenspan dan presiden Bill Clinton. Dia mempelajari dua pelajaran penting bagi dirinya yaitu tentang Amerika dan pekerjaan, dia belajar mengenai arti kerja keras, yaitu di kota kecil Dillon dan dalam masyarakat di seluruh Amerika, orang akan bekerja sangat keras karena harus menopang dirinya sendiri dan keluarga, pelajaran yang lain adalah: Orang Amerika secara ekonomi adalah ambisius karena mereka mencari peluang dan kemajuan.
Kerja keras adalah harga mati untuk meningkatkan kualitas hidup, dia pernah berkata: Saya menjalankan pekerjaan saya dengan serius, jika kolega-kolega saya menjalankan pekerjaan mereka di Federal Reserve dengan baik dan benar, kami dapat membantu meningkatkan perekonomian dan memberikan orang banyak lebih banyak peluang ekonomi yang dapat mereka kejar dan raih. Intinya adalah pada kualitas dan kemakmuran hidup.
Usia tujuh belas tahun dia melanjutkan sekolah ke Universitas Harvard, di kota besar Boston, serta berhasil memperoleh gelar BA ilmu ekonomi pada tahun 1975, lalu bersekolah di MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan berhasil meraih gelar PhD, dia berhasil berhasil gelar tersebut di bawah bimbingan Stanley Fischer dengan disertasi doktoralnya yang berjudul Long-Term Commitments, Dynamic Optimization, and the business cycle.
Di Universitas Princeton dia mengajar di dua tempat, yaitu Jurusan Ilmu Ekonomi dan Woodrow Wilson School of Public Policy. Dia menjabat sebagai ketua jurusan ilmu ekonomi Princeton dari tahun 1996 sampai tahun 2002.
Ketika menjabat sebagai ketua jurusan ilmu ekonomi, dia berhasil menjadikan jurusan ilmu ekonomi Princeton menjadi salah satu jurusan ilmu ekonomi dan ekonomi makro terkenal di seluruh dunia, dia mempunyai gagasan yang brilian dan segar, jiwa untuk menjadi yang terbaik terlihat ketika dia sedang bekerja, dia bekerja dengan serius karena ingin menciptakan hal yang terbaik untuk dirinya dan juga orang lain.
Ahli ekonomi yang pernah bergabung di jurusan ilmu ekonomi Princeton dibawah kepemimpinan Ben Bernanke adalah: Roland Benabou, Paul Krugman, Christopher Sims, Lars Svensson.
Gene Grossman mengenai sosok pribadi Ben Bernanke: Selain sebagai seorang ahli ekonomi yang brilian, salah satu kelebihan utamanya adalah kelugasannya, filosofi dasarnya adalah bersikap sangat terbuka pada orang yang bekerjasama dengannya sehingga dia dapat meminta opini mereka.
Jurnalis keuangan Roger Lowenstein melihat diri seorang Bernanke dengan mengatakan: sikapnya yang serius serta kenyataannya bahwa dia adalah orang yang sangat hati-hati dan sabar.
Art Rolnick, Direktur Riset the Fed Minneapolis menggambarkan sosok pribadi Ben Bernanke dengan mengatakan: Sangat disiplin dan halus dalam berbicara…Membawa kepemimpinan intelektual kekuatan verbal dan presisi dan mempunyai etika kerja yang mengagumkan.
Dia adalah orang yang berani dalam melakukan gebrakan untuk menciptakan sebuah solusi, dalam mencegah krisis financial, bahkan harian international Herald Tribune membandingkannya dengan seorang komandan militer dengan menggunakan kekuatan militer yang luar biasa. Dia adalah orang yang cerdas, terbuka dengan ide-ide baru dan selalu berhati-hati dalam setiap tindakan. Tetapi mampu membuat analisa yang tepat.
Dia adalah seorang akademisi sejati, tahun 2002, presiden George W. Bush meminta dirinya untuk menjadi salah satu gurbenur Federal Reserve Board, dia menerimanya, Juni 2005 dia meninggalkan the Fed untuk menjadi ketua CEA yang dibentuk oleh presiden Bush, delapan bulan kemudian, dia dimabil sumpahnya untuk menjadi Ketua Dewan Gurbenur Federal Reserve System untuk masa jabatan empat tahun yang akan berakhir pada tanggal 31 Januari 2010. Hal yang sama dia juga diangkat menjadi salah satu anggota Dewan untuk masa jabatan penuh selama empat belas tahun, yang berakhir pada tanggal 31 Januari 2020.
Untuk memahami pemikiran Ben Bernanke, cara terbaik adalah banyak membaca karya-karya yang telah dia tulis, dia adalah pencipta banyak gagasan tentang ekonomi dan ide-ide baru, riset-risetnya banyak mengulas tentang ekonomi moneter. Dia adalah salah seorang hebat pemikir ekonomi modern di dunia, dia melihat semua masalah secara teliti dan berhati-hati dalam mengambil tindakan, dia orang yang tenang tetapi tahu kapan harus bergerak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: