Menilai Kinerja Kerja Karyawan Septo Indarto (Team Double S)

25 Nov

Menilai Kinerja Kerja Karyawan
Septo Indarto (Team Double S)

Salah satu indikator kemajuan sebuah perusahaan adalah mempunyai karyawan yang bekerja dengan hasil yang baik, ini adalah impian bagi setiap perusahaan, perusahaan tidak segan-segan untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan tujuannya untuk memacu kinerja para karyawan untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Semakin kinerja perusahaan semakin baik, artinya kualitas karyawan semakin bagus. Oleh karena itu penilaian begitu sangat penting untuk mengetahui kualitas dari masing-masing karyawan.
Oleh karena itu, tugas dari HRD adalah bagaimana meningkatkan kualitas para karyawan, dibutuhkan sebuah kepemimpinan yang kuat dari tingkat top management untuk lebih fokus meningkatkan kinerja karyawan. Penilaian dari masing-masing departemen adalah hal yang mutlak khususnya dari para atasan apakah tugas-tugas yang diberikan mampu dikerjakan sesuai dengan hasil yang diinginkan, para atasan harus jujur menilai karyawan untuk mampu bekerja atau tidak mampu bekerja, jangan ada sebuah rasa ketakutan dari para atasan untuk menutup-nutupi kinerja karyawan yang jelek atau tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan.
Kinerja yang memuaskan akan berdampak besar kepada perjalanan karir kepada indivudu karyawan yang bersangkutan, menerima gaji dan bonus dari perusahaan. Semua perusahaan harus siap mengevaluasi para karyawannya dan itu harus dilakukan secara rutin, karyawan juga jangan hanya diberikan pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan rutinitas, tetapi juga harus diberikan pelatihan mengenai Leadership, tujuannya untuk menciptakan rasa kepemimpinan dalam diri karyawan untuk mampu menjadi pemimpin dirinya sendiri, sehingga ketika menghadapi kendala-kendala, individu karyawan mampu menciptakan solusi-solusi sendiri mengenai bagaimana masalah tersebut harus segera diselesaikan.
Sudah banyak tools yang digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, tetapi yang harus diperhatikan adalah output (hasil) yang diterima, ini yang harus menjadi fokus utama. Saat ini pengetahuan-pengetahuan baru banyak yang muncul dari pemikiran-pemikiran kreatif yang menyebabkan perubahan-perubahan di dunia kerja, apakah perusahaan Anda telah siap untuk menerima ide-ide baru tersebut.
Pelatihan Change Management adalah satu solusi yang harus diikuti oleh semua pihak dari top management hingga karyawan, tetapi diberikan dengan materi yang disesuaikan dengan jabatan. Karena semakin jabatan tinggi maka pekerjaan dan kinerja akan semakin berat dan kompleks. Tujuan dari pelatihan Change Management adalah bagaimana memberikan gambaran tentang perubahan-perubahan yang akan terjadi di dalam sebuah organisasi, organisasi akan dipaksa untuk bergerak maju ke arah masa depan, organisasi harus berkerja secara dinamis, artinya akan selalu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi saat ini dan dimasa mendatang.
Pelatihan Change Management memberikan sebuah gambaran dan arah, jadi seperti sebuah kompas, ini akan membantu meningkatkan kinerja karyawan dan juga top management tanpa itu organisasi akan berjalan sangat lambat dan terlalu stagnan. Setiap organisasi akan berkerja balapan dengan waktu, waktu akan bejalan sangat cepat, apakah setiap individu karyawan mampu mengikutinya, berbagai macam tools mengenai bagaimana mengukur kinerja perusahaan dalam hal ini para karyawannya sudah ada, tetapi harus ada yang kita ingat tanpa adanya change management semua pengukuran kinerja tidak akan efektif dan hanya membuang waktu, tenaga, dan anggaran perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: