Ketika China Terus Melakukan Inovasi Teknologi Otomotif Septo Indarto (Team Double S)

24 Nov

Ketika China Terus Melakukan Inovasi Teknologi Otomotif

Septo Indarto (Team Double S)

China terus mengejar inovasi teknologi, saat ini inovasi teknologi otomotif terus dikembangkan. Selain menjadi market yang besar bagi branding otomotif kelas dunia dari Eropa, Asia, Amerika. China saat ini juga terus melakukan ekspansi passer denga merek lokal ke pasaran dunia. China dianggap mampu menjadi pemain utama dengan merek China sendiri dalam memasarkan mobil-mobil buatan mereka ke seluruh dunia.

Zhejiang Geely Holding Group atau dengan nama populer yang dikenal dengan nama Geely adalah salah satu perusahaan China yang terus mengembangkan inovasi pasar dan mengembangkan branding lokal ke tingkat global. Saat ini mobil buatan China mulai mendapat hati dimasyarakat karena adanya perbaikan kualitas dan umur mobil yang dapat digunakan sesuai dengan standar industri kualitas otomotif.

Pengembnagn riset dan pengembangan mobil Geely dilakukan dengan media komputasi yang sangat canggih. Karena pengembangan inovasi dan riset dilakukan ketika perkembangan teknologi komputer sudah sedemikian maju, sehingga mampu menghemat anggaran dan waktu. Ketika perusahaan Geely, mengembangkan model panda, perusahaan ini hanya melakukan tes kecelakaan sebanyak 20-25, sedangkan normalnya adalah 125-150 kali untuk setiap model baru dibuat dan kemudian diproduksi, rahasianya adalah mengandalkan simulasi komputer, dengan cara ini bisa menghemat dana sebesar (USD 31,57 juta) untuk pengembangan selama dua tahun.

Simulasi tersebut mempunyai kemampuan yang cukup bagus dan mampu mengurangi biaya pada tes kecelakaan, menyederhanakan desain mobil, menggunakan bahan dengan biaya yang lebih terjangkau, memperkejakan karyawan kontrak untuk desain grafisnya.

Mobil ini bisa dijual dengan harga 40.000 Yuan dan jauh lebih murah ketika dibandingkan dengan merek-merek yang lain. Walaupun harganya murah mobil ini mempunyai kualitas yang cukup bagus dan dapat diterima oleh pasar. Mobil ini telah diekspor ke Ukranina, Mesir dan Indonesia.

Saat ini kemapuan China sedang dilihat oleh dunia dalam mengembangkan teknologi otomotifnya. Kemampuan insinyur dan managemen berhasil memadukan kekuatan industri otomotif, yaitu dengan biaya yang murah dan kemampuan menembus pasar internasional secara perlahan tetapi pasti. Saat ini produsen otomotif China dapat memangkas biaya produksi sebesar 30-40%. Kemampuan memangkas biaya adalah hal yang luar biasa, karena pengembangan teknologi China berhasil memangkas biaya yang dibutuhkan dan mampu mendesain model baru hanya memerlukan waktu dua setengah tahun dengan mengerahkan proses desain yang singkat.

Tetapi tetap China harus berjuang dulu untuk menjadi pemain utama industri mobil tingkat dunia, hal ini tidaklah mudah apalagi bersaing dengan merek-merek sperti Toyota, Nissan, Ford, BMW yang telah dikenal oleh konsumen sebagai pencipta mobil dengan kualitas baik. China masih membutuhkan waktu dan hanya perlu menjaga sikap konsisten untuk terus mengembangkan inovasi baru. Pasar otomotif adalah pasar yang luar biasa ketat, kualitas yang baik adalah standar utama, tetapi strategi marketing yang inovasi adalah cara mempromosikan kehebatan sebuah merek untuk meningkatkan penjualan. Jadi bagi China masih memerlukan waktu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: