Kenapa Sosial Media Dipilih Sebagai Sarana Promosi Septo Indarto (Team Double S)

21 Nov

Kenapa Sosial Media Dipilih Sebagai Sarana Promosi
Septo Indarto (Team Double S)

Sosial media saat ini dipilih sebagai sarana promosi karena bisa menciptakan interaksi yang kuat antara pelanggan dan perusahaan. Perusahaan menggunakan sosial media bukan hanya untuk kepentingan promosi saja tetapi juga untuk kepentingan survei, mengenai produk-produk yang diinginkan oleh konsumen, hal yang terpenting adalah terjadinya komunikasi antara perusahaan dan konsumen untuk saling melengkapi satu sama lain, artinya konsumen membeli produk tersebut karena memang menginginkannya dan sangat diperlukan, sedangkan produsen menjual produk tersebut karena memang dibutuhkan oleh konsumen. Sosial media adalah alat yang ampuh untuk memperkenalkan branding ke konsumen yang lebih luas, karena sudah tidak ada sekat lagi. Ini merupakan strategi marketing yang tepat untuk para marketer untuk menciptakan strategi baru marketing dan keterikatan emosi para pelanggannya.
Mempertahankan Branding pada era ekonomi informasi bukanlah hal yang mudah, karena akan semakin banyak produk-produk baru muncul dengan inovasi baru yang pada akhirnya membawa keunggulan kompetitif baru yang di cari konsumen. Itu terjadi dalam dunia teknologi, dimana banyak perusahaan-perusahaan teknologi yang jatuh bangun untuk mempertahankan branding mereka di pasaran, sebagai contoh teknologi Blackberry (RIM) akan kehilangan pasar pada tahun 2013 dan Android- Google akan berjaya menggantinkan peran sebagai smartphone yang dipilih konsumen.
Branding akan hilang dipasaran karena konsumen sudah tidak menyukainya, penurunan jumlah penjualan produk, peningkatan biaya produksi, kegagalan promosi, perusahaan bangkrut. Saat ini branding tidak diperkenalkan hanya melalui media massa dan media elektronik yang bersifat satu arah komunikasi, tetapi melalui media internet yang mempunyai dua arah komunikasi, konsumen juga menuntut produk-produk yang mereka beli harus mempunyai keunggulan dibanding produk sejenis dipasaran.
Sosial Media saat ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, perusahaan-perusahaan besar terus meningkatkan kualitas pemasaran dan terus menciptakan strategi-strategi baru untuk meningkatkan daya jual produk mereka, Samsung dan Apple walaupun kedua perusahaan ini masih bertarung di tingkat pengadilan, tetapi mempunyai strategi pemasaran yang sangat menarik untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Apple dan Samsung selalu menawarkan inovasi terbaru dari produk-produk yang mereka ciptakan, mereka bermain di area yang sama yaitu industri teknologi, mempunyai sumber daya manusia yang unggul, mereka melihat pasar sebagai sebuah ruang untuk inovasi.
Majalah Forbes dalam laporan Forbes Insight (Turn) melaporkan perusahaan akan mengalokasikan anggaran pemasaran sekitar 10-29% di sosial media dan ini akan semakin besar, itu berlaku untuk perusahaan besar dan perusahaan kecil. Sosial Media bersifat interaktif karena komunikasi yang ditawarkan bersifat dua arah, antara konsumen dan produsen. Produsen juga dapat memberikan informasi-informasi tentang produk-produk baru yang akan dijual dan waktunya sangat cepat. Sosial Media seperti Facebook mempunyai pengguna aktif 552 juta (950 juta angka keseluruhan) merupakan media promosi yang efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dari berbagai Negara.
Mempertahankan branding dalam jangka waktu yang lama dan tetap dikenal oleh masyarakat luas bukanlah pekerjaan yang mudah saat ini, sangat berat, ini adalah tugas yang sangat menantang bagi para Marketer, saat ini Marketer juga banyak memanfaatkan Twitter dengan pengguna aktif sekitar 170 juta, Twitter juga merupakan alat promosi yang sangat efektif dalam era pemesaran digital, menjangkau konsumen dalam jumlah besar, kita hanya memberi sebuah link dalam karakter sebanyak 140 karakter.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: