Melihat Dunia dan Kemudian Mengubah Dunia Oleh Septo Indarto (Team Double S)

20 Nov

Melihat Dunia dan Kemudian Mengubah Dunia
Oleh Septo Indarto
(Team Double S)

Apa yang And abaca dalam setiap otobiografi orang-orang terkenal dari seluruh dunia, tentunya hal yang pertama adalah semua orang mempunyai sebuah impian, karena semenjak kita kecil memang kita telah mempunyai sebuah impian, yaitu impian yang menjadikan diri kita berguna untuk diri sendiri dan orang lain. Itu hal yang wajar dan alami. Tetapi mengejar impian adalah hal yang tidak mudah kita memerlukan banyak sekali perjuangan dalam perjalanannya, kadang kita jatuh ke lubang kegagalan, kemudian kita bangkit lagi, hal itu adalah karena kita mempunyai sebuah passion (semangat hidup untuk meraih cita-cita).
Rahasia orang-orang sukses di seluruh dunia adalah mereka melihat dunia dan kemudian mengubah dunia, impian saja tidak cukup, itu memerlukan sebuah visi, kita harus tahu dulu atau mengenal terlebih dahulu mengenai lingkungan kita, apa kita sudah mengetahuinya atau belum, apa yang dibutuhkan oleh lingkungan kita, baru kemudian kita berpikir mengenai ide-ide yang tepat dan lalu mengimplementasikannya, walaupun dalam pertama kali menemui kegagalan, itu hal yang biasa, karena itu kita di tuntut harus terus inovatif dalam berkarya, karena akan menjadi cirri khas dari karya kita.
Anda tahu pemikir-pemikir besar dari berbagai bidang sebelum mereka melakukan aksi mereka, mereka melihat dulu apa yang terjadi dilingkungan sekelilingnya, kemudian berpikir cepat, mengimplementasikan ide-ide mereka, gagal lagi, merivisi, gagal lagi, merivisi, gagal lagi, merivisi, akhirnya sukses. Itu terjadi sudah ribuan tahun, kalau kita ambil garis sejarah kita ambil yang paling umum dan telah diketahui banyak orang, yaitu era Pemikiran Yunani Kuno. Para filsuf Yunani Kuno, mereka perlu perjuangan juga dalam menciptakan ide-ide yang hebat dan dapat diterima oleh masyarakat luas, memerlukan sebuah perenungan yang mendalam dan itu memerlukan waktu bertahun-tahun. Lihat karya-karya Plato, Socrates, Aristoteles. Mereka hidup penuh perjuangan dan selalu berpikir mengenai apa makna kehidupan bagi umat manusia.
Seperti kita ketahui, pada dasarnya manusia hidup tidak pernah puas dan selalu ingin mengembangkan pemikiran-pemikirannya. Oleh karena itu sejak ribuan tahun telah ada sekolah dan universitas sesuai dengan jamannya, tujuannya adalah mengumpulkan para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu untuk berkumpul dan mengimplementasikan ide-ide mereka. Manusia yang hidup ribuan tahun yang lalu mengenai perpustakaan Alexandria, perpusatakaan Alexandria adalah pusat perkembangan ilmu pengetahuan di masanya, mendorong kehidupan intelektual di masanya, karena perpustakaan ini berhasil mengumpulkan ribuan naskah-naskah ilmu pengetahuan (kuno) dari berbagai tempat.
Dunia ilmu pengetahuan terus berkembang dan membangun peradaban baru, manusia hidup terus berjalan sesuai dengan berjalannya waktu, karena waktu bersifat dinamis, artinya terus bergerak ke arah depan, peradaban-peradaban diseluruh dunia dibangun berdasarkan prestasi dari ilmu pengetahuan, peradaban Romawi Kuno di berbagai bidang juga adalah hal yang paling nyata kita lihat. Peradaban China Kuno juga merupakan bukti, China menjadi Negara yang mempunyai tradisi ilmu pengetahuan selama ribuan tahun dan itu terjadi sampai era saat ini atau yang kita kenal sebagai era modern.
Kemudian terjadilah era Revolusi Perkembangan Ilmu Pengetahuan, yaitu ketika agama Islam turun sebagai agama terakhir oleh Allah SWT, Allah SWT mengajarkan kepada umat manusia melalui agama Islam, kita diberikan cara-cara bepikir baru dengan lompatan besar ke depan (Quantum Leap), Islam adalah agama yang mengajarkan umat manusia tentang hukum-hukum Tuhan dan mengajarkan untuk memahami penciptaan alam semesta, perkembangan peradaban, masalah sosial politik, Teori Ekonomi modern, Astronomi paling mutakhir.
Dalam waktu singkat agama Islam melahirkan banyak peradaban baru diseluruh dunia, mulai dari Timur Tengah hingga ke Eropa Selatan (Andalusia), Islam memberikan pendekatan baru, memberikan arahan baru, memberikan sebuah nilai baru bagi peradaban dunia dan itu terjadi sampai saat ini. Sejarah ilmu pengetahuan menulis tanpa agama Islam, kemajuan peradaban umat manusia sangat lambat, agama Islam adalah yang membuka sebuah ruang baru dan cara berpikir baru yang menjadi landasan manusia modern diseluruh dunia untuk berevolusi dalam pemikiran ilmu pengetahuan.
Agama Islam mewarisi peradaban besar dan kemudian peradaban era Renaissance yang lahir di kota Florence (Italia) telah membuka arah baru bagi peradaban barat modern, hal yang spektakular dari warisan peradaban agama Islam adalah pada abad ke 18, lahirnya Revolusi Industri di kota-kota di Inggris, baik di London dan di Manchester.
Kemudian era Revolusi Industri di Inggris akhir era abad ke 18, Pangeran Albert dan Ratu Victoria banyak memberikan kontribusi luar biasa dalam perkembangan ilmu pengetahuan ke seluruh dunia, pangeran Albert juga seorang pendorong ilmu arsitektur di Inggris yang kemudian menyebar ke seluruh dunia, era Victoria di akhir abad ke 18 menjadi sebuah standar bagi perkembangan peradaban dunia.
Era Informasi, adalah perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat cepat sekali, ini juga bisa disebut sebagai era Megatrends, ilmu pengetahuan berkembang dan distribusikan ke seluruh dunia adalam hitungan detik, melalui jaringan internet. Budaya inovasi menjadi ikon setiap Negara, setiap Negara berlomba untuk menjadi yang terbaik satu sama lain. Ini adalah revolusi gelombang ilmu pengetahuan paling cepat karena dunia teknologi terus berkembang dan itu berlaku diseluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: