Indonesia Di Tahun 2030 Septo Indarto (Team Double S)

10 Nov

Indonesia  Di Tahun 2030

Septo Indarto (Team Double S)

 

Indonesia di tahun 2030 akan masuk dalam daftar tujuh besar ekonomi dunia, McKinsey Global Institute menulis laporan yang berjudul The Archipelago, Economy: Unleashing Indonesia’s Potential. Sudah sejak lama Indonesia diberikan kelebihan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, Indonesia adalah Negara yang terkaya dalam kekayaan sumber daya alam sejak lama, tetapi Negara ini harus lebih fokus kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya dalam menerapkan kebijakan inovasi teknologi, peningkatan kualitas pendidikan dan penerapan kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan era industri adalah salah satu solusinya. Indonesia yang mempunyai jumlah penduduk sebesar 240 juta jiwa juga akan mengalahkan kekuatan ekonomi Inggris dan Jerman. Negara Indonesia harus mempercepat pembangunan infrastruktur, pembangunan ketahanan pangan, fasilitas transportasi jalan dan angkutan umum yang memadai, stabilitas politik dan stabilitas keamanan. Indonesia sejak tahun 2010 sudah menjadi tempat bagi investor dunia untuk menanamkan modalnya baik di industri manufaktur dan industri keuangan. Daya tarik Indonesia adalah hal yang luar biasa, perkembangan kelas menengah dengan daya konsumsi yang kuat dan orang-orangnya gemar berbelanja adalah salah satu indikator bagi para investor global untuk melihat pasar Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus menguat di masa mendatang, tetapi hal yang lebih penting dari pertumbuhan ekonomi itu adalah distribusi pendapatan yang merata, letak geografis Indonesia juga sangat strategis di kawasan Asia, Indonesia dikelilingi Negara-negara industri Asia dan Australia. Indonesia mempunyai kedekatan geografis dengan Negara-negara industri baru di Asia dan Indonesia mengekspor produk-produk tersebut. Indonesia saat ini juga berada dalam kawasan Asia Tenggara yang merupakan kawasan pertumbuhan ekonominya paling dinamis di dunia, Asia Timur juga sangat dekat, Indonesia bisa memerankan peranan yang lebih penting, hal yang terpenting adalah kekuatan industri Indonesia harus berbasis riset seperti Korea Selatan, Jepang, Taiwan dan India.

Dalam masa lima sampai sepuluh tahun kedepan, Indonesia mampu menciptakan sekitar 90 juta kelas menengah, hal yang paling terpenting adalah pertumbuhan ekonomi harus didukung dengan pertumbuhan lapangan kerja, masyarakat generasi muda Indonesia juga sudah terlihat mempunyai semangat wiraswasta yang tinggi, kelompok generasi muda ini harus diberikan permodalan dan akses pasar oleh lembaga-lembaga keuangan. Daya tahan generasi muda Indonesia dalam menjalankan usaha adalah salah satu yang terbaik di dunia, yang menjadi inti solusi adalah dukungan pemerintah dan lembaga-lembaga swasta untu memberikan akses modal. Hal ini sangat penting karena setiap lapangan kerja bertambah dan ikut akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, generasi muda kreatif Indonesia sudah terlihat di kota Bandung, Jakarta dan Yogyakarta, mereka bukan saja kreatif tetapi ide-ide mereka bisa menggoncang dunia, hanya perlu dukungan. Banyak produk-produk inovatif Indonesia yang menjadi produk-produk kelas dunia, diantaranya radio kayu mango, ini saatnya bagi generasi muda kreatif Indonesia untuk bisa eksis dalam percaturan bisnis dan inovasi teknologi di dunia internasional.  

Indonesia akan memerlukan suplai energi yang meningkat dalam 20 tahun mendatang dan itu meningkat sekitar tiga kali lipat, pemerintah Indonesia harus melihat hal ini dengan sangat serius, kebutuhan energi digunakan untuk mobilitas ekonomi Negara dan masyarakat, jangan sampai suplai energi berkurang dan hal itu akan mengancam pertumbuhan ekonomi. Indonesia harus mampu memanfaatkan berbagai sumber daya energi yang tersedia di bumi Indonesia, penggunaan energi juga harus dikelola dengan perencanaan yang matang dan juga harga jual yang terjangkau bagi industri dan masyarakat luas. Sumber kekayaan energi Indonesia sangat melimpah khususnya gas alam, bahkan Indonesia mengekspor ke China, Jepang dan Negara lainnya. Sudah saatnya warga Negara Indonesia juga diberikan informasi yang cukup mengenai penggunaan energi yang ramah lingkungan dan efisien, karena ini menyangkut persediaan suplai energi di masa yang akan datang dan mulai dari saat sekarang hal itu harus dilakukan.  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: