Redesign Marketing Septo Indarto (Team Double S)

9 Nov

Redesign Marketing

Septo Indarto (Team Double S)

 

Perusahaan-perusahaan mapan diseluruh dunia banyak yang melakukan redesign marketing, tujuannya untuk bisa terus bertahan ditengah persaingan yang begitu ketat. Redesign berarti juga melakukan penyegaran untuk menghindari zona nyaman yang membuat perusahaan tidak akan mampu bersaing menghadapi persaingan saat ini dan dimasa yang akan datang. Redesign memerlukan ide-ide baru yang sangat inovatif tanpa itu redesign marketing tidak mempunyai makna apa-apa. Perusahaan-perusahaan baru sekarang banyak yang muncul dan dalam banyak kasus menjadi pesaing utama perusahaan-perusahaan lama yang telah mapan. Karena bisnis muncul dari ide-ide baru yang inovatif, sementara pasar hanya akan menerima produk-produk inovatif yang mampu untuk bersaing, jika tidak maka perusahaan-perusahaan akan menuju kehancuran, perubahan strategi sangat diperlukan, change management adalah tujuan utama untuk melihat sejauh mana perubahan harus dilakukan, sumber daya manusia apakah sudah siap ketika perubahan itu datang, sumber daya teknologi yang dimiliki perusahaan apakah mampu beradatapsi dengan perubahan zaman.

Microsoft juga melakukan redesign marketing, perusahaan ini telah dikenal orang selama tiga puluh tahun lebih, sangat familiar bagi para pengguna komputer, lima belas tahun yang lalu, tidak ada satu pun perusahaan yang mampu menyaingi kehebatan Microsoft, tetapi saat ini banyak sekali, antara lain Google dan Apple Computer. Lima belas tahun yang lalu sistem operasi Windows adalah standar operasi computer, sekarang ada iOS, Linux, dan Android. Perkembangan teknologi telah berubah banyak, Microsoft merancang logo baru yang simple tetapi mempunyai makna yang mendalam, itulah redesign marketing yang dilakukan Microsoft untuk melihat persaingan di masa depan. Perubahan terbesar pada logo itu ada pada ukuran huruf, nama huruf baru tersebut adalah Segoe, logo tersebut dibuat empat buat segi empat dengan warna-warna yang digunakan pada Windows (merah, biru,  kuning, dan hijau). Logo tersebut terinspirasi dari prinsip-prinsip desain produk Microsoft.  

Windows 8 yang diluncurkan 26 Oktober 2012, juga mengalami revolusi design, Microsoft berani menampilkan Metro display dalam tampilan Windows 8, Windows 8 dirancang untuk digunakan di komputer, PC Tablet, Smartphone. Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah sinergi dalam koneksi sistem operasi computer, dimana sistem operasi computer tidak hanya digunakan untuk komputer tetapi gadget yang lainnya. Windows 8 juga menggunakan touch screen, sehingga para pengguna komputer dapat menggunakannya dengan mudah dimana saja dan bisa saling terintegrasi dengan gadget-gadget yang lain yang menggunakan sistem operasi Windows 8. Untuk pasaran Tablet, Android masih merajai pasaran dan terus mengembangkan inovasi teknologi, karena Google adalah perusahaan yang mempunyai budaya inovasi yang kuat. Beberapa vendor perusahaan teknologi, seperti Samsung, Acer, Toshiba, Fujitsu mereka mengeluarkan notebook dan PC Tablet yang menggunakan Android dan Windows 8. Pasar teknologi akan semakin ramai dengan variasi produk yang ditawarkan, konsumen bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kindle Fire yang diluncurkan oleh Amazon.com sangat laris dipasaran, karena tablet ini bisa difungsikan sebagai e-reader (pembaca konten untuk majalah, buku, Koran) secara digital. Kindle Fire dijual seharga USD 199, harga ini sangat murah dan terjangkau oleh konsumen, dalam waktu 9 bulan setelah masa peluncurannya, Kindle Fire dapat merebut sekitar 22% dari market share for Tablet Product di Amerika. Sebenarnya Amazon.com rugi sebesar USD 10 ketika menjual Kindle Fire dengan harga yang murah, biaya produksi untuk perangkat keras sebesar USD 199,65 dan jika ditambah biaya ongkos produksi menjadi USD 209,63, jadi ada selisih kerugian USD 10. Dimana Amazon.com akan mendapatkan keuntungannya? Keuntungan didapat dari penjualan konten-konten yang ada di web site, bisa berasal dari buku, lagu, film, majalah. Jadi Kindle Fire bisa mengakses e-store amazon.com disitulah perusahaan ini mendapatkan keuntungan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: