Ketika Rusia Melihat Asia Septo Indarto (Team Double S)

9 Nov

Ketika Rusia Melihat Asia
Septo Indarto (Team Double S)

Rusia dibawah kepemimpinan Vladimir Putin menunjukkan progress yang cukup bagus dalam pembangunan ekonomi, kemajuan teknologi luar angkasa yang di masa lalu sangat Berjaya di era Uni Sovyet saat ini dihidupkan kembali untuk kepentingan komersial dan kepentingan lainnya. Kebijakan ekonomi internasional Russia saat ini adalah melihat Asia sebagai partner yang sangat penting untuk bisnis dan perdagangan. Rusia adalah tempat yang sangat besar dan juga pasar yang sangat besar, kebangkitan ekonomi sudah terlihat, Rusia saat ini juga sudah merubah haluan ekonominya dari Negara sosialis menjadi Negara Kapitalis. Rusia lebih melihat China, Brasil, Indonesia, Afrika Selatan, Korea Selatan, India sebagai sebuah kekeuatan ekonomi baru dan bisa menjadi partner Russia dalam bidang ekonomi dan riset teknologi.
Rusia mempunyai sumber daya manusia yang unggul dalam riset teknologi, produk-produk teknologi tinggi Russia sejak lama telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat dunia, teknologi dirgantara mulai bangkit, walaupun perusahaan Sukhoi mengalami beberapa kali kecelakaan, tetapi Negara ini tidak pernah merasa menyerah untuk menjadi Negara terbaik dalam menciptakan produk-produk yang berkualitas tinggi. Industri militer Rusia salah satu yang terbaik di dunia, Rusia juga mampu memasarkan industri militer mereka ke China, Indonesia, India, Malaysia dan Negara-negara Asia lainnya.
Vladimir Putin mengembangkan Vladivostok yang berpenduduk hanya sekitar 600.000 jiwa dengan dana investasi sebesar 21 miliar dollar Amerika, pembangunan sangat modern, ini merupakan sinyal kuat bagi Vladimir Putin bahwa kekuatan geopolitik Rusia telah berubah dari Eurosentris menjadi Asiasentris, Putin melihat perkembangan kawasan Asia melaju dengan dinamis tanpa terkena pengaruh krisis global, walaupun ekonomi Asia berjalan lambat tetapi terus melaju, nilai investasi di Asia saat ini adalah yang paling besar di dunia untuk dana infrastruktur, industri keuangan, industri pariwisata, industri pengembangan teknologi tinggi.
Kunci utama dua kekuatan besar di dunia, saat ini bisa dimulai dengan kerjasama Rusia-China sebagai pelaku ekonomi terbesar di dunia dan kemudian merambah ke kerjasama dengan Negara-negara Asia lainnya. Asia sudah sangat layak menjadi mitra strategis Rusia di bidang ekonomi dan di bidang teknologi. Rusia sedang bangkit dan Asia sedang dalam mobilisasi kemajuan ekonomi. Rusia menawarkan apa yang dibutuhkan Asia, sedangkan Asia bisa melihat Rusia menjadi pasar potensial bagi produk-produk Asia untuk di jual di Russia. Kawasan Asia adalah kawasan yang sangat dinamis untuk kemajuan ekonomi, kawasan Asia selalu tumbuh dengan angka pertumbuhan diatas 5%, sehingga pertumbuhan ekonomi Asia, menyebabkan Asia harus terus melakukan inovasi marketing untuk menjual produk-produk mereka dan Rusia adalah tempat yang layak untuk dijadikan pasar untuk produk-produk Asia. Asia juga menawarkan kekayaan sumber daya alam dalam jumlah besar, khususnya dalam bidang energi, di Asia banyak sekali Negara-negara yang mempunyai perseediaan sumber daya alam untuk mensuplai energi bagi pembangunan dan industri, Rusia sangat membutuhkan hal ini untuk kepentingan industri domestik yang terus berkembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: