Poka Yoke Septo Indarto- Catatan (Team Double S)

6 Nov

Poka Yoke

Septo Indarto- Catatan

(Team Double S)

 

Poka Yoke adalah istilah yang berasal dari bahasa Jepang yang diperkenalkan oleh Shigeo Shingo, seorang insinyur di perusahaan Matsushita Manufacturing. Dalam bahasa Inggris, Poka Yoke bisa diartikan sebagai Mistake Proofing artinya menghindari kesalahan dari sebuah produk yang digunakan oleh pengguna atau konsumen. Istilah ini digunakan untuk pengendalian mutu  dari sebuah produk.

Inti dari Poka Yoke adalah pelayanan kepada konsumen. Tujuannya adalah agar konsumen selalu merasa puas menggunakan produk tersebut dan akan terus menggunakan produk tersebut. Hal ini berkaitan dengan kepuasan konsumen karena kualitas produknya. Tetapi pada perkembangannya Poke Yoke tidak hanya digunakan untuk sebuah barang tetapi juga pelayanan. Metode ini ssebagai sebuah standar bagi perusahaan yang fokus kepada pelayanan konsumen, sehingga terus menerus ditingkatkan untuk menghindari kesalahan.

Di Negara-negara maju semua pelayanan baik oleh swasta maupun pemerintahan sudah menggunakan Poka Yoke. Dari membayar pajak, berbelanja kebutuhan sehari-hari, parker kendaraan, pergi menggunakan transportasi publik. Karena Poka Yoke telah digunakan sebagai standar pelayanan kepada publik, pelayanan akan terus di evaluasi setiap waktu untuk mengetahui kelebihan dan kekuarangannya.

Contoh, ketika kita pergi ke sebuah stasiun kereta, sebagai orang yang pertama kali datang ke stasiun tersebut kita mampu dengan mudah mendapatkan informasi-informasi mengenai rute perjalanan kereta, mulai dari jam keberangkatan, jam tiba di tempat, berapa stasiun yang harus kita lalui, berapa menit kereta akan berhenti di setaip stasiun. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: