Kultur Pengusaha Bisa Diciptakan dan Dikembangkan Mulai dari Universitas (Septo Indarto Team Double S)

5 Nov

Kultur Pengusaha Bisa Diciptakan dan Dikembangkan
Mulai dari Universitas
(Septo Indarto Team Double S)

Kultur pengusaha bisa diciptakan dan dikembangkan mulai dari universitas. Universitas bukan hanya tempat belajar saja tetapi juga merupakan laboratorium bagi seorang mahasiswa untuk belajar hal-hal baru dan langsung mengaplikasikannya. Begitu juga dengan dunia bisnis, bisa didiperkenalkan sejak mahasiswa di tahun pertama belajar di universitas. Hal ini mempunyai tujuan jangka panjang yang sangat positif sekali, karena mahasiswa akan menjadi lebih terlatih dan disiplin dalam membagun sebuah managemen waktu antara belajar dan bekerja. Pendidikan ilmu bisnis dan ilmu managemen adri awal adalah langkah yang positif bagi perkembangan mental seorang mahasiswa untuk lebih optimis melihat masa depannya ke arah yang lebih baik.
Ketika krisis ekonomi terjadi diseluruh dunia, ini adalah kesempatan yang paling baik untuk melahirkan generasi dengan kultur bisnis yang kuat, ketika Negara tidak berdaya menghadapi krisis, dimana utang Negara sudah sangat sulit di lunasi yang ada hanya satu kebijakan yaitu penghapusan hutang, kemudian lembaga-lembaga keuangan di tutup, maka yang terjadi adalah krisis ekonomi yang menyebabkan pengangguran dalam jumlah besar. Oleh karena itu perlu didirikan khusus bank untuk memberikan modal bagi pengusaha baru (start up entrepeneurship), bank ini bertujuan membantu para pengusaha muda yang muncul dari universitas-universitas atau lulusan baru dari universitas untuk memulai usaha baru di tengah masyarakat. Orang-orang muda selalu mempunyai ide-ide baru yang brilian, jika penggabungan ide dan bisnis digabungkan secara bersama-sama maka hasilnya pun akan luar biasa. Kultur bisnis mulai harus diperkenalkan, universitas bisa memberikan kesempatan kepada orang-orang yang berpengalaman untuk membantu mahasiswa-mahasiswa untuk belajar dan magang untuk bisnis di perusahaan-perusahaan mereka. Universitas diharapkan bukan hanya menjadi tempat untuk belajar, tetapi bisa menciptakan mindset baru tentang dunia bisnis kepada para mahasiswa. Segala sesuatunya harus diajarkan kepada kemandirian untuk bisnis. Ide-ide bisnis yang muncul harus diserap oleh pihak universitas, kemudian dikembangkan menjadi bisnis yang nyata. Perlu juga ada pelatihan motivasi dari para motivator yang berkaitan tentang sukses dan gagal dalam dunia bisnis, sehingga jika sukses mereka tidak merasa cepat puas dan jika mereka gagal, mereka tidak langsung putus asa.
Menjadi seorang pengusaha dibutuhkan persiapan yang matang, karena ini menyangkut masa depan bisnis yang akan dijalankan, dan bagaimana mengembangkan bisnis dengan ide-ide baru atau menjual produk-produk baru ketika persaingan semakin ketat. Dunia teknologi saat ini berkembang sangat pesat, kekuatan internet banyak membantu para pengusaha untuk terus belajar mengembangkan ide-ide baru dan belajar memahami karakteristik pasar yang selalu berubah-rubah setiap saat.
Belajar ilmu-ilmu pemasaran adalah salah satu hal yang penting dan juga bagaimana mengembangkan potensi diri kita untuk lebih tahan banting ketika kita mulai siap untuk memasuki dunia bisnis yang nyata. Oleh karena itu peran seorang konsultan bisnis yang berpengalaman adalah hal yang penting untuk membantu para mahasiswa untuk mengembangkan bisnis mereka, supaya mereka tahu risiko yang mereka sedang hadapai dan bagaimana menyelesaiakannya.
Diperlukan kunjungan ke perusahaan-perusahaan dan juga lembaga-lembaga konsultan bisnis oleh para mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide yang mereka miliki untuk dapat dikembangkan. Pengembangan ide akan selalu mengalir selama manusia hidup, ide-ide baru akan selalu menggantikan ide-ide sebelumnya. Ini adalah kehidupan yang dinamis, karena manusia tidak pernah merasa puas, begitu juga dalam dunia bisnis, ide-ide baru akan selalu muncul dan akan diterima pasar, pasar adalah tempat untuk kreativitas, karena pasar akan menjadi tempat untuk inovasi sebuah ide dan sebuah produk, dimana konsumen akan melihat, memilih dan membelinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: