Birokrasi yang Inovator 2 Septo Indarto (Team Double S)

3 Okt

Birokrasi yang Inovator 2
Septo Indarto (Team Double S)

Dalam percaturan global, Indonesia harus mempunyai birokrasi yang inovator, para pegawai birokrasi harus diubah mindsetnya saat ini. Mereka bukan hanya sekedar pegawai pemerintahan tetapi harus menjadi tulang punggung pemerintah dalam memberikan sebuah pelayanan terbaik kepada masyarakat. Indonesia saat ini harus bersaing dengan Negara-negara lain, khususnya Negara-negara di Asia dalam persaingan global, kemampuan produktivitas para pegawai birokrasi akan membantu pemerintah dalam menciptakan daya saing Indonesia dengan Negara-negara lain. Birokrasi adalah garda terdepan dalam memuwujudkan hal ini, karena para pegawai birokrasi adalah yang langsung terjun ke lapangan. Saat ini yang menjadi banyak kendala adalah masih banyak para pegawai birokrasi yang ditempatkan pada bidang pekerjaan tidak sesuai dengan pendidikan. Meraka hanya berpikir lebih kearah bagaimana menyelesaikan tugas-tugas administrasi sesuai target, akibatnya perkembangan kualitas sumber daya manusia kalah di bandingkan para pegawai birokrasi di Negara-negara lain.
Peningkatan kualitas para pegawai birokrasi saat ini adalah hal yang mutlak dan tidak boleh ditunda lagi. Pemberian pelatihan atau training secara berkelanjutan adalah salah satu solusi yang dapat menciptakan kemajuan dari kualitas para pegawai birokrasi tersebut. Di mata para investor dunia, Indonesia tetap menjadi sebuah Negara yang sangat menarik untuk berinvestasi, oleh karena itu kemampuan para pegawai yang bekerja di lembaga birokrasi adalah hal yang mutlak, mereka dalam jangka panjang akan dapat menyukseskan program-program pemerintah, harus diingat bahwa Indonesia saat ini termasuk dalam radar investasi global.
Dalam jangka panjang kemampuan produktivitas para birokrat akan membantu daya saing Indonesia, khususnya dalam hal perdagangan dunia, ukuran pasar Indonesia saat ini masih menjadi tempat yang menarik dan menurut laporan WEF(2012), peringkat Indonesia berada diurutan 16 dari 144 negara dunia, ini adalah sebuah survei tahunan. Indonesia dinilai mempunyai persediaan sumber daya alam yang sangat kaya raya, kelas menengah yang terus berkembang. Ini adalah sebuah potensi yang besar yang harus dikembangkan secara berkelanjutan dengan visi dan misi yang besar untuk melihat jangka panjang.
Saat ini sikap kita tidak boleh hanya menunggu tetapi harus aktif. Para pegawai birokrasi harus mampu mempromosikan potensi-potensi kelebihan Negara Indonesia kepada masyarakat dunia, kemampuan marketing adalah hal yang mutlak. Negara-negara lain telah melakukan terlebih dahulu, sementara para pegawai birokrasi Indonesia sangat terlambat membaca perubahan dunia yang telah berubah banyak. Diperlukan gagasan besar dalam perubahan gaya bekerja (Change Management) para pegawai birokrasi Indonesia. Pemerintah harus membuat desain baru mengenai gaya bekerja para pegawai birokrasi di Indonesia, karena hal ini merupakan sebuah keharusan untuk menciptakan sebuah persaingan yang luar biasa dengan Negara-negara lain. Saat ini kita hidup dalam sebuah dunia yang lebih terbuka tetapi persaingan lebih keras. Hal ini disebabkan kemajuan teknologi komunikasi yang didukung oleh teknologi informasi yang sangat cepat. Kemampuan para pegawai birokarsi untuk mempelajari kemajuan dari perkembangan teknologi informasi adalah hal yang mutlak.
Pemerintah harus membuat sebuah program-program baru dengan tujuan memperbaiki kinerja para pekerja lembaga birokrasi, seperti pelatihan change management, marketing, leadership, technology dll. Yang diharapkan dari program-program itu adalah birokrasi yang efisien dan akan melayani publik dengan lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: