Indonesia dan Pembangunan dibidang Infrastruktur Septo Indarto (Team Double S)

22 Agu

Indonesia dan Pembangunan dibidang Infrastruktur
Septo Indarto (Team Double S)

Dalam era globalisasi yang ditandai dengan meningkatkan mobilitas ekonomi, seperti industry dan perdagangan maka pembangunan dibidang infrastruktur adalah hal yang mutlak dan tidak bisa ditunda-tunda kembali. Pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, gedung, rumah bagi masyrakat, bandara, pelabuhan, tentunya membutuhkan biaya yang besar, karena ini adalah hal yang vital bagi setiap Negara, termasuk Indonesia. Pembagunan infrastruktur adalah sebagai sebuah pelayanan yang diberikan oleh Negara kepada rakyat sebagai unsur pembangunan nasional, dana infrastruktur bisa diperoleh:
1. Dana Masyarakat yaitu dari pajak.
2. Pinjaman luar negeri dengan bunga yang telah disepakati.
3. Sumber-sumber dana yang lain.
Pembangunan infrastruktur yang berkualitas akan menciptakan kemakmuran masyarakat. Hal yang harus dipikirkan adalah kita harus mampu membangun sebuah infrastruktur yang saling terintegrasi satu sama lainnya. Karena ini merupakan sebuah kemampuan sebuah bangsa dalam melaksanakan pembangunan.
Sering kali kita melihat jalan rusak, gedung tidak terurus, jembatan yang rusak, akses jalan ke tol macet total. Ini adalah gambaran yang sangat buruk dan tidak bisa terus-menerus terjadi, karena orang luar negeri akan menilai kemampuan kita dalam mengelola sebuah Negara, apakah mampu atau tidak.
Infrastruktur yang rusak tentunya akan menyebabkan ekonomi biaya tinggi yang pada akhirnya akan membebani Negara dalam mengelola ekonomi dan perdagangan ini akan menyangkit langsung dengan posisi kita dalam persaingan internasioanal, khususnya perdagangan internasional, karena harga produk kita akan menjadi lebih mahal, sehingga tidak kompetitif pada akhirnya kita akan kalah dalam persaingan. Pembangunan infrastruktur akan mendukung kegiatan vital perekonomian, khususnya jalur distribusi barang untuk melancarkan kegiatan ekonomi ke semua daerah. Perencanaan yang matang dalam membangun infrastruktur adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Kemajuan infrastruktur akan dinilai oleh semua Negara di dunia sebagai sebuah prestasi kemajuan ekonomi dari sebuah Negara.
China saat ini adalah satu contoh Negara yang paling giat dalam pembangunan infrastruktur, tujuannya hanya satu menjadikan China sebagai Negara ekonomi terkuat di dunia. Pemerintah China membangun infrastruktur di seluruh Negara untuk mendistribusikan kemakmuran dan kemajuan ekonomi. Shanghai sebagai kota dengan infrastruktur yang paling modern di China dijadikan sebuah contoh untuk membangun infrastruktur yang modern.
Di Indonesia, provinsi Jawa Timur adalah salah satu daerah provinsi yang giat melakukan pembangunan infrastruktur bahkan pertumbuhan ekonominya bisa menyamai pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta sebesar 13%. Ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa. Peningkatan pembangunan infrastruktur bukan hanya untuk menopang kegaiatan ekonomi lokal semata tetapi juga mempersiapkan persaingan daerah dengan daerah lain untuk menjadi daerah unggulan yang patut diperhitungkan, oleh karena itu selain menyediakan anggaran, pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib membangun kualitas sumber daya manusia, sehingga semua program pembangunan infrastruktur dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan tidak adanya dana yang bocor sebagai lahan basah untuk korupsi.
Saat ini diseluruh dunia, semua Negara menyiapkan anggaran untuk pembangunan infrastruktur, supaya bisa bersaing dalam percaturan ekonomi global, hal yang utama adalah untuk menarik investor dunia untuk menanamkan modal usaha yang pada akhirnya akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas ekonomi hidup masyarakat. Kesadaran pembangunan infrastruktur sudah terjadi selama ratusan tahun yang lalu, contohnya pembagunan jalur sutera adalah jalur perdagangan yang mampu menghubungkan dunia barat dan dunia timur, Amerika Serikat selama Perang Dunia I dan Dan II serta paska (sesudahnya) membangun infrastruktur yang diperlukan masyarakat, tujuannya supaya Amerika tetap menjadi pemain global yang penting untuk bidang ekonomi internasional dan politik internasional. Pembangunan infrastruktur yang sesuai dengan target dan pengawasan yang ketat juga mampu memberikan kontribusi ekonomi untuk peningkatan pendapatan masyarakat dalam kegiatan perekonomian. Ini adalah faktor yang harus diperhatikan oleh setiap Negara di dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: