Hubungan Dagang Amerika-Indonesia Oleh Septo Indarto (Team Double S)

16 Agu

Hubungan Dagang Amerika-Indonesia
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Saat ini Indonesia berperan penting bagi sektor ekspor kami, tahun lalu ekspor Amerika dari Indonesia sebesar US$ 19 miliar (Jose Fernandez, Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Bidang Ekonomi dan Bisnis)
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi menjadi tujuan strategis Amerika dalam menjual produk-produk Amerika pasar Asia, khususnya pasar Indonesia. Pertumbuhan perekonomian Indonesia yang tinggi merupakan faktor yang sangat penting untuk tujuan perdagangan dan investasi Amerika Serikat. Hubungan ekonomi Amerika-Indonesia telah berjalan cukup baik, Amerika sangat tertarik untuk mengembangkan investasi di bidang infrastruktur, di bidang teknologi pertanian dan teknolologi pengembangan Biofuel.
Total investasi Amerika di Indonesia saat ini berjumlah US$ 1,5 miliar di bidang infrastruktur dan di bidang teknologi pertanian. Amerika telah menandatangani nota kesepahaman (MOU/Momerandum of Understanding) dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang berkaitan dengan kerja sama pembangunan infrastruktur di Indonesia hari Rabu 8 Agustus 2012.
Amerika saat ini sedang melihat ke wilayah Pasifik untuk pengembangan perdagangan luar negeri, karena pasar Eropa (Atlantik) sedang mengalami kelesuan karena krisis ekonomi. Pemerintah Amerika berharap kerjasama dengan Pemerintah Indonesia dalam membangun infrastruktur segera dapat terwujud, dampak dari investasi bagi Indonesia adalah dapat menciptakan lapangan kerja baru, sedangkan untuk Amerika dapat memutar modal di luar negeri, karena perekonomian Amerika yang masih tumbuh rendah, jadi perlu ada perputaran modal untuk terus melangsungkan ekspansi bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: