Bekerja dengan Hati yang Senang Septo Indarto (Team Double S)

16 Agu

Bekerja dengan Hati yang Senang
Septo Indarto (Team Double S)

Apa yang Anda rasakan ketika Anda bekerja dengan hati yang senang, tentunya hal ini sangat membahagiakan diri Anda. Ini tentunya akan menciptakan hasil yang baik karena meningkatkan kualitas kerja Anda dan itu merupakan hal yang positif untuk terus membuat Anda selalu produktif disetiap waktu serta tidak akan menjadi sebuah masalah yang besar ketika beban pekerjaan yang harus dilakukan karena perusahaan mempercayakan sebuah pekerjaan kepada Anda, hal ini disebabkan karena perusahaan mengetahui bahwa diri Anda mempunyai sebuah kualitas yang layak dan mempunyai sebuah kontribusi yang besar kepada perusahaan.
Kebahagiaan yang anda rasakan adalah sebuah kondisi yang dirasakan dalam hati yang senang dan merupakan gabungan dari faktor hubungan Anda dengan Tuhan (Teologis) dan hubungan kejiwaan seseorang (Pribadi). Kebahagiaan harus diciptakan, karena orang yang merasa bahagia akan selalu puas dengan apa yang telah dilakukannya dan terus ingin meningkatkan kualitas diri mencapai sebuah hasil yang maksimal.
Orang yang selalu merasa bahagia akan mencapai kualitas hidup yang diinginkan, mempunyai cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain, hubungan yang harmonis dengan isteri, mempunyai rasa kasih sayang kepada keluarga, menerima masukan pendapat dari orang lain untuk kemajuan dirinya, secara jasmani dan rohani dia sehat, serta mempunyai prestasi yang bagus dalam bekerja.
Kebahagiaan kehidupan pribadi, kebahagiaan di tempat bekerja, kebahagiaan di rumah adalah sebuah kombinasi yang luar biasa untuk mencapai prestasi terbaik dalam hidup Anda. Kebahagiaan sesuatu yang ada dalam diri Anda, kebahagiaan tidak dapat dibeli dengan uang karena kebahagiaan berasal dari dalam diri Anda.
Saatchi & Saatchi (Perusahaan konsultan dari Amerika) membahas mengenai kebahagiaan ada tiga factor yang saling terhubung:
1. Positive Subjective Experiences (Bersifat individu, seperti perasaan bahagia, perasaan nikmat, perasaan nyaman, perasaan kepuasan).
2. Positive Individual Traits (Yaitu kekuatan karakter, tekad, bakat, fokus perhatian dan nilai-nilai).
3. Positive Institutions (Keluarga, sekolah, pendidikan, bisnis, pekerjaan, masayarakt, sosial dan agama).
Dalam membahas ketiga hal tersebut Saatchi &Saatchi menyebutnya sebagai Personal Sustainbility Project (PSP), tujuannya adalah ketiga factor tersebut saling terinterkoneksi sehingga menciptakan karyawan yang lebih bahagia, sehat, dan mempunyai daya tahan terhadap banyak tekanan ditempat kerja.
PSP terdiri dari tiga tahap:
1. Self Efficacy, yaitu individu yang memilki tekad dan berusaha untuk mencapai apa yang menjadi cita-cita dan keinginan tanpa harus didirong oleh orang lain. Kuncinya adalah tekad yang kuat, dia akan terus mengejar cita-cita atau tujuan sampai berhasil dan terus meningkatkan kualitas diri.
2. Self Management, yaitu mengatur dirinya untuk meraih tujuan hidup atau cita-cita yang dia telah tetapkan, belajar adalah kuncinya, sperti mengikuti pelatihan dan workshop, individu merasa hal ini akan menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan diri dalam meraih cita-citanya.
3. Social Support, individu yang mempunyai keyakinan begitu kuat dalam dirinya, biasanya hal ini didukung oleh lingkungan sosial yang selalu member dukungan moral kepada individu untuk terus melangkah maju dan terus meningkatkan kualitas diri.
PSP akan menciptakan peningkatan interkoneksi tiga faktor positif menjadi sebuah kekuatan dan kebahagiaan, tujuannya supaya setiap orang dapat bekerja lebih produktif, mengubah sikap pesimis menjadi sikap optimis supaya mereka mempunyai motivasi untuk melangkah lebih maju dalam bekerja. Intinya adalah bagaimana saat ini kita memperlakukan seorang individu mendapatkan perhatian dari lingkungan dia bekerja, dihargai, diberikan sebuah motivasi sehingga dapat menciptakan sebuah kekuatan dan kebahagiaan dan dalam jangka panjang akan memberikan kontribusi besar kepada perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: