Mitt Romney Vs Barack Obama 2012 Oleh Septo Indarto (Team Double S)

10 Agu

Mitt Romney Vs Barack Obama 2012
Oleh Septo Indarto (Team Double S)
Pertarungan terbesar dalam pemilihan presiden Amerika Serikat adalah bagaimana merebut suara dari kaum independen, kaum ini adalah kaum yang netral tetapi mempunyai pengaruh besar dalam memberikan suara dalam pemilihan presiden Amerika. Kaum ini adalah kaum yang sangat kritis terhadap calon presiden yang akan maju, terutama mengenai program-program kampanye, apakah bisa diterima dan dijalankan atau program tersebut tidak sesuai harapan rakyat. Kelompok ini harus menjadi perhatian serius calon presiden Amerika, calon presiden tidak harus berada dalam terlibat jauh dalam kelompok tersebut, tetapi harus menyebar di sejumlah kelompok. Mereka adalah kelompok yang tidak memihak salah satu calon, tetapi tetap akan memberikan suara yang penting ketika pemilihan presiden akan diselenggarakan November 2012, mereka memilih presiden karena merasa puas terhadap program yang akan dijalankan sewaktu calon presiden menjelaskan program-program tersebut di masa kampanye.
Dana kampanye yang cukup juga merupakan sebuah senjata untuk menghadapi pertempuran debat dalam waktu yang sangat lama hingga bulan November.Mitt Romney berhasil mendapatkan dukungan dana dari kalangan korporasi besar, tokoh kunci dibalik sukses mendapatkan dana berasal dari Karl Rove, dia adalah tokoh penting sejak era presiden Bush Jr. (George Walker Bush).Karl Rove dikenal sebagai seorang politisi dan pemikir yang hebat, dia berhasil menghimpun dana yang berasal dari jaringan Super Political Action Committee (Super PAC) yaitu Restore Our Future dan American Crossroad yang juga merupakan salah satu jaringan dana partai Republik dan telah mempunyai target sebesar US$250 juta.
Sementara presiden menjabat Barack Obama mendapatkan dukungan dana dari korporasi-korporasi besar seperti Dreamworks Animation yang memberikan dana sebesar US$ 2 juta, pelawak Bill Maher sebesar US$ 1 juta yang diberikan kepada Priorities USA Action.
(Super PAC adalah jaringan pendanaan yang diatur oleh hukum federal berdasarkan keputusan Mahkamah Agung Amerika pada tahun 2010, tujuannya dana tersebut hanya diperbolehkan untuk membayar kampanye melalui media massa, dilarang digunakan untuk kampanye secara langsung, jumlah dana tidak terbatas untuk diberikan, dana bisa terkumpul dari individu, korporasi, serikat kerja).
Pertarungan dalam kampanye masih terus membahas mengenai masalah kebijakan luar negeri Amerika Serikat, kebijakan ekonomi: kebijakan pajak tinggi-Obama vs pajak lebih rendah-Romney, kontrol pemerintah vs ekonomi pasar, belanja lebih banyak vs belanja lebih sedikit.
Dalam kebijakan luar negeri, Obama masih lebih unggul, karena berhasil menumpas jaringan inti Al Qaeda dan terbunuhnya Osama Bin Laden, pemerintah Amerika memberi dukungan moral dan dana lahirnya revolusi damai di Timur Tengah sehingga tidak membuang energi dan dana yang cukup besar. Pemerintahan Obama masih lebih berhasil dalam menjaga kestabilan politik di Timur Tengah dengan sikap yang terus mengawasi perkembangan dan memilih kebijakan yang diterapkan yang disesuaikan dengan keadaan, sementara Romney menginginkan peran militer Amerika di perbesar kembali seperti era presiden George Walker Bush, tetapi masalahnya saat ini Amerika sedang mengalami krisis ekonomi, penguatan peran militer akan membutuhkan dana yang cukup besar dan ini akan berpengaruh kepada perbaikan kondisi perekonomian Amerika. Dunia saat ini menunggu perbaikan ekonomi Amerika ke arah normal, kestabilan ekonomi dunia akan terus terganggu jika perekonomian Amerika masih dalam tahap pemulihan dan krisis, hanya China yang bisa diandalkan saat ini untuk memacu pertumbuhan ekonomi global untuk investasi dan konsumsi.
Daya Saing Produk Amerika di Masa Depan
Produk-produk manufaktur Amerika adalah salah satu yang terbaik kualitasnya di dunia, selama lebih dari 30 tahun produk-produk Amerika telah menjadi standar global dalam hal kualitas. Tetapi perkembangan jaman, banyak Negara-negara lain yang belajar dari Amerika untuk menciptakan produk-produk manufaktur yang berkualitas dengan harga yang lebih murah untuk dijual, saat ini hal itu yang menjadi ancaman bagi produk-produk manufaktur Amerika, pasarnya terus merosot karena kalah bersaing dengan produk-produk Negara lain dengan kualitas yang sama tetapi harga lebih murah. Ini yang menyebabkan inovasi sangat telat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur Amerika saat ini.
Hal ini yang harus menjadi fokus bagi setiap calon presiden Amerika. Amerika adalah simbol pasar dunia, tetapi lebih dari 60% yang saat ini Berjaya adalah produk dari Negara lain di Amerika, bahkan Amerika juga kalah bersaing di pasar internasioanal. Amerika masih memiliki industri film yang mempunyai jangkaun global tetapi alat-alat produksinya di produksi oleh merek-merek internasional, Amerika mempunyai industri otomotif dengan kualitas yang bagus tetapi kalah dalam segi harga dan promosi dari produk Asia dan Eropa, Amerika memiliki jaringan industri makanan fast food yang masih menjadi ikon global dan tetap masih bertahan sampai saat ini, kekuatan industri manufaktur komputer Amerika juga akan lebih bergantung dengan produk-produk Asia dari materi komponen industri pendukungnya, Apple dan Dell saat ini masih mampu bersaing di pasar Amerika, tetapi Samsung, Sony, Acer, Asus akan terus memperluas pasar di Amerika dengan inovasi yang jauh lebih cepat dan unggul dimasa mendatang.
Awal masa jabatan presiden Barack Obama difokuskan untuk menyelesaikan masalah ekonomi nasional, salah satu programnya adalah mendukung kebijakan industri eco green yang berhasil menciptakan banyak inovasi produk industri yang ramah lingkungan dan juga berhasil menciptakan lapangan kerja bagi rakyat Amerika. Amerika memasuki sebuah era baru yaitu eco industri, produk-produk yang diciptakan aman bagi konsumen dan tidak merusak lingkungan, maka banyak sekali inovasi-inovasi dibidang eco industri seperti mobil listrik Chevy Volt, peralatan rumah tangga eco green, rumah dengan konsep going green, pembangkit tenaga listrik dengan tenaga matahari yang terus disempurnakan. Ini adalah program kebijakan ekonomi yang bagus yang harus dilanjutkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: