Robben: Banyak Pemain Belanda Egois

17 Jun

Robben: Banyak Pemain Belanda Egois
Ferril Dennys | Daniel Sasongko | Minggu, 17 Juni 2012 | 07:01 WIB
KHARKIV, KOMPAS.com – Rasa egois dari setiap pemain yang membuat prestasi Belanda compang-camping di Piala Eropa 2012. Arjen Robben mengimbau rekan-rekannya menyingkirkan egonya dan berjuang keras dalam kesempatan terakhir melawan Portugal, Minggu (17/6/2012).

“Der Oranje” yang digadang-gadang sebagai favorit juara terancam angkat koper. Tim besutan Bert van Marwijk mengalami dua kekalahan beruntun dari Denmark (0-1) dan Jerman (1-2) sehingga harus terdampar di dasar klasemen Grup B.

“Kami mengalami kesulitan di grup ini karena ego besar dari banyak pemain. Setelah Piala Dunia 2010, mereka mungkin telah menjadi pemain besar. Hal itu mempersulit kami,” ungkap Robben.

“Jika ingin bersama mencapai sesuatu, Anda harus mengesampingkan ego. Anda harus berjuang sebagai tim untuk mendapatkan kembali rasa tak terkalahkan. Hal itu tidak bisa datang dengan sendirinya,” tegasnya.

Robben berharap timnya tetap bekerja keras dalam laga terakhir melawan Portugal meskipun peluang lolos ke babak perempat final nyaris mustahil.
“Sekarang yang paling penting menyingkirkan pikiran negatif dan berjuang untuk kesempatan terakhir,” tutur gelandang Bayern Muenchen tersebut. (GL)

Ketika Anda membaca berita yang dikutip dari Kompas diatas judulnya sangat mengejutkan, Negeri Belanda yang dikebal sebagai tiyang tangguh ternyata harus mengalami kekalahan menyakitkan dalam dua pertandingan awal, apa yang terjadi dengan tim nasional Negeri Belanda yang telah dikenal sebagai negeri sepak bola modern dengan konsep total footballnya.
Kelemahan yang muncul adalah lemahnya kerja sama tim, menurut Robben banyak pemain yang egois, padahal untuk ikut serta dalam event sepak bola piala Eropa, kerja sama tim adalah kekuatan untuk dapat memenangkan setuiap pertandingan. Negeri Belanda membutuhkan kerja keras dalam turnamen ini untuk mendapatkan satu kemenangan karena ini akan mengangkat motivasi mereka.
Hal ini juga bisa terjadi dalam Team Work Anda ketika mereka tidak peduli satu sama lainnya, apalagi ketika Team Work Anda diberikan kepercayaan oleh managemen perusahaan untuk mengerjakan sebuah proyek perusahaan dan jika proyek tersebut berjalan dengan sukses akan mengangkat citra perusahaan Anda. Dibutuhkan sebuah kemampuan komunikasi yang baik diantara anggota Team Work dan mereka harus terus diberikan arahan dan motivasi untuk bekerja secara maksimal.
Team Work dapat bekerja secara baik, jika para anggotanya mempunyai kebersamaan yang kuat dalam sebuah tim, jika salah satu anggota tim mengalami kesulitan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, maka anggota tim yang lain membantunya, karena sukses sebuah team work adalah sukses bersama, bukan sukses secara individu, kegagalan salah seorang anggota tim yang tidak mampu menjalankan tugasnya berarti kegagalan untuk semua anggota tim. Peran seorang Leader sangat penting untuk menjaga sebuah kekompakan sebuah tim, karena jika peran Leadership dari seorang Leader tidak mampu berjalan maka kondisinya akan semakin fatal dan akan sulit menyelesaikan sebuah tugas yang sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
Peran Leader adalah:
1. Harus mengetahui karakter dari setiap individu.
2. Memberikan sebuah motivasi setiap saat.
3. Memberikan arahan yang jelas mengenai tugas-tugas yang akan dilakukan.
4. Selalu mempunyai inovasi dalam cara bekerja untuk meningkatkan kinerja tim (Contohnya berdialog dengan para anggota tim mengenai strategi-strategi baru yang akan di kerjakan untuk meningkatkan kinerja tim).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: