Persaingan Ekonomi Abad Ke 21 Septo Indarto (Team Double S)

13 Jun

Persaingan Ekonomi Abad Ke 21
Septo Indarto (Team Double S)

Modal intelektual yang didukung dengan modal keuangan adalah kekuatan untuk memenangkan persaingan ekonomi di abad ke 21. Setiap Negara harus mempersiapkan dengan baik mengenai kualitas sumber daya manusia. Industri harus mampu menciptakan sebuah nilai tambah untuk dapat merebut pasar yang semakin ketat persaingannya. Dunia membutuhkan para pemikir yang mempunyai visi-misi tentang persaingan ekonomi di abad ke 21, ini membutuhkan sebuah kerja keras dan hanya orang-orang yang mempunyai impian yang mampu bertahan untuk memenangkan persaingan.
Saat ini setiap Negara mempunyai kekuatan pasar, fiskal-moneter (keuangan), demografi (penduduk), industri unggulan. Hal yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengetahui keunggulan kita. Kita harus mampu bekerja sama dengan Negara-negara lain dan menawarkan keunggulan yang kita punya. Kita harus mampu untuk mencari pasar di Negara lain, kita mempelajari budaya Negara lain untuk mengetahui kondisi masyarakatnya sehingga kita mempunyai wawasan baru dalam ekonomi internasional dalam konteks persaingan di abad ke 21.
Diperlukan kemampuan untuk menciptakan visi-misi ekonomi abad ke 21, tujuannya kita tahu mengenai kekuatan kita, kita tahu mengenai apa yang akan kita siapkan, kita mampu dan bisa mengelola sumber daya alam kita, kita mampu menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menciptakan inovasi. Dari semua itu tujuannya satu: Menang dan Berjaya.
Teknologi internet dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas diri dan produktivitas melalui sharing-knowledge. Internet dapat mempermudah akses sharing-knowledge yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dan universitas. Kerja sama riset yang dikembangkan oleh beberapa universitas dapat didistribusikan kepada universitas-universitas yang membutuhkannya untuk meningkatkan universitas yang membutuhkannya untuk meningkatkan kualitas materi pembelajaran. Peningkatan kualitas pendidikan dalam menghadapi persaingan abad ke 21 adalah sebuah keharusan dan telah menjadi sebuah kewajiban untuk Negara dan masyarakat.
Pendidikan harus menciptakan manusia yang unggul. Karena saat ini kita hidup pada era industry dan era informasi digital. Keunggulan intelektual adalah sebuah simbol keberhasilan. Era industri membutuhkan para inovator. Era informasi digital adalah sebuah ruang yang luas untuk belajar berbagai macam hal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: