Hubungan Dagang Jepang-China Septo Indarto (Team Double S)

8 Jun

Hubungan Dagang Jepang-China
Septo Indarto (Team Double S)

Mulai tanggal 1 Juni 2012, Jepang dan China akan membuat sebuah sejarah baru dalam bidang perdagangan kedua Negara. Karena ini adalah pertama kali perdagangan disetujui dengan menggunakan mata uang Yen dan mata uang Yuan untuk transaksi ekspor dan impor. Menteri Keuangan Jepang Jun Azumi mengatakan: Kesepakatan antara China dan Jepang akan mengubah sistem pengaturan nilai Yen dan Yuan terhadap nilai Dollar.
Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan perdagangan serta investasi diantara kedua belah pihak. Kesepakatan tersebut belum pernah terjadi sebelumnya di Beijing, sehingga memungkinkan mata uang utama lain dapat melakukan perdagangan langsung dengan Yuan. Dia juga menyatakan bahwa mulai 1 Juni 2012 nilai tukar Yen dan Yuan akan terus diindikasikan di kedua pasar sehingga memfasilitasi sepenuhnya sistem perdagangan.
Jepang-China dapat menurunkan biaya transaksi karena tidak menggunakan Dollar untuk mengurangi risiko pembayaran di lembaga keuangan dan mata uang Yen dan mata uang Yuan akan memperkuat sistem keuangan di kawasan Asia Timur serta membuat mata uang kedua Negara lebih berguna sebagai alat transaksi.
Bahwa hungungan perdagangan China-Jepang terus mengalami perkembangan. Sebelumnya total transaksi Jepang-China di bidang perdagangan 60% memakai mata uang Dollar. Pemerintah China-Jepang juga telah sepakat untuk menggunakan mata uang kedua Negara. Contohnya menggunakan denominasi Yuan untuk investasi langsung oleh perusahaan Jepang di China untuk mengurangi risiko nilai mata uang asing, khususnya Dollar. Pada bulan Desember 2011, pemerintah China dan Jepang telah sepakat untuk saling mempromosikan langsung perdagangan kedua Negara dengan dua mata uang berdasarkan prinspi pasar. Itu akan membantu biaya konversi mata uang lebih rendah serta memfasilitasi perdagangan dan investasi kedua Negara.
China juga mempunyai tujuan jangka panjang yaitu melakukan promosi internasionalisasi mata uang Yen untuk menandingi mata uang Dollar dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: