Monorel untuk Jakarta Septo Indarto (Team Double S)

28 Mei

Monorel untuk Jakarta
Septo Indarto (Team Double S)

Jakarta membutuhkan monorel sebagai sarana transportasi layak untuk mengurangi kemacetan. Monorel sangat dibutuhkan untuk akses ke Bandara Sukarno-Hatta. Karena lalu lintas di Jakarta akan semakin padat dari tahun ke tahun. Penyebabnya adalah kebutuhan kendaraan pribadi akan semakin meningkat karena kondisi angkutan umum yang semakin tidak nyaman. Bus Trans Jakarta juga harus diperbanyak jumlahnya, untuk mengurangi kemaceta di jalan-jalan protocol di Jakarta ketika jam sibuk. Tetapi monorel akan jauh lebih membantu mengatasi kemacetan khususnya digunakan oleh penduduk Jakarta yang tinggal dikawasan selatan yaitu Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, Bogor dan Depok. Karena banyak penduduk Jakarta yang bermukim di kawasan selatan dan bekerja di Jakarta dan Tangerang.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, Bapak Husni Hasan mengatakan: Sudah banyak perusahaan yang sangat berminat untuk menjadi investor pembangunan monorel. Sudah ada tiga perusahaan yang sudah meminta izin untuk membuat Feasibility Study (FS) yaitu Malaysia Joint Venture, PT Jayamas Semngat Prima, PT. Anka Jakarta membutuhkan jalur monorel yang saling terintegrasi dengan jalur busway sehingga mudah dijangkau oleh semua orang.
Monorel ini akan mengambil rute Rawabuntu (Serpong)-Bandara dengan panjang lintasan 22 KM. Monorel ini akan terintegrasi dengan commuter line Serpong/Parung Panjang-Tanah Abang.
Monorel dibangun untuk mengurangi kemacetan menuju bandara. Panjang monorel itu mencapai 22 kilometer dan lebar 10 meter. Monorel diharapkan akan mengurangi kemacetan di wilayah Tangerang, Jakarta, Depok dan Bogor.
Khusus untuk bandara Sukarno-Hatta, bahwa penumpang pesawat di bandara adalah warga Jakarta Selatan, Tangerang, Depok, dan Bogor. Ada 9.200 kendaraan yang melintas di jalan raya serpong per hari. Monorel akan melintasi Rawabuntu, Serpong, dan Tangerang.
Proyek ini membutuhkan dana sekitar Rp 3 triliun. Pilihan untuk mendapatkan dana bisa berasal dari pusat atau investor. Monorel yang saling terintegrasi sangat dibutuhkan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: