Kekuatan Bisnis Usaha Kecil Menengah Septo Indarto (Team Double S)

19 Mei

Kekuatan Bisnis Usaha Kecil Menengah
Septo Indarto (Team Double S)

Didalam perkembangan ekonomi abad ke 21, kekuatan bisnis usaha kecil menengah akan semakin besar. Saat ini sudah banyak kesadaran untuk menjadi seorang pengusaha. Banyak pegawai-pegawai yang berbakat sekarang terjun untuk menjadi pengusaha. Mereka adalah pegawai yang sudah jenuh dengan aktivitas pekerjaan yang rutin dan sudah tidak mempunyai tantangan lagi, disisi lain banyak para pegawai yang berbakat tersebut masih mempunyai kesempatan untuk lebih berkembang dengan ide-ide brilian, sehingga mereka memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha. Ketika ekonomi sebuah Negara sedang dalam keadaan krisis dan banyak pengangguran maka membuat sebuah bisnis adalah jalan terbaik dan siap mengambil risiko kegagalan pada tahap awal, tapi itulah sebuah proses untuk belajar untuk menjadi yang terbaik.
Mengembangkan usaha yang berfokus kepada usaha kecil menengah adalah salah satu cara untuk menggerakan perekonomian Negara dan sector bisnis. Fokus usaha kecil menengah:
1. Bisnis (Konsultan, MLM, Bimbingan Belajar).
2. Perdagangan (Toko).
3. Jasa (Penitipan Anak, Konsultasi Bimbingan Keluarga).
4. Teknologi (Menciptakan dan menjual barang teknologi, seperti komputer, pembuatan software).
Saat ini sektor usaha kecil menengah menjadi salah satu sektor industri dan sektor perdagangan yang dapat menyerap tenaga kerja dibandingkan sektor-sektor lain. Bahkan bisnis usaha kecil menengah bisa menjadi penggerak inovasi. Contoh ketika bapak Walikota Solo ikut serta mempromosikan mobil Esemka, ini adalah sebuah langkah luar biasa. Mobil Esemka jika dikelola dengan baik di masa yang akan datang bisa menjadi sebuah industri besar, akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, memberikan pemasukan pajak kepada pembangunan daerah. Menciptakan inovasi-inovasi baru dalam dunia otomotif jadi kita selalu diharuskan untuk berpikir kreatif.
Sektor usaha kecil menengah perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah, seperti pelatihan managemen-bisnis, pelatihan Leadership, pelatihan teknologi secara berkelanjutan. Calon pengusaha untuk sektor usaha kecil menengah tetap membutuhkan sebuah bimbingan dan motivasi untuk dapat berkembang. Karena perusahaan-perusahaan kecil dalam proses perjalanan akan dapat menjadi perusahaan besar.
Sektor usaha kecil menengah juga dapat mengembangkan industri kreatif, pemerintah bisa memberikan bantuan dana berupa pinjaman kredit dan membantu distribusi penjualan. Pemerintah bisa mendirikan pusat perbelanjaan yang di isi oleh para pengusaha dari usaha kecil menengah dan hanya dikenakan pajak yang kecil. Pemerintah bisa membatu promosi penjualan untuk pasar lokal dan pasar internasional. Pengusaha dari sektor usaha kecil menengah juga harus dapat mengembangkan bisnis mereka setahap demi setahap dan tidak pernah berhenti untuk mengikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas diri untuk menjadi pengusaha yang sukses.
Sektor usaha kecil menengah juga bisa bergerak untuk industri manufaktur dan industri pertanian. Sektor usaha kecil menengah untuk industri manufaktur bisa mengembangkan teknologi-teknologi baru yang inovatif yang dapat ditawarkan ke perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkannya serta dapat merekrut pegawai dengan skill yang baik untuk mengembangkan kompetensinya di bidang teknologi. Sektor usaha kecil menengah industri pertanian, bisa menghasilkan produk-produk pertanian yang berkualitas tinggi untuk dijual di pasar lokal dan pasar internasional. Membantu para petani untuk meningkatkan keterampilan dan memberikan pengetahuan baru tentang tata cara bertani yang efisien dalam jangka panjang akan memberikan penghasilan yang lebih kepada para petani. Sehingga kehidupan para petani dapat terangkat.
Sektor usaha kecil menengah harus dikelola dengan managemen keuangan yang baik, sehingga mereka tidak kekurangan modal di tengah jalan. Managemen keuangan harus dipelajari untuk memperkuat bisnis. Karena banyak bisnis usaha kecil menengah yang bangkrut di tengah jalan karena keungannya tidak dikelola dengan baik. Akhirnya bisnisnya tidak dapat berkembang. Ini yang harus diperhatikan secara serius oleh pemerintah. Bahwa bisnis sektor usaha kecil menengah harus dikelola secara professional karena dalam jangka panjang akan memberikan kontribusi besar kepada perekonomian Negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: