Apa Pilihan Anda Ketika Inovasi Teknologi Terus Berkembang Oleh Septo Indarto (Team Double S)

11 Mei

Apa Pilihan Anda Ketika Inovasi Teknologi Terus Berkembang
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Ketika perusahaan-perusahaan teknologi mencipatkan inovasi untuk produk-produk baru yang siap dipasarkan, sering kali konsumen merasa bingung produk apa yang harus kami pilih, karena terlalu banyak produk juga membuat kita harus teliti untuk membeli sebuah produk, apakah kita memerlukan teknologi yang terkandung dalam produk tersebut atau kita tidak membutuhkannya. Oleh karena itu pengetahuan mengenai produk teknologi harus dimiliki oleh konsumen ketika ingin membeli produk teknologi. Semua produsen teknologi akan mengatakan bahwa produk kami yang terbaik di pasaran, karena memiliki kelebihan yang tidak dipunyai oleh para pesaing. Pernyataan itu adalah hal yang wajar, karena itu adalah strategi promosi marketing untuk memperkuat citra branding produk mereka supaya dikenal masyarakat sebagai konsumen mereka.
Produk teknologi akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan konsumen, saat ini kita berhadapan dengan smart customer (pelanggan yang pintar), kebutuhan-kebutuhan konsumen yang dicoba dipenuhi oleh setiap produsen dalam menciptakan produk mereka, para produsen biasanya bisa melakukan riset dan survei pasar. Contoh dimasa lalu ketika orang ingin membaca e-mail harus membuka computer atau laptop, kemudian ada sebuah impian jika membaca e-mail bisa melalui smartphone, peluang ini yang berasal dari riset pasar dijadikan sebuah inovasi teknologi untuk produk teknologi dan strategi marketing untuk menjangkau konsumen, khususnya dari kalangan komunitas bisnis, tetapi dalam tahap perkembangannya hampir semua smartphone bisa mengakses e-mail, apalagi sistem operasi Android sudah memasang gmail dalam setiap PC tablet, itu jauh lebih mudah dan akan memperluas pasar google dalam persaingan teknologi e-mail.
Nokia saat ini menjual smartphone Lumia 610, dengan harga UDS 250 dengan sistem operasi Windows 7.5, ini adalah smartphone dengan harga yang terjangkau, tetapi tujuannya untuk memperluas pasar Windows di dunia smartphone, Windows sudah cukup kuat di dunia computer, tetapi di dunia smartphone harus berhadapan dengan Apple dan Google, yang sudah lebih dulu kuat karena inovasi teknologi mereka. Windows sebenarnya sudah lama masuk ke dalam dunia smartphone dengan Windows Mobile tetapi tidak pernah sukses, bahkan selalu kalah dengan Nokia Symbian dan Blackberry. Tetapi dunia teknologi smartphone sudah berubah, penguasa adalah Apple dan Google saat ini.
Samsung adalah branding paling sukses untuk kategori smartphone dan PC Tablet sebagai vendor pembuat produk Hardware dengan sistem operasi Android yang dikenal oleh masyarakat dengan nama Samsung Galaxy. Samsung Galaxy adalah sebuah kesatuan branding dari Samsung untuk memfokuskan setiap segmentasi pasar teknologi dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Contohnya Samsung Galaxy Note difokuskan kepada kelompok bisnis yang penuh dengan kesibukan, tetapi membutuhkan sebuah smartphone yang menyediakan teknologi yang lengkap dengan kemudahan pemakaian. Setiap orang bisa bekerja dengan baik dimanapun menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note, ketika sedang dalam sebuah perjalanan, seperti mengecek laporan kantor atau melihat video-viedo presentasi dengan kualitas HD.
Sistem operasi Android diciptakan oleh Google, difokuskan untuk berkomunikasi dan bekerja, perkembangan Android pun mengikuti perkembangan jaman, dan setiap tahun akan selalu keluar seri baru dengan spesifikasi teknologi yang lebih tinggi. Saat ini kita menggunakan Android Ice Cream, tetapi satu-dua tahun lagi aka ada produk versi baru yang jauh lebih canggih, khususnya dalam kebutuhan teknologi multimedia yang akan melengkapi cara kerja kita dalam menciptakan sebuah karya.
Saat ini ketika mobilitas semakin tinggi, para pengguna Smartphone, PC Tablet, Lap Top membutuhkan konten yang berkualitas untuk mendukung produktivitas mereka. Mereka juga membutuhkan kualitas yang bagus, seprti produk yang tahan banting, tidak cepat panas, tidak mudah rusak ketika di bawa kerja. Konsumen membeli produk untuk mendukung produktivitas mereka sebagai investasi jangka panjang, karena mereka membutuhkan teknologi tersebut untuk kebutuhan mereka sendiri. Ini juga yang harus diperhatikan oleh produsen, mereka dituntut untuk memperbaiki kualitas produk setiap saat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: