Good Corporate Governance By Septo Indarto (Team Double S)

10 Mei

Good Corporate Governance
By Septo Indarto (Team Double S)

Saat ini pengelolaan sebuah perusahaan didasarkan pada sebuah proses bagaimana sebuah keputusan itu dibuat dan pengelolaan managemen perusahaan yang baik, pembuatan keputusan yang bermanfaat bagi pemegang saham dan proses bisnis dengan penuh keterbukaan yang akan menciptakan kepercayaan dari para pemegang saham perusahaan.
Menjalankan Good Corporate Governance harus dilakukan mulai dari budaya keterbukaan (transparansi), hal ini akan memberikan sebuah informasi yang sebenarnya (keadaan perusahaan) kepada para pemegang saham mengenai perusahaan Anda untuk menciptakan sebuah kepercayaan dan membangun sebuah nilai.
Saat ini hampir semua eksekutif perusahaan-perusahaan diseluruh dunia mencoba menciptakan sebuah kepercayaan dari sebuah transparasi, hal ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis saat ini dan dimasa mendatang.
Budaya Keterbukaan harus menyangkut empat hal, yaitu:
1. Komunikasi.
2. Kepatuhan kepada peraturan.
3. Pengetahuan.
4. Transparansi.
(Herb Baum).
Komunikasi ditempatkan pada urutan yang pertama, karena ini merupakan hal yang penting dari budaya keterbukaan (Transparansi). Para investor saat ini mencari informasi menyangkut semua hal tentang perusahaan. Apakah perusahaan tersebut melakukan pengelolaan yang baik dan transparan, seperti budaya kerja, kepatuhan kepada peraturan perusahaan, kejujuran dalam membuat laporan kerja dll.
Kepatuhan berarti sebuah perusahaan tunduk kepada peraturan yang dibuat oleh perusahaan, kemudian menghubungkan dengan aspek komunikasi dengan kepatuhan dan menyediakan akses informasi bagi setiap orang. Informasi mengenai kepatuhan harus dimuat dalam sebuah web site, karena ini sangat penting untuk kepentingan umum, pemegang saham, kepentingan analis.
Informasi-Pengetahuan yang lengkap dengan bahasa yang mudah dimengerti adalah komponen yang penting dalam sebuah pengelolalaan dari managemen perusahaan karena hal itu menyangkut mengenai pengaruh persaingan dalam bisnis Anda. Buatlah informasi yang akurat untuk memelihara kepercayaan para pemegang perusahaan, serta mampu memberikan informasi mengenai kondisi pasar saat ini dan mampu mengantisipasinya serta kemampuan operasional dan bisnis perusahaan dalam jangka panjang.
Transparansi adalah kunci untuk menciptakan sebuah kepercayaan para investor. Budaya keterbukaan (Transparansi) akan membangun kepercayaan, membangun komunikasi yang jujur, dan mendorong terciptanya praktik budaya kerja yang etis disertai moral yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: