Good Corporate Governance (2) By Septo Indarto (Team Double S)

10 Mei

Good Corporate Governance (2)
By Septo Indarto (Team Double S)

Hal yang terpenting dalam pengelolaan perusahaan adalah kita harus membangun team work yang solid, pegawai yang cerdas dalam bekerja serta membangun sebuah reputasi yang baik. Ini adalah modal utama tetapi memberikan manfaat yang besar bagi kelangsungan bisnis kita saat ini dan dimasa yang akan datang.
Dalam menerapkan Good Corporate Governance, kita bisa memulainya dari sebuah pendidikan etika dalam kerja. Kita bisa memberikan hal itu dalam bentuk training atau seminar dalam dua hari. Kadang-kadang orang bertanya apakah pendidikan seperti itu penting? Jawabnya sangat penting karena ini menyangkut moral dan nilai budaya perusahaan, apa jadinya jika karyawan di tempat Anda bekerja dengan penuh kecurangan dan kebohongan, team work tidak kompak satu sama lain saling menjatuhkan, laporan-laporan kerja bulanan dikerjakan dengan tidak professional dan penuh dengan kata-kata bohong dan angka-angka yang sama sekali tidak bisa dijelaskan kebenarannya. Maka Anda hanya menunggu sebuah kehancuran dalam karir Anda, hasilnya tidak ada seorang pun yang akan percaya dengan Anda, Anda sudah tidak mempunyai wibawa dan kekuatan, semua orang menjauhkan diri dari Anda. Oleh karena itu pendidikan etika dalam bekerja sangat penting untuk menghasilkan kinerja yang optimal.
Saat ini telah banyak perundang-undangan yang telah lahir untuk mengatur mengenai bisnis untuk lebih bersih dan penuh etika. Bisnis harus bersih karena ini menyangkut kehidupan orang banyak. Semua Negara, melalui Dewan legislative menciptakan undang-undang untuk menerapkan bisnis yang penuh etika dan bersih, hal ini akan mendorong penciptaan ekonomi yang kuat dalam jangka panjang. Setiap Negara saat ini ingin praktek-praktet bisnis yang dilakukan oleh pihak swasta tidak merugikan kepentingan Negara, karena jika praktek bisnis yang merugikan, bukan hanya perusahaan yang bersangkutan akan rugi, tetapi Negara juga akan rugi karena harus menanggung biaya finansial dan uangnya berasal dari pajak rakyat. Kekuatan ekonomi suatu bangsa ditentukan oleh tingkat pendapatan rakyatnya, kemampuan industri dalam bersaing, kemampuan inovasi dalam menciptakan sebuah produk barang dan produk jasa yang dapat memberikan sebuah nilai yang lebih. Ini bukan hanya menyangkut sebuah kemampuan inovasi, tetapi juga menyangkut sebuah kejujuran, berapa biaya yang akan dihabiskan dan juga keuntungan kompetitif yang akan kita dapatkan dimasa mendatang.
Perusahaan saat ini juga wajib terus melakukan keamanan data dari serangan pihak luar (kejahatan cyber), karena data adalah hal yang vital, yang menggambarkan perjalanan sebuah perusahaan, gunakan program anti virus yang selalu di up date dan dilengkapi dengan fasilitas lainnya untuk menjaga keamanan data di dalam computer dan data center. Oleh karena itu Departemen Teknologi Informasi mempunyai kewajiban tugas yang vital, keamanan data harus menjadi prioritas utama setiap perusahaan. Ini adalah masalah yang sangat serius untuk dikelola bersama. Apa jadinya ketika semua data yang btelah disimpan hilang dan rusak di curi oleh pihak luar melalui jaringan internet, maka ini bukan saja merupakan tindakan yang salah tetapi membuat bisnis Anda tidak akan bisa bertahan lama, karena pihak luar telah mengetahui semua isi kekuatan perusahaan Anda melalui data-data yang telah mereka curi. Masalah pencurian data melalui internet adalah sebuah kejahatan tingkat tinggi dan moral yang bejat, karena ini mempunyai motif untuk saling menghancurkan bukan lagi menciptakan kompetisi yang sehat, dalam persaingan bisnis dibutuhkan sebuah kompetisi yang sehat untuk inovasi. Kerusakan dan pencurian data akan menyebabkan kekeliruan data yang akan menciptakan banyak permasalahan, ini menyangkut citra perusahaan dan integritas kerja. Manager harus memberikan perhatian dan pengawan kepada kemampuan departemen teknologi informasi dalam menyiapkan keamanan data, ini vital dan menyangkut dengan hubungan klien. Bayangkan jika klien kita diberi data-data yang salah. Mereka akan marah dan tidak lagi akan percaya kepada Anda. Hubungan baik harus dipertahankan untuk hari ini dan hari depan. Oleh karena itu sistem yang baik dan etika kerja yang professional adalah sebuah keharusan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: