Pak Jokowi Kepemimpinan dan Kerja Keras Septo Indarto (Team Double S)

5 Mei

Pak Jokowi Kepemimpinan dan Kerja Keras
Septo Indarto (Team Double S)

Sewaktu dia menjadi walikota Solo, dia telah banyak melakukan gebrakan-gebrakan baru di dalam pemerintahannya. Solo menjadi sebuah kota yang mempertahankan citra khasnya tetapi menuju arah yang lebih modern untuk menyambut masa depan. Saat ini dia adalah salah satu calon populer Gurbenur Jakarta dan berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Keduanya dikenal sebagai orang yang mempunyai visi dan masih muda.
Pak Jokowi adalah orang yang optimis dia adalah seorang visioner yang sejati. Dukungan dari partainya PDIP adalah 100%, sekarang saatnya harus lebih banyak datang ke pelosok-pelosok sudut kota Jakarta untuk lebih memahami persoalan kota Jakarta. Kota Jakarta mempunyai persoalan yang lebih kompleks dan harus mempunyai strategi khusus untuk mampu menanganinya. Masalah banjir yang selalu terjadi pada musim hujan adalah pekerjaan rumah yang belum bisa diselesaikan oleh para Gurbenur Jakarta sampai saat ini, masalah transportasi yang buruk dan dapat menyebabkan kemacetan, karena orang lebih senang menggunakan kendaraan pribadi, tetapi ruas jalan tidak pernah bertambah, tata kota yang harus diperbaiki, kemiskinan absolute yang terjadi di DKI Jakarta, akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin perkotaan.
Pak Jokowi harus segera membenahi masalah sosial-ekonomi Jakarta, karena ini dalah yang paling mendasar jika dia terpilih jadi Gurbernur Jakarta. Masalah-masalah lain seperti tata ruang kota, banjir, pelayanan kesehatan dapat diselesaikan dengan membuat peraturan yang jelas tetapi harus dijalankan secara sungguh-sungguh dengan aksi nyata maka satu per satu masalah dapat segera diselesaikan. Selama ini masalah tidak pernah tuntas diselesaikan karena peraturan yang ada sebagai kebijakan perkotaan tidak pernah dilaksanakan. Hanya menjadi bahan bacaan dan diskusi, walaupun ada aksi tetapi sangat lemah karena tidak adanya koordinasi satu sama lainnya.
Pak Kokowi mempunyai sebuah program yaitu pelayanan kesehatan dan pendidikan untuk masyarakat miskin akan diberi kontrol yang dibuat masa berlakunya sekali dalam beberapa tahun. Masa berlakunya kartu ini akan habis dan akan diperpanjang, masa berlaku akan dinilai dari tingkat perkembangan perekonomian masyarakat. Jika taraf hidup masyarakat telah meningkat maka kartu tersebut tidak berlaku kembali tetapi jika taraf hidup masyarakat masih dalam keadaan miskin, maka kartu itu akan diberikan kembali.
Perlakuan kepada pedagang kaki lima juga bisa menggunakan pendekatan yang damai dan lebih manusiawi. Satpol PP sebagai aparat yang sering menangani pembenahan kaki lima tidak perlu lagi memakai pentungan. Para pedagang bisa didekati dengan cara penguatan ekonomi rakyat melalui penataan pedagang kaki lima, menggiatkan kegiatan UKM. Sehingga taraf hidup mereka bisa lebih ditingkatkan. Pak Jokowi melihat jarak kalangan ekonomi kuat dengan yang lemah cukup tinggi di Jakarta. Sehingga selalu menimbulkan beragam permasalahn sosial. Kemudian langkah selanjutnya adalah menyelesaiakan permasalahan perkotaan seperti banjir, tata ruang kota, kemacetan di jalan raya.
Menurut Pak Jokowi masterplan mengenai pengelolaan dan perbaikan kota Jakarta sudah terdokumentasikan secara baik untuk kajian dan konsep. Hanya satu yang harus dilakukan yaitu bekerja keras mewujudkan hal itu dengan komitmen yang kuat disertai aksi yang nyata.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: