Budaya Jujur dalam Organisasi Perusahaan Septo (Team Double S)

30 Apr

Budaya Jujur dalam Organisasi Perusahaan
Septo (Team Double S)

Menerapkan sebuah integritas dalam perusahaan berarti Anda harus berkomitmen dengan hal-hal positif yang Anda harus lakukan, ini adalah sebuah proses yang Anda harus kerjakan setiap hari, tetapi menjadi proses belajar supaya Anda akan menjadi yang terbaik. Menjadi seorang manager yang baik berarti Anda harus memberi contoh yang baik tentang apa yang Anda harus lakukan dan yang tidak Anda harus lakukan. Karena karyawan Anda akan selalu melihat Anda sebagai atasan mereka. Mereka ingin melihat apakah Anda sungguh-sungguh dalam bekerja, apakah Anda mempunyai rencana kerja pada hari ini, apakah Anda tepat waktu ketika mulai memasuki kantor Anda. Ini terlihat hal yang kecil dan orang mengatakan hal yang sepele, tetapi sebenarnya ini menyangkut integritas Anda sebagai seorang manager. Jika seorang manager tidak mengetahui mengenai hal apa yang harus dilakukan, berarti dia tidak bisa memberikan sebuah contoh kepada anak buahnya. Contoh haruslah sebuah aksi nyata bukan sebuah pidato yang Anda ucapkan setiap acara rapat. Saat ini lingkungan eksternal kita akan melihat integritas kita, yaitu masyarakat luas dan pers. Kinerja Anda dinilai oleh mereka bukan hanya dari banyaknya penghargaan yang Anda dapat, tetapi apakah Anda mampu menciptakan dan membawa pengaruh yang positif kepada lingkungan Anda. Biasanya setiap perusahaan mempunyai sebuah program CSR untuk mendukung kegiatan tersebut sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan lingkungan dan juga bisa menerangkan mengenai visi dan misi perusahaan serta keterlibatan dalam aksi yang positif kepada lingkungan.
Saat ini hampir semua perusahaan ingin menciptakan budaya keterbukaan dari tingkat top level management hingga karyawan biasa. Dunia bisnis haruslah menciptakan etika dan moral. Pelaku-pelaku bisnis haruslah orang-orang yang mempunyai hati dan nurani. Karena budaya kebohongan seperti fitnah, politik kantor yang tidak sehat, pembuatan laporan palsu telah menyebabkan dunia bisnis menjadi tempat yang tidak aman dan penuh kecurigaan. Oleh karena itu mulai saat ini para pemimpin perusahaan mulai membangun standar praktek yang baik untuk kelangsungan bisnis yang lebih sehat, budaya keterbukaan menciptakan usaha bisnis yang permanen, sedangkan budaya yang tidak sehat menciptakan kerugian dalam setiap usaha bisnis yang akan dilakukan. Tahun 2007, ketika skandal korporasi mencuat ke permukaan, hampir semua perusahaan yang mempunyai masalah menuju kebangkrutan, yang paling dirugikan adalah Negara, karena harus member dana talangan supaya perusahaan tersebut tidak bangkrut dan pihak yang paling menderita adalah masyarakat, karena anggaran kesejahteraan dipangkas, hal itu telah terjadi di Amerika, yang telah menyebabkan ekonomi Amerika menuju kehancuran, karena banyak eksekutif bisnis yang melakukan skandal kotor untuk kepentingan dirinya. Gaji yang tinggi tidak membuat mereka sadar bahwa mereka punya tugas menciptakan kesejahteraan kepada masyarakat. Lihat bangkrutnya Lehman Brothers, dalam waktu singkat Amerika terkenan krisis ekonomi yang parah, hal ini disebabkan matinya budaya keterbukaan di banyak perusahaan.
Budaya keterbukaan mengajarkan kita untuk bertindak pada jalur yang benar. Bagaimana kita saat ini mau membuat laporan penjualan yang jujur, kerangka kerja kita untuk jangka panjang (lima tahun ke depan) dengan penuh rasionalitas, informasi mengenai kinreja perusahaan. Maka dalam jangka panjang, bisnis kita akan mendapat sebuah kepercayaan yang besar dari klien atau pihak lain. Ini tentu akan sangat mengembirakkan. Menciptakan kejujuran juga merupakan prestasi kerja bagi kita semua. Kita terbiasa dengan budaya saling terbuka dan menghormati, membantu rekan kerja ketika mereka sedang dilanda masalah atau kesulitan ketika sedang menyelesaikan sebuah proyek. Keterbukaan menciptakan tali persaudaran sehingga politik kantor yang tidak fair akan bisa dihindari, semua pihak akan mengenal satu sama lainnya sebagai sebuah keluarga besar dalam organisasi dan tentunya selalu bersikap profesional. Lingkungan kerja saat ini membutuhkan karyawan yang cerdas, mampu berkomunikasi dengan baik dalam sebuah tim, mampu menciptakan team work yang baik sehingga siap menghadapi banyak tantangan dalam menyelesaikan proyek-proyek besar. Intinya adalah kebersamaan untuk mau maju bersama dan tali persaudaraan untuk saling memotivasi satu dengan yang lainnya. Moral yang baik akan menjadi penuntun kita setiap kita melangkah, karena orang akan melihat mengenai diri kita, apakah kita benar-benar orang yang jujur dan menciptakan kebaikan, sehingga lingkungan dapat menerima kita. Di manapun kita tinggal moral yang baik akan menjadi penuntun kita menuju kesuksesan dan kita akan selalu mendapatkan kepercayaan dari sebuah tugas yang besar untuk siap dijalankan oleh diri kita. Dunia adalah tempat dinamis, dunia berisi orang-orang yang mempunyai banyak karakter, dunia adalah tempat dimana manusia tidak akan pernah puas, tetapi dunia tetap membutuhkan orang-orang yang mempunyai moral yang baik dan integritas yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: