Demokrasi Amerika dari Waktu ke Waktu Septo Indarto (Team Double S) Leadership in Government

26 Apr

Demokrasi Amerika dari Waktu ke Waktu
Septo Indarto (Team Double S)
Leadership in Government

Perjalanan demokrasi Amerika dalam perkembangannya banyak dipengaruhi oleh media massa, di awal perkembangannya sangat dipengaruhi oleh surat kabar untuk menyampaikan pendapat, surat kabar adalah alat yang sangat ampuh untuk mengjangkau para pemilih dan menciptakan komunikasi politik melalui kegiatan kampanye. Media massa sering disebut sebagai pilar ke empat dari demokrasi Amerika, karena media massa adalah penjaga kedaualatan demokrasi. Pada tahun 1920, ketika Radio menjadi alat komunikasi massal, maka para politisi dan partai menggunakan alat komunikasi Radio untuk kegiatan kampanye. Radio menjadi alat komunikasi yang praktis yang dapat menjangkau pendenger yang lebih luas bagik di kota maupun di desa. Dengan adanya radio, demokrasi Amerika menimbulkan sebuah semangat baru dalam menciptakan kehidupan demokrasi, komunikasi politik dilakukan melalui siaran politik, para politisi berpidato di radio untuk menjelaskan program-programnya. Radio juga digunakan untuk menyiarkan berita-berita politik ke seluruh negeri, supaya rakyat tahu apa yang sedang terjadi dalam proses politik, khususnya di ibu kota Washington D.C. sebagai pusat pemerintahan.
Radio pun mulai digunakan juga oleh presiden-presiden Amerika untuk menyampaikan pidato kenegaraan, mengenai program pemerintah, dan juga sebagai alat politik untuk memperkuat citra presiden di mata rakyatnya. Bahkan radio sebagai sarana media komunikasi yang ampuh ketika Amerika sedang mengalami masalah resesi ekonomi di era 1920-an, kemudian Perang Dunia II, Radio digunakan sebagai alat kampanye untuk mengumpulkan sukarelawan untuk mau melaksanakan wajib militer demi persatuan bangsa dan Negara.
Tahun 1930-an ketika Televisi menjadi media yang popular untuk siaran berita-berita nasional dan juga hiburan, perkembangan sistem politik Amerika mengarah ke arah yang lebih maju. Para pemilih mengetahui wajah-wajah para politisi yang menyampaikan program-program politik mereka melalui politisi. Di Amerika ada tiga televise terbesar sebagai pemasok berita ke seluruh Negara, yaitu NBC (National Broadcasting Company), ABC (American Broadcasting Company), CBS (Columbian Broadcasting Company).
CNN (Cable News Network) yang berpusat di Atlanta, adalah media TV terbesar swasta sebagai penyuplai berita. CNN selama lebih dari 20 tahun telah menjadi center news bagi perkembangan politik Amerika, karena memang difokuskan untuk menjadi TV berita selama 24 jam. Tapi saat ini CNN telah menjadi perusahaan berita terbesar di dunia, hampir seluruh jaringan hotel diseluruh dunia menjadi pelanggan untuk mensuplai berita bagi para tamu hotel.
Internet telah menjadi media yang paling banyak digunakan sebagai alat kampanye para politisi Amerika saat ini. Internet dapat menggabungkan informasi teks dan video serta komunikasi web 2.0, sehingga komunikasi politik dapat lebih mudah digunakan untuk lebih dapat mendekatkan diri kepada pemilih. Generasi muda adalah generasi yang dijadikan fokus utama para politisi, karena mereka adalah generasi yang menggunakan teknologi gadget, mereka mengakses informasi dari iPad, iPhone, Smartphone, PC, PC Tablet. Internet banyak menawarkan kemudahan dengan biaya operasional yang lebuh murah dan isi informasi bisa ditentukan sendiri, apa yang ingin disampaikan para politisi kepada para pemilihnya. Perkembangan dunia internet juga didukung oleh Media Sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dll. Ini adalah media yang cukup ampuh untuk menyebarkan informasi, khususnya informasi dua arah, para politisi dapat menulis tentang programnya sedangkan para pemilih dapat memberikan masukan atau kritik yang membangun kepada politisi yang bersangkutan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: