Team Work yang Bekerja Secara Transparan? Septo Indarto (Team Double S)

24 Apr

Team Work yang Bekerja Secara Transparan?
Septo Indarto (Team Double S)

Team Work yang bekerja secara transparan? kenapa ini sangat penting karena ini menyangkut rencana kerja jangka panjang jadi istilahnya Working with the team in long term. Jika kita mempunyai Team Work yang anggotanya mempunyai sifat tertutup satu sama lain, bagaimana kita dapat merencanakan rencana kerja atau proyek yang akan dirancang. Apa peran seorang manager di sini? Apakah hanya sebagai seorang motivator atau hanya duduk di meja sambil minum kopi kemudian mendengarkan laporan-laporan yang telah dibuat tanpa mengetahui secara mendetail mengenai proses kerjanya. Kalau ini terjadi maka Team Work lebih baik dibubarkan saja, karena akan menyita waktu dan menghabiskan tenaga dan biaya operasional. Tugas manager adalah turun ke bawah sebagai seorang komunikator yang hebat dan tahu sifat dan kemampuan anak buahnya, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu menjelaskan manfaat proyek ini jika berhasil akan meningkatkan citra Team Work dan perusahaan dalam menciptakan kinerja yang bagus. Menjadi transparan memang tidak mudah, karena tidak setiap orang mempunyai sikap penuh keterbukaan, tetapi ketika kita bekerja dengan sebuah team work kita harus bersikap menjadi orang yang transparan, tentunya ini yang menyangkut tentang pekerjaan kita, kita harus mampu berkomunikasi dengan teman dalam team work, apa yang telah kita kerjakan, apa yang terasa sulit dan bagaimana solusinya, apa prestasi kita hari ini dan berani memberikan motivasi kepada teman di dalam Team Work.
Perusahaan-perusahaan besar dunia bisa sukses dan melakukan inovasi dalam pengembangan kemajuan organisasi, kemajuan pengembangan team work, pengembangan kemajuan Leadership, pengembangan kemajuan kinerja, pengembangan kemajuan riset dan inovasi. Karena mereka telah menciptakan budaya yang transparan. Bahkan gaji para eksekutifnya di liput media-media bisnis yang terpercaya. Saat ini kinerja organisasi perusahaan akan dilihat oleh orang-orang di luar organisasi, mereka masyarakat biasa, komunitas bisnis, komunitas intelektual di universitas, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan komunitas yang lainnya. Team Work membutuhkan orang-orang yang unggul dalam intelektual, mempunyai etika yang tinggi, dan mampu melihat perubahan-perubahan yang terjadi di dunia luar tetapi mampu beradatapsi dengan perubahan. Jadi kinerja sebuah Team Work akan dilihat bukan hanya di lingkungan internal perusahaan, tetapi juga di lihat oleh lingkungan eksternal perusahaan. Bersikap transparan bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana, kita bisa lebih proaktif untuk mengenal lawan kita berbicara untuk mengenal mereka lebih mendalam, apa kebutuhan mereka, dan kita bisa mendapatkan wawasan yang baru dari lawan bicara kita.
Seorang manager mewawancarai seorang kandidat yang hebat, mempunyai prestasi kerja di tempat kerja sebelumnya. Manager itu bertanya: Apakah Anda pernah melakukan hal yang salah ketika Anda bekerja di tempat sebelumnya? Pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang jujur dari kandidat tersebut, walaupun dia sangat hebat tetapi tetap seorang manusia pernah melakukan kesalahan. Jawaban yang jujur atau transparan sangat dibutuhkan oleh manager tersebut, karena jika dia bilang saya tidak pernah melakukan kesalahan maka itu adalah sebuah kebohongan, manager membutuhkan orang yang jujur terhadap dirinya sendiri, karena ini akan menyangkut citra dari Team Work. Jika salah satu anggota tidak jujur maka dalam bekerja Team Work akan selalu mempunyai masalah dan tidak pernah akan bisa mencapai goal yang akan dituju. Team Work membutuhkan orang-orang yang jujur dan mempunyai sikap terbuka satu sama lain, karena berisi orang-orang yang mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: