SEO dan Bisnis Septo Indarto (Team Double S)

23 Apr

SEO dan Bisnis
Septo Indarto (Team Double S)
Di dalam dunia marketing, saat ini para marketer harus mempunyai ilmu mengenai SEO untuk meningkatan promosi dan penjualan dari produk yang akan dijual. SEO adalah sebuah proses dimana sebuah website dikunjungi oleh banyak visitor, intinya bagaimana meningkatkan jumlah volume dan kualitas trafik dari para pengunjung di internet ke situs kita. Tujuan SEO adalah bagaimana caranya mengangkat website kita dalam urutan teratas di dalam kepustakaan mesin pencari ketika seorang pengguna mencari informasi dengan mengetik kata tertentu. Misalnya seorang pembeli ingin membeli rumah, maka dia akan mengetik kata beli rumah, sehingga situs-situs di internet yang terkait akan muncul secara sistematis yang akan menyediakan informasi mengenai yang berhubungan dengan beli rumah.
Larry Page dan Sergey Brin dua orang mahasiswa doktoral dari Stanford University kemudian mendirikan google, membangun backrup yaitu sebuah mesin pencari yang sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk mengangkat halaman sebuah web di halaman pemeringkat. Perhitungan algoritma matematika itu dikenal sebagai PageRank yang akan menghitung jumlah pengunjung ke sebuah halaman website dan akan memberi posisi teratas ketika banyak pengunjung yang mengunjungi halaman website tersebut.
Septo (Team Double S).

Note:

PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut. (Wikipedia English)

Infoseek adalah mesin pencari generasi pertama. Tetapi saat ini pengguna internet lebih banyak menggunakan google, yahoo, bing dll sebagai mesin pencari dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Mesin-mesin pencari saat ini juga menjadi andalan perusahaan untuk melakukan kegiatan marketing disamping memakai sosial media sebagai media untuk interaksi. Mesin pencari juga dapat melihat kebutuhan konsumen yang lebih spesifik dari kata-kata yang diketik. Seperti ketika seorang pengguna mengetik kata mencari tempat penginapan yang berkonsep ramah lingkungan. Pengguna ingin mencari informasi tempat penginapan baik hotel, villa, maupun losmen yang telah memakai konsep going green, sehingga mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap pelestarian lingkungan. Jadi mesin pencari bisa menjadi referensi terhadap market segmentation yang lebih fokus terhadap jasa atau produk yang sama. Tempat penginapan banyak tetapi hanya sedikit yang telah mengimplementasikan konsep going green.
Tapi saat apapun profesi kita ternyata kita harus mengetahui mengenai SEO. SEO adalah alat publikasi supaya setiap orang dapat mengenal diri kita khususnya mengenai profesi kita dan karya-karya yang telah kita rasakan. Menjadi yang pertama dari sebuah indeks urutan di sebuah mesin pencari berarti halaman web yang dibuat mempunyai isi informasi yang bagus dan diperlukan oleh pengunjung. Itu berarti kita siap melakukan ekspansi pemasaran dengan daerah yang lebih luas. Contohnya ketika website kita menggunakan beberapa bahasa dengan kamus online yang tersedia di website kita, pengunjung yang akan melihat dan membaca isinya akan semakin banyak karena mereka akan membaca informasi dengan bahasa mereka sendiri sehingga jauh lebih mudah dan mereka bisa berpromosi kepada teman-teman mereka, sehingga jumlah pengunjung akan lebih meningkat dari waktu ke waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: