R.A. Kartini Semangat Dan Perjuangan Septo Indarto (Team Double S)

21 Apr

R.A. Kartini Semangat Dan Perjuangan
Septo Indarto (Team Double S)

Indonesia sungguh beruntung pada abad 18 sudah mempunyai seorang wanita dengan visi dan misi jangka panjang untuk membangun bangsanya, dengan memperjuangkan kedudukan kaum wanita supaya sejajar dengan kaum pria dalam mengisi pembangunan. Pendidikan adalah sebuah media yang tepat. Pendidikan akan membuka pandangan bahwa kita semua mempunyai hak yang sama dalam bekerja dan meningkatkan kualitas diri. Pembangunan sebuah bangsa harus dilakukan secara bersama-sama ketika kaum pria dan kaum wanita mempunyai posisi yang sejajar. Pendidikan yang baik akan menciptakan generasi yang tangguh yang siap menghadapi tantangan zaman, R.A. Kartini telah menyadari hal itu, bahwa posisi kaum wanita sama pentingnya dengan kaum pria dalam setiap aspek kehidupan.
Suatu hari Indonesia akan menjadi Negara merdeka, perjuangan bukan hanya di lakukan oleh kaum pria tetapi kaum wanita juga mempunyai kewajiban untuk ikut memperjuangkan Negaranya untuk menjadi Negara yang besar. R.A. Kartini telah menyadari bahwa kaum wanita membutuhkan pendidikan yang tepat yang dapat membangun kepercayaan diri kaum wanita, ketika zaman akan berubah, kaum wanita pasti akan mempunyai peranan yang penting untuk memperjuangkan negaranya dalam mengisi pembangunan. Kaum wanita mendapat tempat yang khusus dalam perjuangan kemerdekaan, oleh karena itu Negara ini, selalu diberi nama ibu pertiwi, karena ini adalah penghargaan besar terhadap perjuangan kaum wanita dalam ikut serta memperjuangkan kemerdekaan.
Kenapa R.A. Kartini sangat memperhatikan bidang pendidikan bagi kaum wanita? Bidang pendidikan harus diperjuangkan untuk kaum wanita, karena kaum wanita akan mendapat pendidikan yang baik dan sadar akan hak dan kewajibannya, kaum wanita akan mendapat ilmu pengetahuan dari kegiatan belajar, khususnya membaca dan mendapatkan pengajaran untuk belajar menulis untuk dapat mengeluarkan ide-ide yang membangun.
Ketika Negara-negara barat mulai memperjuangkan tentang emansipasi kaum wanita pada abad 19, R.A. Kartini telah melakukannya dan mempunyai gagasan pikiran yang membangun serta lebih maju. R.A. Kartini telah memberikan sebuah pandangan dan arahan bagaimana kaum wanita harus hidup sejajar dengan kaum pria dalam mengisi pembangunan. Dia telah memberikan motivasi yang luar biasa kepada kaum wanita untuk meraih cita-citanya setinggi langit dan menyadarkan kaum wanita mempunyai kebebasan untuk menentukan jalan hidupnya tanpa meninggalkan kodratnya sebagai seorang wanita. R.A. Kartini telah berhasil menulis gagasan pemikiran modern yang berhasil membangkitkan semangat juang kaum wanita. Dia adalah wanita ningrat tetapi mempunyai pemikiran yang modern.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: