Start Up Business Apakah Anda Siap? Oleh Septo Indarto (Team Double S)

20 Apr

Start Up Business Apakah Anda Siap?
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Dunia teknologi akan terus berkembang karena inovasi yang dihasilkan tidak pernah berhenti. Dalam dunia teknologi inovasi diartikan sebagai sebuah nafas dan sebuah kekuatan untuk terus bertahan dan terus memimpin. Perkembangan internet yang luar biasa diantara tahun 1995 sampai tahun 2000 menyebabkan sebuah perubahan yang besar dalam kehidupan manusia untuk merubah budaya kerja menjadi budaya kerja digital. Internet adalah media untuk melakukan perubahan budaya kerja. Pengembangan inovasi dalam bidang software sangat dibutuhkan untuk membuat cara yang lebih mudah dalam bekerja. Maka tidak heran jika perusahaan-perusahaan start up bermunculan untuk menawarkan pengembangan inovasi software yang dibutuhkan oleh setiap orang yang bekerja. Perusahaan-perusahaan start up didirikan oleh orang-orang yang mempunyai ide yang hebat dalam teknologi adalah karena tuntutan jaman karena teknologi berkembangan dengan pesat.
Pengembangan bisnis perusahaan start up bukan hanya mengenai pengembangan software saja saat ini, tetapi juga termasuk konsultasi teknologi dan pengembangan teknologi hardware. Perusahaan start up didukung oleh sumber daya manusia yang harus mengerti teknologi seperti apa yang dibutuhkan oleh pasar, pengembangan teknologinya di masa yang akan datang, dan layanan konsultasi teknologi yang diberikan kepada konsumen. Saat ini perusahaan start up dituntut untuk memberikan nilai lebih kepada pengembangan produknya karena produk yang dijual di pasar memiliki kesamaan fasilitas, sehingga terjadi persaingan yang ketat. Contohnya seperti anti virus saat ini menawarkan hal yang sama dari produk yang akan dijual di pasar., sehingga brandingnya tidak ada yang terlalu dominasi, merek produk antivirus yang terbaik. Oleh karena itu pelayanan kepada konsumen harus ditingkatkan. Seperti memberikan pendidikan untuk memahami betapa bahayanya virus komputer yang menyerang komputer Anda saat ini. Maka branding produk tersebut mempunyai nilai lebih yang dapat diberikan kepada pelanggan.
Perusahaan start up juga perlu fokus kepada pengembangan inovasi produk untuk bisa tetap terus bersaing. Di dalam dunia teknologi umur sebuah produk yang baru ditemukan berlangsung selama dua tahun, setelah dua tahun produk tersebut memerlukan pengembangan yang baru. Perusahaan start up juga harus pintar membaca peluang pasar khususnya menawarkan teknologi yang belum ada di pasaran. Google adalah salah satu contoh perusahaan yang berhasil mengembangkan aplikasi teknologi. Bermula hanya menawarkan teknologi search engine tetapi pada saat ini Google juga menawarkan aplikasi untuk Operating System untuk smartphone dan Tablet Computer dengan nama Android. Google berhasil mengembangkan ide-ide mereka sampai kepada tahap implementasi produk. Google selalu menawarkan produk-produk teknologi yang berbeda yang dibutuhkan oleh setiap orang.
Silicon Valley sejak lama telah menjadi pusat pengembangan perusahaan start up. Silicon Valley telah banyak berjasa dalam pengembangan produk-produk teknologi yang dijual ke pasar, perpaduan antara pengembangan bisnis dan pengembangan teknologi adalah kekuatan dari Silicon Valley.
Pengembangan inovasi teknologi akan semakin bertambah. Karena inovasi teknologi harus dilakukan karena kebutuhan konsumen akan semakin bertambah. Perusahaan start up harus mampu mendesain dan menciptakan teknologi baru untuk tetap bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lain.
Didalam perjalanannya perusahaan start up harus mampu mengubah strategi dan mengelola sistem manajemen supaya bisa flexibel ketika perusahaan tumbuh menjadi perusahaan besar. Perusahaan start up harus fokus pada pengembangan teknologi. Perusahaan juga harus mampu mengatur sumber daya manusia supaya bisa terus produktif.
Trend Micro yang didirikan oleh Steve Chang warga Taiwan memulai perusahaan start up pada tahun 1988. Trend Micro adalah branding software antivirus disamping Norton, Kaspersky, Avira, Spy Doctor . Perusahaan ini adalah contoh mengenai bagaimana perusahaan ini mengembangkan sistem manajemen perusahaan multinasional yang unik dan berbeda dari perusahaan multinasional yang lain. Perusahaan ini telah melakukan inovasi manajemen yang unggul. Perusahaan ini mempunyai ruang eksekutif yang virtual. Trend Micro menempatkan beberapa eksekutif puncak mereka serta fungsi perusahaan inti di negara-negara puncak mereka serta fungsi perusahaan inti di negara-negara yang berbeda untuk memperoleh keunggulan kompetitif melalui ketersediaan bakat dan modal, biaya yang rendah, kedekatan dengan para pelanggan untuk terus melakuakn inovasi teknologi. Hal ini memungkinkan dikarenakan internet menjadi budaya kerja dan ditetapkan menjadi bagian program manajemen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: