Dunia Modern=Dunia Digital Saatnya Membangun Bisnis yang Kuat Oleh Septo Indarto (Team Double S)

20 Apr

Dunia Modern=Dunia Digital
Saatnya Membangun Bisnis yang Kuat
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Dunia modern yang kita tempati saat ini adalah sebuah peradaban yang dibangun dari kemajuan teknologi yang telah berkembang dan saat ini salah satu hasilnya adalah terciptanya kemajuan teknologi informasi yang super modern yang telah menjadi dunia digital. Tata dunia baru saat ini menempatkan sebuah negara akan menjadi unggul dan pemenang karena pembangunan ekonomi yang didukung oleh pengembangan inovasi teknologi untuk membangun industri yang mempunyai jangkuan global.
Globalisasi melanda seluruh dunia, baik di dunia utara (Negara-negara maju) dan didunia selatan (Negara-negara berkembang). Internet sebagai sebuah simbol dunia digital menjadi sebuah jembatan yang saling menghubungkan satu sama lainnya. Dunia adalah satu ketika 4 miliar umat manusia terkoneksi dengan jaringan internet untuk mengirim e-mail, melakukan transaksi e-commerce, melihat video di You Tube, melakukan kontak komunikasi melalui social net working.
Globalisasi adalah kesempatan besar bagi dunia bisnis karena:
1. Globalisasi menciptakan pasar yang lebih luas
2. Globalisasi memberikan pemahaman baru mengenai budaya kerja disetiap negara.
3. Globalisasi menciptakan segmentasi pasar yang lebih luas diseluruh dunia.
4. Globalisasi memperkaya kita untuk mempelajari perilaku konsumen disetiap negara.
5. Globalisasi akan menciptakan team work yang lebih kuat karena kita harus mempelajari budaya secara lebih luas.
Semua pemimpin negara dan para pelaku bisnis harus mampu menciptakan nilai tambah dalam industri manufaktur, jasa, pariwisata, sumber daya manusia yang mempunyai visi inovator, pendidikan, jaminan kesehatan.
Globalisasi membutuhkan ide-ide baru dari seluruh dunia. Karena dunia adalah dinamis. Ketika kita memulai bisnis kita berpikir lokal tetapi ketika bisnis sudah berjalan kita harus berpikir secara global.
Pembangunan infrastruktur, modal keuangan yang kuat, sumber daya manusia yang profesional adalah kunci utama untuk bisa bersaing di dalam ekonomi dunia. Saat ini negara yang mewakili itu adalah Amerika, China, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Jerman. Keberhasilan menjadi negara yang mempunyai branding global adalah strategi yang tepat. Inovasi yang dilakukan secara terus-menerus adalah kuncinya. Kita harus berpikir dalam jangka panjang.
Lihat branding yang telah bertahan lebih dari lima puluh tahun seperti Cocal Cola, IBM, Mercedes Benz, Unilever, Choco Channel, Mc Donald’s. Branding tersebut adalah sejarah dan telah lama menciptakan strategi global di dalam dunia bisnis, bagaimana mempertahankan pasar, menciptakan inovasi produk dan menciptakan peluang pasar baru. Branding tersebut telah lama bertahan di pasar dan telah menjadi pilihan konsumen.
Tetapi saat ini persaingan jelas akan semakin ketat. Produk-produk baru akan bermunculan di pasaran. Produk-produk yang sebelumnya tidak dikenal menjadi dikenal. Produk-produk baru telah mempelajari mengenai pasar global dan siap bersaing dengan menawarkan sebuah inovasi baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Globalisasi menawarkan kesempatan yang sama kepada siapa saja yang siap untuk menjadi pemenang di pasar dunia.
Tapi globalisasi perlu disikapi dengan pemikiran kritis, mengenai manfaat positif dan negatif dari globalisasi itu sendiri, dalam dunia bisnis kita perlu menggunakan analisa SWOT untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kita. Hal ini adalah sebuah keharusan yang dijalankan. Hal ini juga merupakan prosedur standar untuk kemajuan bisnis di masa mendatang. Analisa SWOT digunakan untuk mengetahui kemampuan kita. Apakah kita siap untuk berkompetisi? Apakah kita siap untuk menciptakan sebuah inovasi? Inovasi membutuhkan:
1. Sumber daya manusia yang berkualitas.
2. Sumber modal.
3. Infrastruktur yang modern
4. Kemampuan marketing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: