Kenapa Kita Perlu Strategi Rencana Bisnis Oleh Septo Indarto (Team Double S)

19 Apr

Kenapa Kita Perlu Strategi Rencana Bisnis
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Dalam melakukan suatu hal kita perlu sebuah rencana yang matang untuk menghindari dari banyak faktor yang menyebabkan kegagalan. Begitu juga dalam menjalankan sebuah bisnis, bisnis jangan hanya diartikan sebagai sebuah kegiatan untuk membuat kita hanya sibuk dan mengejar keuntungan dari penjualan produk. Bisnis adalah seni yang membutuhkan sebuah strategi, bagaimana menjalankannya dan bagaimana mengembangkannya. Ketika Anda benar-benar serius dengan keputusan Anda untuk memulai sebuah usaha, Anda perlu memikirkan usaha apa yang paling tepat bagi Anda, dengan tujuan Anda mampu menjalankan usaha itu dalam jangka panjang. Karena setiap usaha harus dijalankan dalam jangka panjang supaya Anda tahu apa yang menjadi kekuatan Anda dan menjadi kelemahan Anda. Biasanya teori SWOT banyak dipakai untuk memudahkan analisa usaha bisnis Anda.
Anda bisa menyusun rencana strategi bisnis yang benar-benar Anda mampu untuk menjalankannya. Dalam sebuah kegiatan bisnis formal Anda harus serius menyiapkannya, Anda bisa melibatkan investor, mitra, karyawan untuk bekerja bersama Anda. Karena mereka adalah orang-orang yang dapat membantu Anda, bagaimana caranya?
1. Buatlah simulasi bisnis yang bagus tetapi mudah dipahami sehingga mereka dapat mencernanya, simulasi bisnis yang Anda ciptakan adalah mengenai bisnis yang Anda akan jalankan.
2. Anda harus menciptakan produk seperti apa yang akan dijual, siapa yang akan membeli jadi Anda telah mengetahui siapa calon pelanggan Anda, apakah sudah ada kompetitornya, menciptakan promosi marketing yang menawarkan kelebihan produk Anda (Anda bisa belajar mengenai strategi Blue Ocean Concept).
3. Berapa biaya produksi yang diperlukan untuk menciptakan produk Anda (bisa diciptakan oleh Anda sendiri atau Anda membeli dari pihak lain, misalnya toko atau pabrik).
4. Berapa keuntungan yang didapat dari setiap produk yang dijual, apakah keuntungan tersebut bisa menjadi sebuah investasi dimasa mendatang, apakah bisnis Anda dapat bertahan dalam jangka panjang.
5. Ketika Anda sudah menjalankan bisnis Anda, Anda harus sudah mulai untuk melihat para kompetitor, karena kompetitor juga melihat Anda, mereka mempelajari kelebihan dan kekurangan produk Anda serta para konsumen yang selalu membeli produk-produk Anda, kenapa mereka sangat tertarik membelinya. Kompetitor mempunyai dua cara untuk berkompetisi dengan produk Anda yaitu:
1. Menciptakan produk yang lebih baik.
2. Menciptakan produk yang sejenis dengan produk Anda.
Contoh: ketika smartphone Blackberry booming, banyak sekali konsumen yang membelinya, setelah dua tahun muncul para kompetitor smartphone Blackberry dengan membuat yang hampir mirip, walaupun kualitasnya tidak sebagus produk Blackberry, para kompetitor menciptakan produk sejenis dengan harga yang lebih murah dan desain produk yang sangat mirip.
Artinya kompetitor tidak pernah tinggal diam, mereka juga ingin mendapatkan pasar walaupun mendapatkan keuntungan sedikit, karena mereka akan berkompetisi satu sama lain. Ini yang kita sebut sebagai red ocean, yaitu persaingan ketat (yang berdarah-darah). Yang Anda akan tanyakan adalah bagaimana menghindari persaingan tersebut, kuncinya adalah inovasi produk baru yang dapat diterima pasar, dengan cara seperti itu para kompetitor akan sulit memenangi persaingan dan selalu menjadi lawan dibelakang kita, karena kita akan selangkah lebih maju.
Anda perlu setiap saat melihat pasar dan menangkap peluang baru dan terus memperbaiki strategi penjualan Anda. Pasar adalah tempat yang sangat dinamis karena berkembang sangat cepat sekali, apakah Anda meciptakan trend pasar atau Anda hanya mengikuti trend pasar. Menciptakan trend pasar berarti Anda menjadi pemimpin pasar, sedangkan mengikuti trend pasar berarti Anda menjadi pengikut pasar. Menjadi pemimpin pasar dibutuhkan inovasi riset dan biaya promosi yang besar, sedangkan menjadi pengikut pasar Anda hanya akan menikmati keuntungan penjualan yang sedikit, karena produk Anda dikategorikan produk biasa yang sama dengan kompetitor dengan harga yang lebih murah. Trend pasar kadang kala ditentukan oleh perubahan selera konsumen. Tetapi para pelaku bisnis mampu menciptakan sebuah trend pasar ketika produk-produk yang dijual disukai oleh konsumen dan penjualan diatas target yang telah ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: