Peran Penting Seorang Manager Septo Indarto (Team Double S)

18 Apr

Peran Penting Seorang Manager
Septo Indarto (Team Double S)

Apa peran terpenting yang dilakukan oleh manager ketika perusahaan-perusahaan sedang mengalami masa sulit dan sangat susah untuk bangkit? Apakah mereka perlu aksi out of box dan melakukan aksi berani dengan perhitungan yang matang? Pilihan sulit bisa terjadi kapan saja, ketika krisis ekonomi mempengaruhi bisnis yang menjadi fokus untuk mempertahankan dominasi pasar.
Penting sekali bagi seorang manager untuk memotivasi karyawan dalam masa sulit tetapi lebih penting lagi manager mampu membuat perencanaan yang lebih matang untuk melihat ke arah masa depan…Apakah bisnis akan berjalan atau tidak? Apakah perubahan budaya kerja harus segera dilakukan? Teknologi apa yang paling dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas…Ini berbicara mengenai strategi yang harus segera disampaikan.
Perusahaan-perusahaan dunia, banyak yang tumbuh dan berkembang di masa-masa sulit, mereka ingin menciptakan pasar, karena mereka telah siap dengan sumber daya manusia dan SDM mereka telah memiliki pengetahuan yang baik mengenai teknologi dan ilmu marketing. Mereka membuat orang kaget. Karena mampu menciptakan sebuah tren pasar baru yang membuat para kompetitor tidak mampu menghentikan laju pertumbuhan bisnis dan penjualan produk di atas target, konsumen merasa senang karena membeli dan menggunakan produk tersebut menciptakan kemudahan setiap saat, apakah itu untuk bekerja atau sekedar mencari hiburan. Mereka menawarkan sebuah kualitas yang membuat konsumen merasa puas. Samsung dan Netflix adalah salah satu contohnya.
Seorang manager harus mampu meyakinkan para bawahannya bahwa kita perlu menciptakan langkah-langkah besar segera untuk menyambut masa depan. Ekonomi yang suram dan bisnis yang lesu harus menjadi bahan untuk dijadikan sebuah referensi dan pengalaman bagaimana jika situasi terulang kembali di masa yang akan datang. Manager dan tim telah siap menghadapinya. Saat ini budaya kerja harus terus ditingkatkan mutunya.
Apakah seorang manajer mampu melakukan negosiasi-negosiasi yang penuh dengan keberanian, negosiasi adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh semua manager, baik itu negosiasi internal, antara manager dengan bawahan dan negosiasi eksternal, antara manager dengan perusahaan lain. Negosiasi memerlukan sebuah strategi dalam menjalankannya, negosiasi adalah strategi baik itu berupa diplomasi perundingan yang berkaitan dengan kesepakatan bisnis. Banyak orang yang beranggapan diplomasi perundingan adalah bidang politik luar negeri, itu adalah hal yang tepat, tetapi diplomasi perundingan bisa diterapkan dalam dunia bisnis. Karena semuanya menyangkut mengenai sebuah kata sepakat, yaitu kesepakatan yang melibatkan kedua belah pihak yang saling menguntungkan yang telah disetujui bersama tanpa ada pihak yang saling dirugikan.
Buatlah argumen-argumen yang masuk akal ketika proses negosiasi sedang berlangsung. Proses negosiasi akan membutuhkan waktu dan proses yang lama, selain strategi, kita membutuhkan kesabaran dalam melakukannya. Buatlah diri kita senyaman mungkin, sambil mencatat poin-poin yang dikemukakan oleh lawan bicara, sehingga kita menciptakan daya tawar ketika kita merasa hal itu terasa berat untuk pihak kita, dalam negosiasi semua pihak harus merasa dalam posisi yang diuntungkan untuk mengambil kesepakatan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: